Mengembangkan Potensi Untuk Meraih kesuksesan ~MOTIVASI HIDUP


Sahabat pengunjung blog jallyjunkiez.com, banyak hal yang selama ini kita kurang menyadari akan apa yang kita miliki dalam diri. Padahal, hal tersebut jika dikembangkan maka akan dapat membawa manfaat besar bagi diri individual masing-masing dalam meraih kesuksesan.
Tahukah Anda hal tersebut yang akan membawa manfaat besar bagi diri Anda? Ya, hal tersebut adalah potensi diri. Pada artikel sebelumnya penulis telah membahas tentang mengenali potensi diri.
Kesempatan kali ini penulis akan sedikit berbagi tentang motivasi dalam menggapai kesuksesan yakni Mengembangkan Potensi yang ada dalam diri.

Potensi akan berguna jika disadari dan di kembangkan bagi seseorang dalam meraih sukses. Mengembangkan potensi tentunya harus disertai dengan menyususn strategi awal. Potensi yang hanya di biarkan terbenam dalam diri seseorang tidak akan menghasilkan apa-apa. Begitu juga dengan mengembangkan potensi tanpa menyusun sebuah strategi. Strategi disini dimaksudkan sebagai taktik atau sebuah gagasan yang bersifat mendasar untuk mencapai apa yang di inginkan yakni kesuksesan. Strategi juga bisa diartikan sebagai suatu rencana yang digunakan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu dalam hidup.




Seorang pelatih sepakbola yang ingin timnya berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan tentu mempunyai strategi permainan. Strategi bisa di dapat dari pengalaman juga dari ide-ide hasil pemikiran. Jika Anda mengetahui potensi besar yang di miliki dalam diri Anda, saatnya untuk menyusun strategi. Strategi dapat di ibaratkan peta suatu perjalanan yang panjang. Apabila suatu perjalanan tersebut bertujuan namun tak berpeta,maka perjalanan yang akan ditempuh akan mengalami banyak kendala yang dihadapi. Karena Ia tak mempunyai peta yang digunakan untuk mengetahui arah perjalanan.

Segalanya telah Tuhan siap kepada kita untuk dapat diraih, dan tinggal kita sendiri yang membuat strategi dalam menggapai hal itu. Namun sayangnya, hanya sebagian orang yang dapat meraih itu. Padahal jika dipikir bahwa setiap orang mempunyai potensi dan kelebihan dalam dirinya masing-masing namun mereka membenamkan dengan apa yang ada dalam dirinya. Sudah banyak bukti yang dapat kita lihat di sekitar bahwa potensi yang dimiliki seseorang jika digunakan sebaik mungkin niscaya akan memberi kesejahteraan bagi dirinya.

Berikut ini dapat dijadikan sebagai referensi kisah hidup dari seorang pendiri perusahan Apple. Anda pasti sudah mengenal atau mengetahui kehidupan yang dilalui seorang Steve Jobs sebagai pendiri perusahan Apple itu sendiri dalam meraih sukses. Kisah perjalanan panjang hingga meraih sukses seorang Steve Jobs menerapkan strategi di dalam perjalanannya. Tidak ada yang mengira ia akan menjadi sukses dengan melihat dirinya yang jarang berangkat kuliah. Jobs tergolong orang yang unik, dimana ia jarang mengenakan sepatu atau sandal dimana pun ia berada. Bahkan ketika berada di kampus pun, ia tetap enggan mengenakan alas kaki.

Titik hidup Jobs berubah ketika ia berada ditengah perangkat komputer miliknya. Karier pertamanya dimulai ketika ia membuat game untuk suatu perusahan. Jobs termasuk orang yang cerdas dan tidak suka bekerja secara kelompok. Ia termasuk type orang yang individualis. Ia menerima tantangan pertama untuk memperbaiki game menjadi suatu game yang diminati dan disukai oleh banyak orang. Kemudian, setelah ia melihat temuan dari temannya, membuat dirinya berniat untuk membangun usahanya yang bergerak dibidang komputer. Ketertarikannya pada komputer pun membesarkan namanya. Ia menyadari bahwa ia tidak menyukai gelar atau ijazah yang didapat dari bangku kuliah. Jobs yang cerdas pun memilih jalan lain bagi hidupnya dengan membuka perusahan kecil bernama Apple Computer.



Setelah mendapat investor, ia mulai mengembangkan kariernya dengan menjual produk. Produk Jobs pun sangat laku dipasaran. Namun ketika dirinya berada pada titik anggota direksi terjadi gejolak dan akhirnya ia mundur dari perusahan karena kalah suara. Kalah suara dan mundur dari perusahan tak membuat ia patah semangat. Ia pun kembali membuat gebrakan baru dengan penemuannya. Lambat laun perusahan yang awalnya menyingkirkannya, kembali memanggil Jobs untuk posisi sebagai CEO. Jobs pun kembali ke Apple dengan strategi baru. Hingga kini kejayaan Apple pun tetap dirasakan. Apple menjadi merek terkenal yang digunakan oleh banyak orang diseluruh penjuru dunia.

Inilah sosok Jobs yang telah memberikan banyak pelajaran, bagaimana membangun karier dari nol, memperbesar, diterpa masalah kemudian kembali menjadi perusahan yang besar. Itu sebabnya jika Anda mampu mengenali potensi yang ada pada diri Anda sendiri serta mengembangkannya, niscaya kesuksesan akan selalu dekat. Sikap berani mengambil langkah-langkah baru dalam meraih kesuksesan, Anda pun bisa seperti Steve Jobs yang mampu menciptakan hal tak mungkin menjadi mungkin.

Rajin, mengajarkan kita banyak hal tentang kesuksesan, pencapaian dalam hidup, tantangan, strategi, potensi diri dan lain-lain. Tidak ada orang yang sengsara karena mengubah hidupnya dari malas menjadi rajin. Sebaliknya miliyaran orang sengsara karena tidak mau meninggalkan kemalasan dalam hidupnya. Rajin bukan sesuatu yang harus dibeli dengan harga yang mahal. Rajin bisa dimiliki oleh siapa pun. Rajin didapat dengan perjuangan dan usaha tanpa mengenal lelah. Rajin di dapat dengan sikap sadar diri dan mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Yakinlah Anda tidak akan menjadi miskin ataupun gagal karena Anda menjadi rajin. Bahkan sebaliknya kesuksesan akan ada di tangan Anda dengan sifat rajin.



No comments:

Post a comment