Memberi Tawaran Insentif Pada Karyawan - Kiat Motivasi Karyawan



Pernahkah anda mengikuti perlombaan yang menyediakan hadiah besar bagi sang pemenang,.? Jika belum maka sesekali cobalah anda mengikutinya meskipun hanya kecil-kecilan. Anda akan merasakan dalam mengikutinya menunjukkan semangat yang tinggi. Hal ini akan menyadarkan anda, betapa pentingnya membangkitkan semangat kerja karyawan.

Berikut ini penulis akan sedikit memberikan sebuah gambaran contoh tentang perlombaan. Di suatu kampung setiap kondisi musim berangin, warga setempat sering menggelar acara lomba kincir angin paling unik di sebuah tanah lapang. Tempat tersebut merupakan pilihan tepat untuk warga karena di nilai strategis datangnya hembusan angin kencang untuk menopang kincir angin bekerja otomatis. Peraturan perlombaan pun sudah di siapkan oleh para panitia lomba dengan berbagai jenis kategori kincir angin yang berukuran medium hingga yang besar. Perlombaan ini hampir setiap tahun dilakukan oleh warga setempat dengan hadiah cukup menarik yakni uang tunai lima juta rupiah bila ada yang mampu kincir anginnya memenuhi kriteria penilaian berupah jumlah energi kumulatif yang diperoleh selama berlangsungnya lomba, desain kincir yang terstruktur baik dan kehandalan kincir angin.



Lomba tersebut sangat mengundang banyak warga setempat. Setiap peserta begitu bersemangat karena tergiur mendapatkan hadiah yang dijanjikan. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap peserta sangat antusias dalam mempersiapkan diri. Mereka rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli bahan yang diperlukan dalam membuat sebuah kincir angin, serta mempelajari teknik menggerakkan turbin secara efektif. Ketika perlombaan tiba, setiap orang bersaing secara kompetitif menunjukkan kreatifitasnya dari kincir angin buatannya. Meskipun hanya tiga orang yang akan menjadi pemenang dari pilihan juri dalam lomba, tetapi semua peserta menunjukkan antusiasme dan semangat membara.

Berdasarkan kisah ini, ada satu pelajaran berharga yang patut anda ambil sebagai manajer. Bahwa pemberian hadiah itu sangat penting untuk mendongkrak semangat kerja karyawan anda. Jadi, bila anda ingin membangkitkan semangat kerja karyawan jangan pelit memberikan hadiah secara berkala terhadap prestasi atau pencapaian yang telah mereka raih. Bila perlu, anda dapat menawarkan hadiah bagi siapapun yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan memenuhi target atau syarat-syarat tertentu. Model hadiah pun bisa variatif misalnya Voucher belanja, liburan khusus dan sebagainya.

Hadiah yang anda tawarkan kepada mereka akan memberi dorongan khusus untuk mencapai target. Setiap karyawan akan rajin berangkat kerja tepat waktu, bekerja secara maksimal, melakukan tugas-tugas dengan baik, dan yang terpenting antusias mengejar hadiah yang diimpikan. Hal ini akan dirasakan karyawan manakala manajernya kerap memberikan insentif atas kerja keras selama ini.




Karyawan memang dituntut untuk bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya di perusahan setiap hari. Mereka sudah terikat perjanjian untuk mengerjakan setiap tugas dengan imbalan gaji bulanan. Jadi wajar bila anda menuntut karyawan bekerjaemaksimal mungkin setiap harinya. Akan tetapi sikap terlalu menuntut karyawan untuk memenuhi tanggung jawab yang dibebankan justru akan menjadikan perusahan kehilangan sisi manusiawi. Bila karyawan menganggap perusahan tidak lagi humanis, mereka akan bekerja tanpa semangat. Hal semacam itu sudah tidak relevan dalam dunia kerja masa kini yang mengandalkan kreatifitas dan inovasi dari karyawan. Terlebih motivasi kerja sangat berkaitan dengan kinerja dan produktivitas karyawan. Oleh karena itu, seseorang manajer harus mampu bersikap humanis dan memberi penghargaan atas kerja keras karyawannya.

Manajer bertipe pemimpin tidak akan merasa berat untuk mengeluarkan sejumlah insentif tertentu demi memancing karyawan menunjukkan semangat kerja tinggi. Manajer hebat tahu betul cara meningkatkan motivasi karyawannya dalam bekerja. Ia tidak peduli dengan gaji yang sudah diberikan kepada karyawannya. Ia memilih untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang dianggap layak untuk itu. Semangat kerja karyawan bisa dipupuk dan dipelihara oleh lingkungan kerja. Karena itulah pemimpin perusahan tahu betul cara membangkitkan dan merawat semangat kerja karyawannya di luar pemberian gaji pokok. Pemberian insentif tambahan adalah salah satu bentuk kemurahan, perhatian, kepedulian serta sisi humanisme yang dimiliki perusahan terhadap karyawan.




No comments:

Post a comment