Pentingnya Sikap Kesabaran Dalam Mengolah sebuah Bisnis/Usaha

Dunia Kerja,..

Membangun Kesabaran Dalam sebuah Bisnis/Usaha


Sabar banyak memiliki arti penting bagi perjalanan suatu usaha atau bisnis. Orang yang sabar bukan berarti tahan banting terhadap masalah, tetapi diam tanpa melakukan tindakan apapun untuk mengatasinya. Namun sabar yang sebenarnya adalah sikap bekerja keras dan pantang menyerah. Sabar akan memberi anda kekuatan saat menghadapi berbagai masalah yang menyebabkan perkembangan bisnis terhambat.

Jika perusahan sedang menghadapi masalah penjualan yang tidak kunjung meningkat, maka anda tidak langsung berputus asa. Boleh jadi dalam beberapa bulan penjualan tidak bertambah. Kemudian ada seseorang ada seseorang yang menasehati anda untuk bersabar. Ia tentu tidak bermaksud mengajak anda untuk berdiam diri tanpa menyusun strategi baru untuk mendukung keberhasilan. Dengan bersabar, Anda akan terus bekerja keras hingga mencapai hasil yang diharapkan. Jadi, sabar akan menghasilkan daya tahan sekaligus peningkatan etos kerja.




Pada hakikatnya sabar merupakan kekuatan untuk menaklukkan tantangan psikis. Jika diminta untuk bersabar maka bukan berarti anda sedang dalam kondisi lemah dan tidak bisa melakukan apapun. Orang yang sabar bukan berarti hanya mampu berbaring  tak berdaya, memiliki kekuatan atau daya tahan untuk tetap berdiri tegak menghadapi kerasnya persaingan.

Orang sabar adalah sosok ksatria hebat yang memiliki kekuatan dan ketangguhan, baik untuk bertahan maupun menyerang. Mereka bertahan ketika menghadapi berbagai tantangan yang membutuhkan kebijaksanaan, seperti menahan emosi, menghadapi musibah, ataupun menunggu sesuatu. Namun mereka tidak ragu menyerang ketika menghadapi hal-hal yang harus dituntaskan, seperti menyelesaikan tantangan, mengembangkan bisnis, belajar ataupun menghadapi ujian. Jadi, kesabaran dapat memberi petunjuk terhadap tingkat ketangguhan seseorang.

Sabar merupakan kekuatan yang melahirkan kualitas tindakan. Sabar berkaitan dengan ketrampilan dan ketepatan olah bathin. Bukan hanya itu saja, sabar juga merupakan bahan bakar untuk melakukan pergerakan atau suatu tindakan.  Artinya, setiap tindakan yang diolah, didorong dan didasari oleh sikap sabar pasti akan berkualitas dan bermakna. Makna sabar bukanlah Anda sembarangan menginjak kerikil-kerikil tajam. Kesabaran yang sejati adalah ketika suatu saat menginjak kerikil tajam, Anda tidak mengeluh. Sabar menjadikan setiap tindakan menjadi berkualitas sekaligus menjadikan anda manusia yang tangguh.



menjadi orang yang sabar memang berat. Namun sikap tidak bersabar justru menjadikan hidup terasa lebih berat untuk dijalani. Misalnya, jika memutuskan berhenti menempuh upaya mencapai tujuan bisnis maka anda harus memulai dari awal lagi. Kondisi tersebut tentu lebih buruk dibanding Anda melanjutkan perjuangan yang boleh dibilang sudah berlangsung separuh jalan.

Apabila gagal dalam mencapai tujuan dengan suatu cara maka bersabarlah untuk merumuskan dan mencoba cara yang berbeda. Bila anda masih berpikir dengan cara yang sama maka tindakan dan hasil akhirnya pasti tidak jauh berbeda.  Atas dasar itulah Anda harus bekerja cerdas dalam membalut kesabaran. Anda harus terus memikirkan cara-cara lain yang inovatif atau revolusioner untuk mendapatkan hasil yang berbeda.
Sehubungan dengan itu para pengusaha memang cenderung hanya tertarik pada hasil, bukan pada proses. Banyak diantara mereka terlalu mematok harga mahal demi menaikkan omzet dan mencapai keuntungan yang besar, tetapi kurang memperhatikan proses.

Seorang penjual yang hanya mementingkan hasil akan membuatnya lalai terhadap proses. Padahal proses sangatlah penting dalam mendukung sebuah pencapaian. Seorang pedagang pisang goreng akan mendapatkan keuntungan lebih besar bila tujuan utama bisnisnya adalah mencari pelanggan sebanyak mungkin. Hal ini berbanding terbalik dengan penjual yang ingin mendapatkan keuntungan instan dengan mematok harga mahal.

Melalui kesabaran Anda akan mudah mengendalikan hasil. Sebagai gambaran ketika ditugaskan untuk sabar menunggu, hal itu bukan berarti anda harus berdiam diri dalam jangka waktu tertentu. Namun Anda harus berjuang ekstra keras untuk melawan keinginan berhenti menunggu. Itulah alasan menunggu sangat membutuhkan kesabaran. Maksudnya, kunci untuk kuat menunggu adalah memiliki kesabaran. Begitu pula kunci untuk mendapatkan keuntungan besar adalah sabar menunggu hasil dengan mengedepankan proses.





No comments:

Post a comment