Perlu Tahu Kunci Meraih Kesuksesan ~ MOTIVASI SUKSES



Untuk meraih kesuksesan, haruslah mengubah dari tidak biasa menjadi biasa. Kebiasaan yang baik pertama harus diubah yakni sifat konsistensi. Misalnya saja Anda belajar bahasa daerah satu minggu sekali dibandingkan dengan Anda belajar bahasa daerah setiap hari, manakah yang lebih memberi hasil yang maksimal? Konsistensi berarti melakukan suatu kegiatan secara terus menerus dengan tekun. Sehingga kunci dari konsistensi yakni terus menerus. Orang yang konsisten membaca buku setiap hari akan memiliki pengetahuan yang lebih banyak daripada orang yang tidak senang membaca.

Hal yang harus dilakukan selanjutnya dan telah dibahas secara tuntas pada artikel sebelumnya yakni kerja keras. Kerja keras yakni melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah.  Dalam ulasan sebelumnya bahwa kerja keras adalah langkah untuk menjadi sukses. Kesuksesan seseorang tidak selalu identik dengan seberapa keras pengorbanan waktu, namun seberapa cerdas ia dapat memanfaatkan waktu yang dimiliki.




Seorang mahasiswa pekerja keras dapat membagi waktunya untuk belajar dan bekerja sehingga ia menjadi mahasiswa yang mandiri. Karyawan perusahan yang bekerja keras akan dapat membagi waktunya untuk pekerjaan di kantor dan pekerjaan sampingan di rumah. Jika ia tekun menjalani dua pekerjaan tersebut, ketika pensiun nanti usaha sampingannya dapat menghidupi seluruh keluarganya. Pengusaha yang pekerja keras dan mampu membagi waktunya dengan baik akan lebih sukses daripada yang jalan ditempat.

Selanjutnya kebiasaan baik lainnya yang harus dipupuk dari awal, yakni rajin. Pernahkah Anda mendengar jika orang yang pintar kalah dengan orang yang rajin, dan orang rajin kalah dengan orang yang beruntung? Pintar bukan satu-satunya hal sebagai jalan untuk meraih kesuksesan. Orang yang bodoh pun bisa menjadi sukses jika ia rajin. Rajin dalam hal ini masih sangat luas. Rajin bisa diartikan sebagai rajin bekerja, rajin membaca, rajin belajar, rajin menabung dan rajin berolahraga. Sebuah kebiasaan baik jika dilakukan secara terus menerus akan dapat membantu Anda dalam meraih kesuksesan hidup.

Kebiasaan lain untuk membiasakan diri dari tidak biasa menjadi biasa yakni fokus. Fokus dapat diartikan sebagai pusat dari sebuah titik konsentrasi. Ada orang yang menganggap sudah mampu bersikap fokus terhadap apa yang telah dilakukan, jika ia mampu berkonsentrasi. Fokus juga dapat diartikan sebagai kejelasan atau ketetapan dari ide. Manusia diberikan otak oleh Tuhan untuk berpikir. Pikiran itulah yang membedakan manusia dengan hewan. Dengan otak tersebut, manusia mampu untuk banyak berpikir. Hal-hal yang dipikirkan manusia pun sangatlah banyak. Dan jika orang tersebut mampu menetapkan pikiran mana yang menjadi tujuannya, maka ia sudah dapat bersikap fokus.

Impian yang Anda raih akan jauh lebih mudah digapai jika Anda mampu fokus. Meskipun ada pekerjaan lain yang dirasa menarik, jangan mudah tergoda untuk beralih ke usaha tersebut. Fokuslah pada hal yang menjadi cita-cita Anda. Banyak orang yang gagal di dalam menggapai kesuksesan, bukan dikarenakan ia tidak mampu, akan tetapi ia tidak fokus.




Karyawan yang fokus dalam mengejar karier akan tampak lebih bersemangat daripada karyawan yang hanya bekerja untuk mendapatkan gaji. Fokus berarti konsentrasi dan memusatkan pikiran pada suatu hal yang menjadi tujuan. Pusatkan pikiran Anda pada tujuan hidup Anda. Jika Anda menilai kesuksesan dari besarnya usaha yang dijalankan, maka fokuslah pada usaha yang dijalankan tersebut. Seseorang yang berimpian menjadi sukses akan mempunyai semangat hidup yang tinggi.

Hal terakhir dalam ulasan ini yakni tidak mudah putus asa. Didalam kesukaran pasti ada kemudahan. Orang yang mampu melihat kemudahan didalam setiap kesulitan termasuk orang yang tidak mudah putus asa. Kehidupan yang ada didalam dunia ini tak lepas dari kesukaran. Seorang karyawan baru yang tidak mudah putus asa jika mendapat tugas dari atasannyaakan melaksanakan tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin. Jadikan diri Anda orang yang tidak mudah putus asa. Jadikan diri Anda orang yang tahan banting meskipun banyak kesulitan dan permasalahan yang dihadapi silih berganti. Orang yang tidak mudah putus asa akan mendapatkan posisi yang lebih baik didalam pekerjaan daripada orang yang mudah putus asa.

Penjelasan diatas dapat menjadi motivasi Anda maupun orang lain jika ingin meraih kesuksesan didalam hidup. Coba lihat diri Anda, kebiasaan baik dan buruk apakah yang melekat dalam diri Anda. Ubahlah kebiasaan buruk tersebut dan maksimalkan kebiasaan baik Anda. Selanjutnya rumuskan impian Anda dan arti sukses bagi Anda. Jika sudah merumuskan impian dan pengertian sukses bagi Anda, mulailah untuk meraihnya. Hulailah menjadi orang yang konsisten dalam kegiatan positif apapun yang Anda jalani saat ini. Mulailah untuk bekerja keras untuk mencapai tujuan Anda. Mulailah untuk rajin belajar, rajin bekerja dan rajin yang bersifat positif lainnya. Yang tidak kalah penting, mulailah untuk fokus terhadap apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Tidak mudah putus asa juga harus Anda tanamkan sejak Anda mulai berusaha dan mulai memilih jembatan karier dalam hidup.

Tak ada gunanya jika setelah Anda membaca ulasan ini & Anda tidak melakukan suatu hal untuk mencapai kesuksesan diri Anda. Lakukanlah perubahan hidup dari sekarang, karena jika tidak sekarang kapan lagi Anda bisa mengubah hidup Anda.



No comments:

Post a comment