Tips Mengembangkan Kreativitas Karyawan

Dunia Kerja,..

Mengembangkan Kreativitas Karyawan


Perusahan yang mampu bertahan ditengah perubahan zaman pasti senantiasa melakukan inovasi. Sebagai contoh, perusahan kendaraan bermotor terus mengeluarkan produk dengan inovasi berbeda setiap waktu. Sebab bila berhenti berinovasi dengan mempertahankan model lama, produknya pasti tidak akan  laku sekaligus kalah bersaing dengan pabrikan lain. Suatu model sepeda motor yang kini telah laku di pasaran belum tentu pada tahun selanjutnya masih bisa merajai pasar. Sebab, boleh jadi konsumen akan lebih tertarik memilih model lain yang lebih inovatif dan menawarkan spesifikasi terbaru. Oleh sebab itu, hampir setiap tahun perusahan kendaraan bermotor mengeluarkan model terbaru dengan inovasi berbeda dibanding produk sebelumnya.

Disinilah pentingnya inovasi perusahan agar mampu berkompetisi di era persaingan bebas. Adapun sumber inovasi berasal dari kreativitas. Jadi sangat penting bagi perusahan untuk mengembangkan kreativitas karyawannya dalam bekerja. Kreativitas dapat membantu meningkatkankemampuan melaksanakan tugas-tugas pekerjaan dan meraih kesuksesan dalam karier. Karyawan kreatif akan selalu hadir dengan gagasan-gagasan baru agar ia dan perusahan dapat melaksanakan aktivitas secara lebih efektif dan efisien. Hal tersebut akan memperbaiki daya saing sehingga perusahan tetap mampu bertahan di tengah perubahan zaman.




Kreativitas sangat dibutuhkan dalam bidang kerja apapun di perusahan, termasuk bagian administrasi sekalipun. Hal ini mengingat setiap perusahan dituntut untuk selalu mampu menciptakan cara-cara baru yang lebih produktif. Kreatif dalm pekerjaan berarti melakukan sesuatu yang baru gunamemberi nilai tambah bagi perusahan. Kreativitas dapat mendorong munculnya pendekatan baru terhadap pemecahan masalah. Dengan demikian kreativitas sangat diperlukan untuk menunjang perusahan.

Sehubungan dengan itu, Manajer harus bisa mendukung dan mengembangkan kreativitas kerja karyawannya. Dalam hal ini patut di pahami bahwa kreativitas bukan hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu sejak lahir. Kreativitas dapat dikembangkan pada setiap orang melalui proses yang sifatnya bertahap. Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan dalam rangka mengembangkan lingkungan kerja kreatif, akan penulis uraikan dalam penjelasan berikut ini :

A.  Mengganjar Setiap Kreativitas Karyawan

Hadiah adalah bentuk penghargaan. Dalam hal ini penghargaan merupakan sumber motivasi penting bagi diri sendiri dan orang lain dalam unit kerja yang sama. Jika menghendaki karyawan kreatif, maka perlu memberi rangsangan berupa penghargaan. Jenis penghargaan yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan hasil kreativitas yang diciptakan. Penghargaan akan melahirkan semangat untuk menciptakan ide berbeda di kesempatan berikutnya, baik oleh si penerima penghargaan maupun karyawan lainnya. Ingatlah bahwa karyawan bukan sebatas bekerja setiap hari, tetapi juga mendukung perusahan untuk terus berkembang. Jadi tidak ada salahnya bilamana perusahan mengganjar kreativitas setiap karyawan secara layak.

B.  Membentuk Wadah untuk Menyalurkan Kreativitas

Pahamilah bahwa karakter tau kepribadian setiap karyawan berbeda-beda. Di antara mereka ada yang terbuka dan selainnya. Jadi, jika karyawan diminta mengutarakan ide kreatif, belum tentu semua bersedia ambil bagian. Oleh sebab itu dibutuhkan wadah untuk menampung ide kreatif mereka. Di dalam wadah tersebut mereka dapat secara bebas melontarkan ide tanpa harus merasa takut ataupun malu. Cara ini dapat mendorong keberanian semua karyawan menyampaikan ide-ide kreatif yang tentu saja sangat berguna bagi perusahan.




C.  Membentuk Tim Pencipta Inovasi

Hendaknya membentuk tim secara khusus bertugas mengkaji dan menciptakan inovasi dari gagasan setiap karyawan. Dengan membentuk tim, hal ini menandakan bahwa perusahan serius menghargai dan mendengarkan setiap ide kreatif guna memajukan perusahan. Tim ini sebaiknya terdiri dari orang-orang ahli di dalam perusahan agar dapat memberi penilaian secara tepat mengenai berbagai usulan inovasi tersebut. Dan setiap karyawan berhak untuk terlibat dalam tim ini. Mereka dibebaskan untuk mengutarakan hal-hal yang ingin mereka ciptakan dalam kaitannya dengan pekerjaan.

D.  Mendukung Segala Bentuk Pikiran Kreatif Karyawan

Banyak ide kreatif justru berasal dari karyawan dan bukan dari para atasan karena mereka mendapat dukungan penuh dari perusahan. Bila tidak mendapat dukungan, karyawan akan merasa takut salah atau gagal dalam menyampaikan gagasan kreatif sehingga tidak berani mewujudkannya. Disinilah peran penting perusahan untuk membimbing dan mengarahkan segala bentuk kreativitas ke arah yang sesuai dengan visi dan misi perusahan. Ketika perusahan memberikan dukungan atau fasilitas bagi setiap kreativitas karyawan, maka secara otomatis mereka akan menjadi lebih bersemangat untuk mewujudkannya.

E.  Menghargai keragaman Karyawan.

Jangan sebal,fanatisme ataupun melarang dengan keragaman. Sebab, dari keragaman itulah kreativitas muncul. Tidak mungkin terjadi pertukaran ide jika semua orang berpikir dengan cara yang sama. Oleh sebab itu, hendaknya menyambut baik keragaman pola pikir setiap karyawan. Berikan ruang bebas bagi karyawan mengembangkan kreativitasnya berdasarkan pola pikirnya yang lebih dominan mendukung gagasan tersebut.

F.  Menciptakan Lingkungan Kerja Positif

Hal ini sudah penulis singgung dalam artikel sebelumnya, bahwa agar kreativitas akan muncul dan berkembang, maka dibutuhkan lingkungan kerja yang ideal untuk tumbuh. Lingkungan semacam itu dapat di ibaratkan tanaman dengan pupuk. Dengan memberikan pupuk, tanaman dapat tumbuh subur karenanya. Oleh sebab itu perusahan harus mampu menciptakan lingkungan kerja yang positif agar kreativitas karyawan terangsang untuk tumbuh, guna membentuk suasana hati yang kondusif yang pada akhirnya memacu kreativitas.

Demikian ulasan yang dapat penulis berbagi pada kesempatan kali ini tentang Mengembangkan Kreativitas Karyawan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.



No comments:

Post a comment