PENTINGNYA MENAMBAH KUALITAS DIRI ~ JALAN MENUJU SUKSES


Sahabat pengunjung blog jallyjunkiez.com, pernahkah Anda mencoba memotong daging menggunakan pisau usang dan tumpulserta tidak pernah diasah? 
Lalu apa yang terjadi? Pastinya Anda kesulitan menggunakannya untuk memotong daging tersebut. Kalaupun bisa digunakan maka Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama dikarenakan pisau yang Anda gunakan telah tumpul. Tapi bagaimana jika Anda memotong daging dengan pisau yang usang tapi rutin diasah? Ternyata, meskipun sudah usang pisau yang senantiasa diasah akhirnya semakin tajam hingga mudah digunakan memotong daging, bahkan memudahkan pekerjaan Anda dan memakan waktu yang jauh lebih cepat dalam menyelesaikannya.



Begitulah kira-kira perumpamaan dalam hidup ini. Seringkali kita terlalu sibuk melakukan aktifitas yang begitu padat. Kesibukan mengejar mimpi terkadang menjadikan kita terlena bahkan lupa untuk memberikan hak kepada diri terutama dalam hal prningkatan kualitas diri. Kita merasa bahwa kapasitas yang kita miliki saat ini sudah sangat cukup untuk mencapai tujuan hidup yang kita impikan sehingga tak perlu lagi menambah dengan hal baru.

Sahabat pembaca, mindset seperti itu akan menjadikan kita pribadi yang kerdil, ketinggalan zaman, bahkan kuper dan tidak mau berkembang. Kita harus menyadari bahwa dunia terus berkembang dan perkembangan itu diiringi dengan perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat tanpa kita sadari. Untuk itu, bangkit dan move on adalah sebuah keniscayaan yang memang harus kita lakukan dalam menghadapi arus perubahan yang begitu cepat. Orang yang terlalu lama dengan zonanya saat ini tanpa mau bergerak meningkatkan kualitas diri, mengasah dan mempertajam kemampuannya maka akan tergilas oleh perubahan. Hanya orang-orang yang mampu bergerak dan mempertajam dirinya yang akan mampu bertahan.

Bagaimana dengan kita?

Masikah kita merasa aman dan nyaman dengan kondisi kita saat ini dan enggan untuk menambah kualitas diri? Jika jawabannya "Ya" maka berhati-hatilah dan bersiaplah untuk menghadapi perubahan yang bisa jadi kita akan menggerus kita dengan sekejap. Bersyukurlah bagi yang sudah sejak awal menyadari akan tantangan perubahan ini dan sudah mulai bangkit dan mempersiapkan diri.

Sudah sadar tapi bingung bagaimana mengasah diri? berikut beberapa alternatif cara menjadikan diri kita semakin berkualitas, yakni:

A. Perbanyak membaca buku

Terkadang kita menjadi orang yang sok pintar karena merasa ilmu yang dimiliki sudah banyak, padahal sejatinya masih sangat sedikit. Membaca buku akan semakin menambah wawasan kita dan akan menjadikan kita pribadi yang berilmu, tidak sekedar tong kosong nyaring bunyinya. Membaca buku juga akan mampu kita menemukan masa depan yang bisa jadi selama ini masih belum kita temukan karena dengan membaca buku kita bisa belajar kisah-kisah sukses dari tokoh-tokoh luar biasa yang telah sukses dan berpengaruh disekitar kita. Semakin banyak membaca buku juga akan menjadikan kita semakin bijak dan merasa bodoh karena banyak hal yang masih belum kita ketahui.




B. Perbanyak diskusi dengan orang-orang berilmu

Budaya diskusi dan sharring tanpa disadari sudah mulai luntur disekitar kita. Ditambah lagi dengan masuknya era smartphone, dimana orang-orang jauh lebih tertarik untuk berlama-lama dengan gadget-nya menatap layar facebook, twitter, instagram daripada bertatap muka langsung. Kita seolah-olah sibuk dengan dunia kita sendiri yang sejatinya tidak produktif dan menjadikan kita kurang berkembang. Bangun kembali budaya diskusi, sharring informasi dan inspirasi dengan orang-orang berilmu yang telah mencapai kesuksesan. Belajarlah dari mereka dan apa yang menjadikan mereka sukses ditiru serta dimodifikasi sesuai dengan passion kita masing-masing. Kita akan lebih mudah mencapai kesuksesan dengan belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah sukses daripada sekedar mencari-cari jalan sendiri, oleh karena pengalaman adalah guru terbaik. Begitulah kata orang bijak. Belajarlah dari kesuksesannya, bagaimana mengelola kegagalan menjadi kesuksesan.

C. Lanjutkan pendidikan

Zaman sekarang adalah zaman dimana pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting. banyak orang menilai orang lain dari seberapa tinggi tingkat pendidikannya. Orang akan menjadi mulia, dihormati, dijadikan rujukan bahkan dibayar mahal salah satunya adalah karena pendidikan yang tinggi. Pendidikan menjadi hal yang wajib diperhatikan bagi siapapun yang menginginkan hidupnya berkualitas. Kalau saat ini kita telah selesai dari bangku SMA, janganlah berhenti untuk mengejar pendidikan, berkomitmenlah untuk melanjutkan ketingkat sarjana. Ketika kita sudah memperoleh gelar sarjana, sudah cukupkah? Bolehkah untuk mencukupkannya dan berhenti mengejar pendidikan? Sebaiknya jangan. Berkomitmenlah untuk melanjutkan S2 dan seterusnya sampai level pendidikan yang lebih tinggi lagi. Pendidikan yang tinggi akan membuat Anda memiliki peluang yang semakin besar untuk bisa mencapai kesuksesan. Pendidikan yang tinggi memang bukan satu-satunya cara untuk menjadi sukses, namun bisa jadi pendidikan yang tinggi adalah salah satu sarana yang akan mendekatkan diri Anda pada kesuksesan.



No comments:

Post a comment