Mengenali Potensi Diri yang Dimiliki dalam Meraih Kesuksesan


Manusia adalah makhluk ciptahan Tuhan yang paling mulia di antara makhluk hidup lainnya. Dimana manusia diberikan akal pikiran, sehingga ia dapat membedakan hal baik maupun yang buruk. Dengan akal pikiran itu sendiri dapat memberi suatu kecerdasan bagi setiap individu menjadi bagian dari potensi dalam meraih kesuksesan. Kecerdasan disini diartikan sebagai suatu keunggulan akal yang dimiliki oleh seseorang. Kecerdasan seseorang tidak datang begitu saja, begitu pula dengan kesuksesan. Orang yang cerdas dan mempunyai banyak potensi pada dirinya belum tentu ia akan sukses dalam hidupnya. Meskipun ia cerdas namun tidak menggunakan kecerdasan tersebut sebagaimana mestinya, tentu akan menjadi sia-sia bagi dirinya.

Seseorang yang tidak mengenali dirinya cerdas, tidak akan berbuat banyak karena ia tidak mempunyai kesempatan untuk mengasah potensi kecerdasannya. Kenalilah potensi diri Anda dan kembangkan potensi diri Anda. Para penemu komputer, handphone, kamera dan lain sebagainya adalah orang-orang yang mempunyai kecerdasan dalam bidang tertentu kemudian mengasahnya. Oleh karena itu setiap orang yang memiliki potensi keunggulan pada dirinya haruslah diasah akan potensinya agar bertambah semakin mantap dan tentunya memudahkan jalan baginya meraih kesuksesan.




Seorang pengarang novel yang melegendaris Leo Tolstoy misalnya. Dimana ia dikenal bukan seorang yang cerdas di sekolahnya, namun dikenal sebagai seorang yang malas dan tidak mau belajar, sehingga ia pun gagal dalam kuliahnya. Meskipun demikian Tolstoy terus menulis buku harian dan kemudian menulis novel karyanya sendiri. Kemampuannya dalam menulis novel membesarkan namanya sehingga ia menjadi penulis terkenal hingga akhir hayatnya. Semasa hidupnya ia mempunyai potensi kecerdasan dalam bahasa, logika dan visual meskipun ia tidak sampai menyelesaikan kuliahnya.

Kecerdasan seseorang di ibaratkan sebagai pohon mangga yang berbuah lebat. Dimana pohon mangga mempunyai akar yang dapat diartikan sebagai potensi diri dengan kecenderungan spiritual, kecerdasan berimajinasi dan ketangguhan. Bagian kedua adalah batangnya. Dimana batang di ibaratkan sebagai keahlian dasar yang menjangkau motivasi diri, bekerja sama, belajar dan lain-lainnya. Selanjutnya cabang di ibaratkan sebagai keahlian khusus atau profesi seperti bidang teknik, dagang, hukum, kesehatan dan lain-lain. Kemudian selanjutnya adalah Buah yang di ibaratkan kesuksesan.

Diketahui bersama bahwa pohon terdiri dari akar, batang, cabang serta buah yang melambangkan suatu sinergi. Berikut ini akan dipaparkan sebagai berikut :

  • A.) Akar melambangkan bermacam kecerdasan yang dimiliki setiap orang. Semakin banyak akar dan semakin menancap ke dalam tanah maka semakin kuat pula pohonnya. Ini diartikan orang yang memiliki banyak kecerdasan dan ketajaman dalam berpikir.

  • B.) Batang pohon melambangkan potensi diri seseorang semakin. Setelah akar semakin banyak dan semakin dalam menancap ke dalam tanah, maka semakin kokoh batang pohon yang ditopangnya. Batang pohon yang kokoh di artikan potensi diri seseorang yang kuat dan mampu berkompetisi.

  • C.) Buah yang bergelantungan melambangkan hasil perjuangan hidup seperti karier yang baik, materi yang cukup, amal dan keluarga yang bahagia.





Gambaran diatas dapat memberi motivasi seseorang untuk mempertajam kemampuan dan juga cita-cita dalam meraih kesuksesan hidupnya. Tentu saja segala macam potensi tidak akan berguna jika tidak diterapkan di dalam bekerja. Ibarat Anda sebatang pohon. Anda harus mempunyai bagian yang kuat dan saling bersinergi. Jika Anda mempunyai akar dan batang yang kuat, namun tidak mampu menghasilkan banyak daun yang kuat, maka tanpa itu semua Anda tidak dapat menikmati buah yang bermanfaat bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Seperti halnya tanaman buah mangga yang dari awal bisa dirawat dengan baik dengan memberinya pupuk dan diberi obat anti hama. Begitu pula manusia pun mampu menjadi seperti pohon buah mangga. Kesuksesan seseorang juga bisa diraih dengan perlahan seperti mulai mengenali potensi yang ada dalam diri sendiri, mengenali keahlian yang dimiliki dan menggunakan apa yang dimiliki untuk meraih kesuksesan.

Maka dari itu jadikanlah diri Anda orang yang berguna bagi diri sendiri dan orang banyak. Sebagaimana pohon yang tumbuh liar akan dibasmi karena merusak pemandangan dan hanya membuat kotor. Namun pohon yang berbuah lebat dan rasanya manis tentu akan disukai oleh banyak orang. Meskipun terkadang timbul pertanyaan dalam diri Anda sendiri mengatakan, "Bisakah Saya menjadi orang-orang yang hebat dan luar biasa?" Jawabannya adalah "BISA". Orang-orang hebat dan luar biasa selalu memulai sesuatunya dengan hal kecil kemudian membuat menjadi besar. Anda pun bisa jika punya kemauan dan motivasi yang besar. Sebab segala sesuatu yang ingin digapai tidaklah mustahil diraih jika tidak dengan kemauan, usaha dan motivasi besar dalam diri.


No comments:

Post a comment