Fokus Adalah Kunci Meraih Kesuksesan ~ MOTIVASI KERJA



Pengertian Fokus

Sahabat pengunjung,.! Kesuksesan tak sekedar impian tanpa tindakan yang dilakukan. Kesuksesan adalah buah dari sebuah usaha kerja keras yang dilakukan. Hal yang tak kalah penting dalam meraih kesuksesan adalah fokus. Secara sederhana, fokus dapat diartikan sebagai pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal yang di kerjakan. Kata fokus dalam hal ini masih diartikan secara luas. Fokus juga meliputi banyak hal, misalnya saja fokus dalam belajar, membaca maupun di dalam melaksanakan pekerjaan.




Selain pengertian diatas fokus juga mempunyai arti, yakni :
  1. Fokus sebagai pusat dari sebuah titik konsentrasi. Ada orang yang menganggap sudah mampu bersikap fokus terhadap apa yang ia lakukan, jika ia mampu berkonsentrasi.
  2. Fokus sebagai kejelasan atau ketetapan dari ide. Otak pemberian Tuhan pada manusia untuk berpikir. Pikiran itu yang membedakan manusia dengan makhluk hidup ciptaan Tuhan lainnya. Hal-hal yang dipikirkan manusia pun sangatlah banyak. Jika orang tersebut mampu menetapkan pikiran mana yang menjadi tujuannya, maka ia sudah dapat bersikap fokus.
  3. Fokus sebagai konsentrasi dan perhatian terhadap sesuatu.
  4. Fokus sebagai penekanan pada ketepatan dari pada kecepatan. Orang yang membaca dengan cepat belum tentu mampu merangkum dengan apa yang ia baca, karena mungkin ketika ia membaca tidak dapat berpikir secara fokus.
  5. Fokus sebagai seluruh perhatian pada suatu hal dan mengabaikan banyak hal lain.

Sikap fokus menjadi permasalahan tersendiri bagi kebanyakan orang. Orang yang bermasalah karena tidak bisa bersikap fokus dalam mengerjakan suatu hal, harus secepatnya menyadari dan mengubahnya. Fokus sendiri tidak harus dilakukan dengan cara memaksakan diri agar pikiran mau memusatkan pada suatu hal. Kunci dari sikap fokus sendiri terletak pada rasa senang terhadap sesuatu yang ia kerjakan. Contoh menerapkan sikap fokus adalah fokus dalam bekerja. Sikap fokus bisa diperoleh dengan mudah jika ia menyenangi pekerjaannya. Berbeda dengan orang yang tidak menyenangi apa yang ia kerjakan, ia akan sulit untuk bisa fokus, bahkan cepat merasa bosan.

Orang yang sedang berusaha meraih kesuksesan di dalam hidup harus berani memusatkan perhatian dan pemikiran pada apa yang ia lakukan. Jika ia sedang bekerja menjalankan usaha, harus berusaha sekuat tenaga agar pikiran dan tindakan tidak beralih ke arah hal lain diluar pekerjaan tersebut. Sikap fokus merupakan sikap yang tidak terbatas. Oleh karena itu bersikaplah fokus pada satu hal sampai mampu menyelesaikan setuntas-tuntasnya pekerjaan hingga mendapatkan kesuksesan. Sikap fokus harus senantiasa di jaga agar pikiran tidak beralih pada pekerjaan lain sebelum menyelesaikan pekerjaan sebelumnya. Hal ini dinamakan fokus di dalam bekerja.

Jika Anda melihat banyak orang yang sukses dalam menjalankan usahanya sampai usaha tersebut menjadi besar dan berkembang, orang tersebut pastilah orang yang mampu memusatkan perhatian pada apa yang ia lakukan. Banyak orang yang telah menyusun rencana berupah jadwal pekerjaan, konsep-konsep yang dianggapnya telah matang dan siap dikerjakan, namun karena tidak mempunyai sikap fokus hingga pada akhirnya semua hal yang telah dipersiapkan menjadi sia-sia belaka.




Orang yang tidak bisa fokus dalam melakukan suatu hal sulit untuk menjadi sukses. Misalnya saja seseorang yang ingin menjalankan usaha peternakan ayam petelur. Lantas orang tersebut mencari modal untuk beternak ayam petelur. Baru jalan empat bulan, ia sudah tertarik untuk mengembangkan usaha rumput laut karena melihat pangsa pasar yang luas. Lantas ternak ayam petelur begitu saja ditinggalkan dan berganti dengan usaha rumput laut. Tidak lama kemudian ia tertarik untuk mengembangkan usaha burung walet karena melihat temannya sukses. Ia pun kemudian menjadi peternak burung walet. Sikap tidak fokus di atas bukan sikap yang baik. Ia tidak akan sukses, jika pikiran dan perhatiannya tidak berfokus pada satu hal. Jika saja ia tetap fokus dengan usahanya beternak ayam telur hingga waktu yang tidak ditentukan, mungkin Orang tersebut kini telah menjadi juragan ayam petelur.

Sayangnya banyak orang lebih mudah terpengaruh dengan orang lain dan tidak melihat apa yang sedang ia lakukan. Pengaruh orang lain dengan cepat bisa mempengaruhi perhatiannya. Selain itu, sikap tidak fokus juga bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Sikap fokus bisa disebabkan karena kelelahan, kurangnya nutrisi yang ada dalam tubuh dan otak yang tidak mendapat nutrisi yang baik pula bisa mempengaruhi sikap fokus pula. Sikap tidak fokus juga bisa disebabkan oleh otak ketidakseimbangan hormonal, gangguan mental, situasi dan kondisi lingkungan, psikis dan lain sebagainya.

Sikap fokus bisa didapat dengan cara latihan. Seseorang yang belum terbisa bersikap fokus, nantinya akan mampu bersikap fokus jika dirinya secara terus menerus melatih pikirannya agar mau fokus. Seperti halnya tubuh yang tidak pernah olahraga berlari, namun melakukan olahraga berlari. Tubuh yang tidak biasa berlari pasti akan merasa lelah, kaki dan betis merasa sakit, perut pun merasa mual. namun, jika setiap hari membiasakan diri lari pagi meskipun hanya 10 menit, tubuh pun mulai membiasakan diri dan tidak akan merasa sakit pada kaki dan betis. Begitu pula dengan sikap fokus. Sikap fokus bisa dilatih. Otak yang tidak terbiasa berpikir secara fokus akan mudah goyah jika mendapatkan pengaruh dari luar. Otak yang tidak terbiasa untuk berpikir fokus tidak bisa mendapatkan kondisi yang bagus untuk berpikir. Berpikir fokus dapat dilatih seperti halnya pemain sepakbola yang awalnya tidak mampu bermain dengan baik, namun setelah dilatih secara rutin akan mampu menampilkan permainan yang baik.

Ini yang dapat penulis berbagi pada pengunjung sekalian, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita serta dapat mencoba melatih diri untuk bisa berfokus pada suatu hal yang saat ini kita jalani dalam mencapai kesuksesan. Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.



No comments:

Post a comment