KRITIK DAN CIBIRAN ORANG DI JADIKAN CAMBUK MERAIH SUKSES



Kita semua tahu bahwa kehidupan yang kita jalani saat ini tidak selalu menyuguhkan hal manis. Hidup seperti roda saja. Kadang kita mendapat yang manis, namun seketika berubah menjadi pahit dengan cepatnya.
Upaya menggapai impian pun demikian. Kita tak mungkin melangkah di jalan mulus selamanya. Ada banyak sekali tantangan yang bisa melemahkan semangat kita mencapai tujuan. Jika bukan berasal dari diri kita sendiri, tentu saja berasal dari luar, misalnya kritik dan cibiran orang.



Kritik dan cibiran orang, memang tidak bisa dianggap sepele. Sebagian orang langsung minder dan kehilangan kepercayaan diri, sebagian yang lain menjadi ragu dengan kemampuan yang dimiliki, akibatnya. Kritik dan cibiran tersebut menjadi batu sandungan besar dalam upaya meraih sebuah kesuksesan.

Dampak Negatif Sebuah Kritik

Dikritik dan mengkritik sebenarnya hal lumrah saja dalam hidup. Tak ada seorang pun yang bebas dari sebuah kritikan. Jangankan orang yang sedang berusaha, orang yang tidak melakukan apapun mendapat sebuah kritikan. Jadi, sejatinya kita tidak boleh alergi terhadap kritikan. Kritikan justru menjadi sarana bagi kita untuk berintrospeksi. Tanpa adanya kritikan, mungkin kita tidak bisa menemukan kelemahan-kelemahan serta memperbaikinya.

Namun masalahnya, kritikan seringkali membuat kita tidak nyaman. Tak jarang membuat semangat kita menurun, motivasi kita melemah. Tapi, begitulah kehidupan. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa terbebas dari yang namanya kritik. Usaha Anda menggapai sukses, tak akan sepi dari kritik bahkan cibiran orang. Akan ada banyak bisikan yang melemahkan kerja keras Anda, akan ada banyak celotehan yang meremehkan. Anda akan sering mendengar orang berkata bahwa Anda tidak mungkin bisa menggapai ini dan itu. Usaha yang Anda lakukan tidak akan mampu membawa kesuksesan. Mereka juga akan menunjuk berbagai kelemahan yang Anda miliki.




Menghadapi semua itu, jika tidak memiliki keteguhan hati, bisa membuat Anda limbung. Anda menjadi lebih banyak mendengar hal-hal negatif. Dan bila itu terjadi terus-menerus, Anda akan terjerumus dan mendapati semangat yang Anda miliki runtuh tak tersisa.

Pilihan Sikap Saat Mendapat Kritik dan Cibiran Orang

Pada akhirnya kita butuh sikap tegas dalam menghadapi kritik dan cibiran orang lain. Lebih baik kita acuhkan saja kriti-kritik dan cibiran yang dapat melemahkan semangat. Kita harus lebih percaya diri sendiri. Kitalah yang harus memegang kendali. Secara umum, kritik dari seseorang kepada kita biasanya mencakup dua tujuan, yaitu tujuan positif dan tujuan negatif.

Tujuan positif mencakup kritik yang mendorong kita untuk lebih kuat melangkah maju, melihat sesuatu yang salah dari apa yang kita hasilkan atau lakukan, dan tujuannya untuk menguji. Tujuan negatif umumnya mencakup adanya rasa iri dengan usaha kita, bertujuan menjatuhkan kita, kritik hanya ditujukan untuk menunjukkan bahwa seseorang ingin dianggap lebih pintar dari kita, dan kritik seperti ini semata-mata bertujuan untuk merecoki kita.

Menyikapi kritik jenis pertama, tentu kita perlu memiliki sikap yang bijak. Kritik positif semacam ini bisa kita jadikan sarana evaluasi diri. Kita bisa mengukur sejauh mana perkembangan yang sudah kita lakukan. Tanamkan motivasi yang kuat pada diri sendiri untuk berkembang. Kritikan seperti itu justru menjadi batu loncatan untuk mengembangkan kemampuan diri. Jujurlah pada diri sendiri dan mengakuinya saat kritik yang disampaikan menunjukkan sesuatu yang salah dari apa yang kita hasilkan atau lakukan. Akuilah kesalahan dan berterimakasihlah kepada mereka yang mengkritik.

Mari Belajar dari Mereka

Orang-orang besar dan sukses, mereka pernah dikritik dan diremehkan. Tetapi, kritik dan sikap meremehkan bisa membuat mereka tidak surut langkah meraih sukses. Tidak menghentikan mereka mempercayai apa yang mereka miliki. Menjadi juara, kita harus memiliki mental yang membaja. Juara hanya untuk mereka yang sanggup menutup telinga dari komentar-komentar negatif orang lain. Sukses adalah hak kita, dan orang lain tak punya hak menghalangi langkah kita meraihnya. Kita tidak boleh takut diremehkan orang lain. Justru saat diremehkan kita bisa menjadikannya cambukan semangat untuk berusaha lebih keras.




No comments:

Post a comment