JANGAN ABAIKAN HAL YANG KECIL ~ KIAT SUKSES ANDA



Pengunjung yang setia,! Apakah saat ini Anda memiliki target yang besar ingin dicapai dalam hidup tapi bingung memulainya darimana? Jika Ya, maka gunakan langkah-langkah kecil yang dapat Anda lakukan. Berpikir mencapai target yang besar lalu melupakan langkah-langkah kecil, kemungkinan besar hanya akan mendatangkan frustasi pada diri Anda. Akan jauh lebih baik memulai semuanya dari yang kecil. Lakukan saja hal-hal yang bisa Anda kerjakan saat ini sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Semua kehidupan besar dimuka bumi ini bermula dari hal-hal kecil. Pohon yang tumbuh besar bermula dari biji yang kecil. Gajah yang bertubuh besar dahulunya hanya makhluk kecil yang lucu dan mungil. Seseorang menjadi sukses dengan usaha bisnisnya yang besar dahulunya bermula dari usaha yang kecil nan sederhana dan masih banyak contoh lainnya yang dapat Anda temui di muka bumi ini. Intinya, kecil bukan berarti tak bernilai. Kecil bukan berarti pantas diremehkan. Ada banyak hal kecil disekitar kita yang bisa dicermati dan bisa menjadi peluang besar untuk membuat kita maju.




Seringkali karena hal kecil, banyak orang yang tidak menganggapnya ada atau meremehkannya karena dianggap tidak bernilai. Padahal, hal kecil itu kalau dilakukan dengan serius nilainya tidak kalah berharga dengan apa yang dianggap besar. Ada sebuah pepatah Arab menyebutkan " Janganlah meremehkan hal-hal kecil yang terhina. Bahkan sebuah jarum kecil pun mampu membuat kita berdarah".

Pernahkah Anda melihat alat yang berfungsi memudahkan seseorang memasukan benang ke dalam lubang jarum? Kalau belum pernah, Anda bisa mencarinya di toko-toko khusus menjual peralatan menjahit. Lalu apa yang istimewa dari alat tersebut? Sebenarnya tidak ada. Justru yang istimewa adalah idenya, kreativitasnya. Betapa, sesuatu yang selama ini tidak pernah menjadi perhatian orang, bisa menjadi sesuatu produk yang dapat dijual dan menguntungkan.

Bagaimana sang penemu alat tersebut mendapatkan ide itu? Jawabannya adalah lewat ketelitian. Ia tidak melewatkan detail kecil yang dilihatnya. Memasukan benang kedalam jarum, meskipun remeh tapi bukan pekerjaan yang mudah. Orang-orang yang sering membutuhkan bantuan, apalagi yang sudah tua. Celah inilah yang kemudian ditangkap dan direalisasikan menjadi sebuah produk kreatif.
Begitulah, berpikir secara detail dan kecil bisa melahirkan sebuah karya yang besar. Lewat pengamatan yang teliti, bisa jadi apa yang dianggap sepele oleh orang kebanyakan merupakan sebuah ide besar yang justru dapat mendongkrak kesuksesan hidup kita. Ada sebuah kalimat bijak mengatakan "Bahkan selembar daun kering yang jatuh pun tidak diciptakan dengan sia-sia". Dari kalimat ini mengandung pesan bahwa apapun yang ada di dunia ini sejatinya memiliki arti.




Lebih jauh, mari kita amati disekitar kita. Alihkan perhatian di luar diri kita. Misalnya melihat warung-warung kecil yang berjejeran memanjang di jalan trotoar berjualan pecel lele. Dengan pengamatan dan analisis yang sederhana, kita bisa mendapatkan ide dari sana. Contohnya dengan mengamati apa-apa saja yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pedagang pecel lele tersebut. Mungkin diantaranya adalah ketersediaan ikan lele, lalapan, piring, konsumen, gerobak dan lain sebagainya.

Berdasar pengamatan itu kita bisa mendapatkan ide dengan menjadikan kebutuhan para pedagang tersebut sebagai ladang bisnis kita nanti. Kita bisa menjadi pemasok kebutuhan-kebutuhan tersebut sebagai pemasok ikannya, lalapan dan sebagainya. Itulah gambaran contoh yang seringkali kita temui diluar sana namun tak sedikit orang yang dapat menciptakan ide sederhana seperti itu. Cukup hanya dengan pengamatan secara detail kita akan dapat mengembangkan ide sekreatif mungkin dalam menggapai impian.

Anda dapat melakukan hal lain sesuai potensi yang Anda miliki dalam menggapai impian dimasa depan. Karena ide sekecil apapun itu jika di implementasikan dengan serius akan sangat bernilai dan bahkan berdampak besar bagi kesuksesan yang ingin dicapai. Inilah banyak terjadi dalam kehidupan saat ini. Banyak hal kecil disekitar kita yang terbukti menjadi penentu utama sebuah keberhasilan.




No comments:

Post a comment