Alasan Menuju Sukses Berani Keluar Dari Zona Aman ~ MOTIVASI KERJA


Orang yang suka menunda-nunda pekerjaan biasanya suka mencari alasan penundaan pekerjaan yang dilakukan. Kebanyakan orang suka mencari-cari alasan dan pembenaran untuk menutupi kelemahan dan kemalasannya dalam bekerja. Seringkali alasan-alasan ini juga dijadikan senjata ampuh melepaskan beban dan tanggung jawab yang harus dilakukannya.

Sebenarnya kita dapat melihat karakter seseorang dari bagaimana ia menggunakan alasan. Perbedaan mencolok antara orang yang sukses dan orang yang gagal terletak pada cara mengemukakan alasannya. Orang sukses selalu punya alasan yang kuat untuk berbuat, sedangkan orang gagal selalu punya alasan yang dibuat-buat untuk menutupi kesalahan dan kelemahannya.



Karena seringnya mencari-cari alasan, orang-orang gagal sampai lupa dengan kewajiban yang harus mereka kerjakan. Orang yang suka mencari alasan sama artinya dengan mencari pembelaan diri atas kesalahan yang sebenarnya mereka lakukan secara sadar. Untuk orang-orang semacam ini, ganjaran berupa kegagalan juga senantiasa mengintainya. Seperti yang di ungkapkan George Washington Carver, 95% kegagalan berasal dari orang yang suka mencari-cari alasan.

Orang yang gagal suka mencari alasan atas segala hal yang tidak mereka kerjakan dengan baik.  Berbeda dengan orang-orang sukses yang memilih untuk mencari alasan, meskipun mereka sangat berpeluang untuk melakukannya. Seburuk apapun yang mereka miliki, orang sukses selalu melakukan yang terbaik dan terus melangkah maju. Kebiasaan untuk mencar-cari alasan hanya akan membawa kita tertinggal dan susah maju. Padahal banyak yang bisa kita ambil contoh-contoh dari orang-orang yang berusaha dan menjadi sukses. Bahkan tanpa bergantung pada orang lain, tapi mereka bisa melangkah maju meraih kesuksesan yang hakikih. Jika orang lain bisa melakukan itu mengapa kita tak mampu melakukannya juga.

Semangat manusia itu dapat menangani banyak hal lebih sulit, jauh lebih banyak dari yang bisa kita pikirkan. mengapa demikian?

Secara sadar maupun tidak bahwa kita makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia. Dengan akal pikiran kita dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk. Harusnya kita yang diberikan kemampuan dapat melakukan hal yang lebih bermanfaat dan dapat menjadi panutan bagi orang lain. Terlebih bagi kita yang dilahirkan secara sempurna tanpa cacat tubuh atau fisik. Coba lihat disekitar kita atau diluar sana, mereka-mereka yang terlahir dengan kekurangan anggota tubuh, tapi mau dan bersemangat melangkah maju hingga menjadi orang-orang sukses dan terkenal.




Banyak dari kita yang memilih berada di zona aman dengan berbagai macam alasan. Jika sampai sekarang kita masih termasuk orang yang suka berada di zona aman, sebenarnya bisa saja kita termasuk golongan orang-orang yang takut akan perubahan, tantangan dan halangan yang harus kita taklukkan. Padahal kita sudah tahu bahwa takut akan hal-hal baru akan menghalangi kita meningkatkan kemampuan, mengembangkan diri dan berinovasi. Kita akan selamanya berada di tempat yang sama, pencapaian yang sama, dan nasib yang sama.

Meskipun mungkin kita merasa kekurangan suatu apapun dalam keadaan ini, tapi bukankah akan sangat membosankan jika kita harus menjalani hidup yang demikian? Tetap tinggal di zona aman akan membuat hidup kita datar dan berjalan dengan begitu-begitu saja. Tak akan ada ritme yang membuat hidup kita lebih berwarna.

Tetap tinggal di zona aman memang menghindarkan kita dari rasa khawatir akan menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti kegagalan, kesalahan, cibiran dan bermacam tantangan lainnya. Namun kita juga harus membayar keputusan untuk tinggal di zona aman dengan tidak punya perkembangan kualitas dalam diri kita. Tanpa adanya tekad untuk bergerak maju, kita akan susah berkembang.

Masalah utama yang dihadapi banyak orang yang berlama-lama di zona aman adalah tidak berani memulai. Padahal kepintaran dan keahlian tak akan berguna selama kita tidak berani melangkah maju untuk memulai. Kesuksesan besar bermula dari keberanian untuk memulai. Siapa yang berani memulai, dialah yang akan berada beberapa langkah lebih maju daripada orang-orang yang jalan ditempat. Berani masuk pada bidang yang telah dipilih, berarti sebuah langkah awal telah anda ambil.

Memang untuk memulai segala sesuatu tidak pernah mudah. Kita sering menemukan fakta bahwa tidak semua orang memiliki keberanian untuk memulai. Namun demikian, kita juga harus menyadari bahwa hanya orang-orang berani memulailah yang akan memperoleh kesuksesan itu. Jika tidak, akan menyaksikan bagaimana orang lain bergerak melaju sedangkan kita hanya jalan di tempat.



No comments:

Post a comment