JATUH,. BANGKIT LAGI ~ MENGGAPAI IMPIAN


Sahabat semua, ketika kita telah memutuskan untuk berjuang dan mengejar mimpi-mimpi kita, maka jangan pernah berpikir bahwa jalan yang akan kita tempuh adalah jalan jalan yang sangat mudah, penuh dengan fasilitas dan kemewahan. Perjalanan mewujudkan mimpi menjadi nyata adalah perjalanan panjang yang membutuhkan energi dan daya juang tinggi. Semakin besar dan tinggi mimpi-mimpi yang kita bangun maka kekuatan dan energi yang harus kita siapkan juga semakin besar. Layaknya akan melakukan suatu perjalanan panjang, maka energi dan bekal yang kita siapkan juga harus maksimal. Jangan sampai menjadi orang yang menyerah kalah di tengah perjalanan dan memutuskan untuk pulang sebelum sampai tujuan.




Apakah jalan menuju kesuksesan akan biasa-biasa saja tanpa tantangan? Sama sekali tidak. Dalam bahasan-bahasan tentang kesuksesan tidak ada satu kisah yang menyampaikan bahwa kesuksesan akan didapat dengan kemudahan tanpa tantangan dan ujian. Kesuksesan erat kaitannya dengan tantangan dan ujian. Kesuksesan sebanding dengan tantangan dan ujian yang akan kita dapatkan. Kegagalan akan sering menjadi tantangan utama bagi siapa saja yang menginginkan kesuksesan dalam hidup.

"Benarkah kegagalan menjadi teman setia dalam menapaki perjalanan menuju kesuksesan?"

Terkadang kita melihat orang sukses dan menilai mereka hanya pada hasil akhirnya saja ketika telah sampai pada kesuksesan, memiliki kekayaan, mobil mewah, terkenal dan menginspirasi banyak orang. Kita kurang memberi perhatian dan penilaian tentang bagaimana proses yang harus mereka lalui dan perjuangkan dahsyat seperti apa saja yang mereka lakukan hingga akhirnya bisa duduk nyaman pada kursi kesuksesan.

Kesuksesan adalah hasil dari perjuangan panjang. Orang sukses tidak semata-mata tiba-tiba langsung sukses. Mereka telah menjalani semua prasyarat dan rukun-rukun kesuksesan yang harus mereka tunaikan. Orang-orang besar yang telah mencapai puncak kesuksesan bukanlah orang-orang yang sama sekali tidak pernah gagal. Mereka justru orang-orang yang sangat bersahabat, sangat dekat, bahkan sangat familiar dengan kegagalan. Proses perjuangan panjang yang mereka lakukan sudah dipenuhi dengan kegagalan-kegagalan, tidak hanya sekali, bahkan berkali-kali.

Mereka sama seperti kita manusia biasa, memiliki kekurangan, keterbatasan, pernah diremehkan oleh orang lain, bahkan telah mengalami begitu banyak kegagalan dalam hidup. Abraham Lincoln, Albert Einstein, Steve Jobs, Michael Jordan, Kolonel Sanders, Mereka adalah orang-orang yang pernah mengalami kegagalan. Menariknya dari orang-orang luar biasa ini adalah, mereka orang yang telah mampu mengelola dan bersikap bijak terhadap setiap kegagalan hidup yang mereka hadapi. Mereka tidak berputus asa dan menyerah dengan kegagalan, meskipun sangat layak bagi mereka untuk memutuskan "menyerah dan berhenti".



Sebagai orang yang menginginkan kemajuan hidup, kita juga harus memiliki daya juang yang tinggi dan kemampuan dalam mengelola keadaan terburuk dalam hidup. Jatuh dan gagal dalam berproses adalah sebuah keniscayaan bagi siapa saja yang ingin sukses. Bukankah kita sangat memahami bahwa kata "jatuh" hanya digunakan dari posisi tinggi ke posisi rendah? Artinya, ketika kita mengalami jatuh dalam hidup ataupun kegagalan, itu menandakan kita tengah mendaki proses kehidupan yang lebih tinggi. Beruntunglah kita dan bersyukurlah kita ketika mengalami jatuh dan kegagalan dalam hidup, karena jatuh hanya terjadi pada mereka yang berusaha terus memanjat dan menaikkan kualitas hidupnya.Orang yang tidak pernah memanjat tak akan pernah mengalami bagaimana rasanya jatuh ataupun gagal. Maka bersyukurlah sebagaimana pesan dari seorang Hamka :

"Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua".

Jatuh dan gagal adalah sarana pendewasaan. Adalah tujuan yang Tuhan kirimkan bagi kita agar kita naik kelas. Setiap kegagalan yang kita hadapi dan mampu melewatinya, maka kita akan selangkah lebih maju dan menaiki tangga yang lebih tinggi dalam hidup. jangan takut dengan kegagalan karena kegagalan adalah obat yang akan membawa kita menuju kejayaan. Ingatlah selalu bahwa ada keuntungan dari kegagalan. Ketika gagal, kita akan mengetahui hal-hal yang salah dan kita akan mampu belajar memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Ketika merasakan sakit, jangan pernah berpikir untuk sakit terus-menerus. Berpikirlah untuk sehat dengan minum obat. Obat memang pahit ketika kita menelannya, namun diluar itu semua, obat akan menjadi perantara kita untuk merubah dari kondisi sakit menuju kondisi yang lebih sehat. Begitu juga dengan kegagalan, memang terasa pahit namun menjanjikan kesuksesan dalam hidup ketika kita mampu mengelolanya. Teringat sebuah judul lagu dari band D'masiv, "Jangan Menyerah". semoga memberikan energi positif dalam hidup kita.

Mari menjemput kesuksesan dengan menjadi pribadi-pribadi tangguh penuh optimisme dan bersemangat yang tak akan pernah goyah dan pantang menyerah dalam menghadapi setiap tantangan dan kegagalan dalam hidup. INGAT,..! Orang-orang sukses senantiasa dibesarkan dengan kegagalan-
kegagalan dalam hidupnya.


No comments:

Post a comment