Gambaran Singkat penuh Inspirasi dan Motivasi tentang Sepakbola terhadap dunia kerja

Gambaran Singkat penuh Inspirasi dan Motivasi tentang Sepakbola terhadap dunia kerja

Sepak bola saat ini menjadi olahraga paling populer di dunia,sehingga menjadikannya rangking satu pada semua jenis olahraga. Selain mudah dilakukan tiap orang, olahraga ini  dapat menjadikan pemainnya terkenal meskipun latar pendidikannya tak tinggi.
Hanya berjumlah 10 pemain dan ditambah 1 penjaga gawang membentuk satu tim yang solid dalam skuadnya untuk bertanding, Hal ini tentunya sangat menginspirasi semua orang mengenal kerjasama dari sebuah tim sepak bola.





Ketika Anda melihat sebuah pertandingan sepakbola antara dua tim yang saling bertanding dilapangan hijau,yang menunjukan  strategi masing-masing tim dengan bertahan dan menyerang berusaha keras untuk membobol gawang,
Apa yang anda pikirkan tentang hal ini di benak anda terhadap dunia kerja..?

Kali ini saya akan berbagi dengan anda tentang inspirasi dan motivasi dari pertandingan sepakbola terhadap dunia kerja anda.
Untuk memiliki skuad tim  yang solid perlu anda ketahui hal berikut ini :

1. Pelatih

Pelatih disini dimaksudkan adalah pemimpin utama dalam sebuah tim kerja anda, misalnya Direktur,Manajer,Supervisor dan lain-lain yang mengsuport semua jenis kegiatan kerja anda dalam upaya mencapai tujuan.
Hal ini sangat perlu agar apa yang menjadi dasar acuan sebuah instansi/perusahan akan berjalan sesuai arah tujuan yang di inginkan.
Pemimpin merupakan kunci utama dari sebuah instansi/perusahan dalam mengatur skuad tim kerjanya dengan menempatkan pekerja yang handal di berbagai lini kerja sesuai talent yang dimiliki pekerjanya. Jika salah menempatkan orang/pekerja di sebuah bidang kerja maka lini kerja tersebut tidak akan berjalan dengan optimal sesuai yang diharapkan.
Sama halnya seorang pelatih tim sepakbola mengatur pemain dilapangan sesuai talent dan kepiawaian yang dimiliki pemainnya.




2. Stamina / Semangat

Stamina sangat diperlukan bagi seorang pemain ketika berada dilapangan. Dengan stamina yang kuat serta semangat yang berkobar akan memicu rekan-rekannya untuk bangkit. Hal ini juga bila di kaitkan dengan dunia kerja dapat menggambarkan suatu kekuatan dan bentuk kepercayaan diri bagi pekerja itu sendiri ketika diperhadapkan dengan tantangan dunia kerjanya sehingga memotivasi dirinya untuk dapat berbuat sesuatu yang lebih dari apa yang diharapkan.
Bentuk semangat yang dilakukan pekerja akan melahirkan apa yang diharapkan akan tercapai.

3. Strategi

Suatu pertandingan sepakbola tak luput dari strategi yang diterapkan oleh sang pelatih sehingga apa yang diterapkan dalam pola permainan benar-benar menjadi peta kekuatan suatu tim baik menyerang maupun bertahan. Hal ini juga perlu dilakukan dalam dunia kerja sebuah instansi/perusahan untuk mengatur pola kerja sehingga mencapai suatu tujuan bersama.
Strategi yang dilakukan oleh pelatih/pemimpin tentunya harus dapat mengetahui sebuah titik yang dapat menciptakan peluang bagi timnya secara terus menerus hingga tercipta sebuah gol atau kesusksesan.

