Solusi Bila Anda Berkonflik Dengan Pacar Secara Umum



Konflik dengan pacar itu hal yang wajar. Namun bila Anda salah dalam memilih solusi, maka konflik itu dapat berujung menyesakkan. Sebagai contoh inspirasi sekaligus antisipasi konflik dengan pacar, bersifat umum berdasarkan penyebabnya, berikut ini akan diuraikan sebagai berikut:

Solusi umum atasi konflik dengan pacar

Solusi umum atasi konflik dengan pacar disini dimaksud ialah dapat diterapkan untuk semua kasus atau masalah. Jadi, solusi ini tidak terpaku pada penyebab dari masalah.

Pertama, Bicarakan.

Solusi pertama ialah dengan jalan komunikasi. Dalam hal ini Anda perlu berbicara baik-baik dengan pacar Anda. Ajak dia bicara dengan menggunakan hati. Cara ini dapat dilakukan pada semua masalah, tidak terbatas dalam hubungan asmara. Syarat untuk menerapkan solusi ini adalah mampu mengontrol atau mengendalikan emosi. Bicara dari hati ke hati hanya bisa dilakukan saat Anda sudah bisa menahan atau meredahkan emosi.

Solusi ini sangat manjur untuk mengatasi konflik dengan pacar yang disebakan oleh ketidaksetiaan, ingkar janji, berbohong, tidak tepat waktu, cemburu dan sejenisnya. Lantas, bagaimana melakukannya? Ajaklah pacar Anda berbicara empat mata. Bila ia belum mau, maka jangan dipaksa. Biarkan dulu dia meredah emosinya kemudian Anda mencobanya lagi hari berikutnya. Lakukan sampai ia mau berbicara dengan Anda. Percayalah, bahwa tidak ada pacar yang tega melihat pacarnya mengemis untuk berbicara kepadanya. Intinya lakukan segala cara agar pacar Anda mau berbicara dengan Anda secara langsung. Setelah ia bersedia, berbicaralah dengan lembut dan penuh kasih sayang. Bila memang Anda yang salah, mintalah maaf dan berikan penjelasan tanpa bermaksud membela diri. Sebaliknya, bila ia yang salah, tanyakan kepadanya dengan lembut bagaimana hal itu bisa terjadi. Jadi, saat Anda sedang bertengkar dengan pacar, jangan egois dan saling mendiamkan, tetapi bicarakan semuanya secara baik-baik




Kedua, Menjauhinya Sejenak.

Solusi ini dapat Anda pilih di fase awal berkonflik. Biasanya orang yang baru saja bertengkar dengan pacar masih diliputi emosi. Ia tidak mempan dibujuk rayu meskipun sejuta kata romantis yang Anda lontarkan itu. Ia pasti kebal dengan godaan. Oleh karena itu solusinya adalah menjauh sejenak hingga emosinya meredah atau sudah pada titik normal. Namun, jangan menjauhkannya dalam waktu yang cukup lama. Cara ini bertujuan untuk memberikan waktu agar Anda dan pacar Anda bisa menenangkan diri serta menurunkan emosinya masing-masing. Dalam kondisi ini, kalian dapat saling mengintrospeksi diri tentang hubungan ke depan.

Ketiga, Menjaga Kepercayaan.

Solusi lain yang dapat Anda lakukan adalah memberikan kepercayaan utuh kepadanya. Ingatlah bahwa hubungan yang dilandasi oleh kepercayaan akan senantiasa terjaga. Sebaliknya, jika hubungan dipenuhi ketidakpercayaan dan saling curiga maka pasti hubungan kalian akan tidak bertahan lama atau hancur. Sekalipun sedang bertengkar atau tidak saling sapa, tetaplah menjaga kepercayaan. Ingatlah bagaimana sang pacar mencintai Anda, setia didekat Anda, serta mengerti keinginan Anda. Yakinlah bahwa Anda sangat mencintainya serta menemaninya dan bisa mengerti perasaannya dalam kondisi apapun. Dengan kesadaran ini, rasa cinta Anda kepadanya tidak akan luntur meskipun sedang dilanda konflik.

