Berkomitmen Mewujudkan Impian ~ JALAN SUKSES


Orang-orang pada awalnya sangat semangat dan bergairah dalam membuat dan menuliskan mimpi-mimpinya. Ratusan mimpi dan cita-cita mengalir begitu saja, kemudian dibuat sedemikian rupa, dituliskan dalam selembar kertas yang dihiasi begitu indah bahkan dipigura dan di pasang di dinding kamar agar senantiasa terlihat. Tidak berhenti sampai disitu, semangat itupun masih tetap membara ketika memulai langkah demi langkah untuk mewujudkan mimpi-mimpinya menjadi sebuah kenyataan.

Tapi yang perlu di ingat, langkah yang harus di tempuh untuk mewujudkan mimpi terkadang tidak singkat yang kita kira, tetapi butuh proses panjang dan memakan waktu yang cukup lama. Waktu tempuh yang panjang ini membutuhkan energi yang tidak sedikit. Butuh perbekalan yang cukup agar mampu bertahan dan terus melanjutkan perjalanan. Sama seperti ketika kita melakukan perjalanan pulang kampung yang menempuh perjalanan 6 jam dalam berkendaraan sepeda motor agar bisa sampai ke rumah. Tentunya kita butuh persiapan fisik dan kendaraan yang memadai dengan bahan bakar agar mampu melalui perjalanan dengan lancar.




Pada awalnya kita begitu bersemangat melakukan perjalanan ini, namun ditengah perjalanan terkadang mengalami kelelahan, bahkan sempat berpikir untuk berhenti saja dan tidak melanjutkan perjalanan. Saat perasaan itu muncul dalam hati, kita memutuskan untuk berhenti sejenak di tepian jalan sembari menikmati indahnya panorama alam di sekitar. Kita meregangkan otot sejenak sembari merenung dan berpikir, kalau kita memutuskan untuk berhenti dan kembali lagi maka perjalanan yang telah kita lalui ini hanya akan berakhir dengan sia-sia, sementara dikampung halaman sudah menanti keluarga kita yang siap menyambut dengan senyuman bahagia dan pelukan hangat mereka. Sampai akhirnya kita memutuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan pulang dengan semangat yang baru, penuh optimisme sembari membayangkan senyum kedua orangtua yang telah menanti di depan halaman rumah.

Kondisi-kondisi kelelahan seperti ini juga seringkali menghampiri kita dalam proses perjalanan memperjuangkan mimpi. Terkadang hal itu terjadi karena kita tidak menyiapkan cukup bekal semangat untuk menghadapi setiap tantangan, apalagi jika tantangan yang kita hadapi bertubi-tubi namun tak kunjung juga mimpi itu tercapai. Kondisi ini sangat memungkinkan bagi kita untuk berpikir menyerah pasrah dan menyudahi perjuangan.

Saat kondisi seperti ini, bagaimana seharusnya?

Sahabat pembaca, ketika kondisi kelelahan ini hadir pada diri kita maka yang harus dilakukan pertama kali adalah beristirahat sejenak. Istirahat bukan untuk berhenti begitu saja tetapi untuk sejenak menghilangkan kelelahan, merileksasikan pikiran yang tegang dan mencoba kembali merenungkan semua proses yang telah kita lalui.



Cobalah merenung bahwa akan ada banyak hal luar biasa dan berlimpah kebahagiaan yang kita dapatkan. Bahkan kita mampu membahagiakan orang-orang yang mencintai kita manakala kita mampu bangkit berdiri, bergerak melanjutkan perjalanan mewujudkan mimpi. Hadirkan komitmen untuk menguatkan dan mengikatmu agar tetap konsisten dalam berjuang mewujudkan mimpi.

Tak usah berpikir apakah kita mampu atau tidak mencapai mimpi kita, akan tetapi berkomitmen dan teruslah berjuang memberikan kerja terbaik, totalitas mengeluarkan energi besar, menghadirkan seluruh potensi diri kita, fisik, hati, dan pikiran. Persembahkan semuanya dalam perjuangan hidup untuk menjemput kesuksesan. Kerja, kerja, kerja itulah yang harus kita lakukan karena hasil takkan pernah mengkhiananti usaha.

Pada awalnya banyak orang yang begitu bangga dengan pilihannya dalam hidup, namun setelah mengetahui bahwa pilihan hidup senantiasa meminta konsekuensi yang berupa kesusahan dan ujian, pada akhirnya sedikit diantara mereka yang mampu bertahan dan konsisten dengan pilihannya. Hanya manusia-manusia peradaban dengan komitmen tinggi yang mampu tetap teguh dalam menapaki setiap langkah dari pilihan hidup yang telah diambil.

Mari belajar menjadi pribadi yang berkomitmen. Hadirkan komitmen dalam setiap perjuangan kita. Ibarat akan bepergian ke suatu tempat menggunakan kendaraan yang kita miliki maka kendaraan hanya akan bisa berjalan mengantarkan kita menuju tempat yang diinginkan ketika tangkinya terisi dengan bahan bakar. Komitmen adalah bahan bakar yang sangat kita butuhkan untuk melalui perjalanan panjang yang akan mengantarkan kita menuju puncak kesuksesan.

"Saya meyakini hidup terus menguji peningkatan komitmen. Manfaat terbesar hidup diperuntukan bagi mereka yang menunjukkan komitmen tiada akhir hingga mereka bertindak dan mencapai sesuatu"(Anthony Robbins)




No comments:

Post a comment