4. Skill Individual

Dalam sebuah tim sepakbola tentunya tiap pemain memiliki skill individual yang berbeda, baik sebagai penjaga gawang,penyerang maupun pemain bertahan. Hal ini juga ada dalam sebuah instansi/perusahan yang menggambarkan kualitas seorang pekerja secara individual.
Pekerja yang memiliki skill individual yang kompeten dibidang pekerjaannya harus menjadi contoh bagi tim kerja lainnya agar secara keseluruhan tim menjadi merata. Salah satunya melalui pelatihan khusus yang dapat memotivasi diri pekerja tersebut.
Banyak instansi/perusahan saat ini masih memiliki tim kerja yang tak merata di tiap lini kerjanya sehingga upaya pencapaian tujuan menjadi lambat untuk dicapai. Padahal langkah utama mencapai tujuan sangat ditentukan juga dari bentuk skill individual pekerja yang kompeten secara merata disegala bidang.

5. Review Babak pertama

Setelah menyelesaikan pertandingan dibabak pertama sebuah tim sepakbola turun minum untuk beristirahat sejenak. Diselah waktu turun minum sang pelatih mulai membahas pada timnya tentang pertandingan yang berlangsung selama dibabak pertama.
Dibabak pertama tentu sang pelatih masih punya kesempatan mengutak atik skuad timnya setelah menemui kesulitan dalam pertandingan. Disinilah peran pelatih mengulas semua kekurangan atau titik lemah timnya serta lawannya untuk diperbaiki bahkan dapat menciptakan sebuah peluang gol ke gawang lawan. Sama halnya dengan dunia kerja instansi/perusahan setiap seminggu atau sebulan harus dilakukan review bersama atas kinerja apa yang sudah dicapai bagi timnya setiap minggu atau sebulan. Apakah keberhasilan atau kegagalan.
Bila hal itu belum dapat dicapai maka dilakukan perubahan kembali akan strategi yang diterapkan dari awal. Salah satu bentuknya adalah dengan cara analisa kembali faktor apa yang menjadi penghambat sehingga upaya pencapaian tujuan bersama tak tercapai.
Jika sudah menemukan titik lemah dan sasaran yang hendak dicapai, segera terapkan dan dioptimalkan secara konsisten. Hal inilah yang jarang dilakukan sebuah instansi/perusahan untuk mengetahui kinerja apa yang sudah dicapai setiap minggu atau sebulan.






6. Review Babak kedua

Setelah wasit pemimpin pertandingan meniup peluit tanda berakhir pertandingan di babak kedua semua pemain akan masuk ke ruang ganti,dan pelatih akan memberikan arahan masukan bagi timnya tentang hasil pertandingan yang baru saja berlangsung.
Tentunya sebagai pelatih yang baik akan terus memberi suport/dukungan moril bagi timnya tentang hasil pertandingan baik kalah ataupun menang.
Hal ini juga perlu diterapkan dalam instansi/perusahan terhadap tim kerjanya, bahwa seorang pemimpin harus menjunjung tinggi semangat kerja bagi para bawahannnya atas kinerja yang dicapai, entah kegagalan maupun keberhasilan. Sebab ini akan terus memberi motivasi bagi tim terhadap apa yang dicapai.Dengan semangat dukungan dari seorang pemimpin akan membuka peluang usaha timnya bekerja secara maksimal. Kegagalan bukan penghambat bagi orang yang terus berusaha, namun menjadi tantangan untuk kedepannya. oleh karena itu dukungan yang dibutuhkan dari sebuah tim kerja atas pemimpinnya dan bukan makian yang didapatkan atas kegagalan.

Demikian yang dapat saya berbagi pada anda gambaran Singkat penuh Inspirasi dan Motivasi tentang Sepakbola terhadap dunia kerja.
Lebih dan kurangnya saya mohon maaf karena artikel ini saya buat, lahir dari buah pikiran saya sendiri. Jika anda berkenan untuk share
artikel ini pada orang yang membutuhkan silahkan klik share yang sudah ada di blog ini.
Sebelumnya Terima kasih atas kunjungannya.....

No comments:

Post a comment