Keempat, Mencari Suasana Nyaman.

Solusi lainnya yang dapat Anda lakukan adalah mencoba untuk mencari suasana yang lebih nyaman. Biasanya orang yang sedang bertengkar dengan pacar cenderung merasa tidak nyaman berada di satu situasi. Maka ajaklah pacar Anda ke tempat yang memberi suasana nyaman, rileks, serta tenang. Misalnya bila kalian sering bepergian ke pantai maka ajaklah dia kesana. Atau mungkin kalian sering ke pegunungan, ajaklah ia kamping menikmati indahnya alam dari ketinggian.



Kelima, Mengenang Hal-hal yang Lucu.

Saat sedang konflik dengan pacar Anda, kalian pasti tidak saling sapa. Di tengah-tengah sikap dingin seperti ini, Anda bisa mengajaknya mengenang kembali momen-momen lucu yang pernah dilewati bersama. Dengan cara ini, kalian tidak akan saling mendiamkan. Sebab, kenagan lucu terbukti mampu meluluhkan hati yang sedang beku. Meskipun si dia tidak mau bicara, Anda dapat mendekatinya. Ceritakan momen-momen lucu yang pernah dilalui itu padanya. Meskipun dia diam, pikirannya pasti akan teringat pada momen tersebut dan kambat laut hatinya akan terbuka dan mau berbaikan lagi dengan Anda.

Keenam, Mengalah dan Meminta Maaf.

Mengalah dan meminta maaf terkadang kemenangan itu dapat diraih. Tidak ada salahnya Anda mengalah dan meminta maaf padanya. Sebab dalam situasi konflik pasti ada pihak yang mau meminta maaf lebih dulu. Maka, Andalah yang harus mengawali untuk meminta maaf. Lebih dulu meminta maaf terkadang jauh lebih mujarab daripada menjelaskan atau meminta penjelasan tentang penyebab konflik. Dengan meminta maaf terlebih dulu Anda dapat mengetuk hati  si dia sehingga ia mau memaafkan sekaligus menyadarinya bahwa bukan hanya Anda yang salah dalam konflik ini. Jadi, inisiatiflah untuk meminta maaf terlebih dulu karena lebih cepat akan semakin baik.

Ketujuh, Mengingat Komitmen yang pernah disepakati.

Misalnya, diawal pacaran kalian berkomitmen untuk tetap mencintai sampai mati. Atau kalian berkomitmen untuk tidak akan terpengaruh oleh apapun perkataan orang. Maka mengingat komitmen semacam itu sangat ampuh dalam mengatasi konflik. Dengan memiliki komitmen dan mengingat tujuan awal berpacaran, hal itu dapat menjadi solusi bagi semua masalah yang kalian hadapi, baik kecil ataupun besar.

Demikianlah beberapa tips pilihan solusi dalam menyelesaikan masalah atau konflik dengan pacar secara umum. Dari beragam pilihan tersebut, Anda setidaknya sadar bahwa konflik dengan pacar dapat diatasi dengan sejuta solusi. Artinya, meninggalkan pacar atau bahkan bunuh diri karena si dia tidak mau berbicara dengan Anda adalah seburuk-buruk pilihan. Jadi, bukalah mata dan pikiran Anda bahwa pasti ada solusi terbaik saat berkonflik dengan pacar.
Dilain kesempatan akan penulis bahas solusi bila berkonflik dengan pacar secara khusus. Oleh karena itu, ikuti terus update artikel terkini dari blog ini tiap harinya agar Anda tak ketinggalan informasinya. Sebelum dan sesudahnya disampaikan terima kasih telah berkunjung.



No comments:

Post a comment