Terbuka Terhadap Inovasi - Dunia Kerja

Notivasi Kerja,..


Dalam sebuah bisnis berkembang, tentu kita pernah mendengar atau mengetahui tentang inovasi. Dalam hal ini inovasi merupakan pengenalan terhadap hal-hal baru, baik berupa produk, sistem, atau apapun yang menjadikan sesuatu berbeda dari sebelumnya. Sehubungan dengan itu, inovasi adalah kunci kesuksesan bisnis. Perusahan yang tidak bisa mengembangkan inovasi akan tertinggal dari yang lain. Tidak dapat di pungkiri bahwa sesuatu yang baru memang memiliki daya tarik tersendiri dibanding produk lama, sekalipun kemampuannya belum benar-benar teruji.

Konsumen lebih senang membeli produk sepeda motor terbaru dibanding model lama. Padahal, spesifikasi mesinnya boleh jadi sama. Hanya dengan mengubah desain sedikit saja, orang lebih memilih produk baru dibanding pendahulunya. Jika perusahan motor memilih untuk terus mempertahankan model lama, sementara para pesaing sudah banyak berinovasi maka lambat laun pasti akan ditinggalkan konsumen. Masyarakat lebih tertarik pada model baru yang inovatif, meskipun desainnya masih belum sempurna.



Dalam persaingan yang kian kompetitif, inovasi menempati posisi terhormat. Inovasi menjadi kunci agar perusahan dapat bertahan dan bahkan memenangkan persaingan. Oleh karena itu, inovasi dalam hal produk, pelayanan, sistem dan berbagai aspek lainnya sangat penting bagi perusahan. Terkadang inovasi membutuhkan teknologi tinggi dan sumber daya manusia handal agar dapat melahirkan produk-produk unggulan. Secara khusus bisnis yang bergerak di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, otomotif, dan sejenisnya sangat membutuhkan inovasi untuk bersaing di era global.

Akan tetapi, inovasi sejatinya tidak harus melibatkan teknologi canggih dan pemikiran muluk. Hal yang terpenting ialah harus ada sesuatu yang baru. Kadangkala inovasi berbicara mengenai hal-hal sederhana Tidak jarang inovasi bukan menjadikan sesuatu kian canggih, melainkan lebih sederhana. Tujuan inovasi ialah membuat hidup manusia lebih mudah. Sebagai contoh, Ketika Kodak menguasai dunia dengan kamera serba canggih untuk kalangan profesional, Canon justru mengeluarkan jenis kamera saku yang menyasar masyarakat umum.  Alhasil produk Canon berhasil menguasai pasar dibanding Kodak.

Inilah pentingnya berinovasi dalam perusahan yang anda berada saat ini. Banyak inovasi yang pada awalnya disepelekan oleh publik hanya karena mereka tidak mengetahui cara menggunakannya. Namun manakala orang-orang bisa melakukannya dan membuat hidup semakin mudah, inovasi yang awalnya dianggap sebelah mata pada akhirnya menjadi kebutuhan. Handphone atau ponsel adalah contoh nyata dari hal tersebut. Setiap ponsel di masa lalu pasti menggunakan tombol pencet. Namun, Steve Job meluncurkan inovasi revolusioner dengan meluncurkan produk berlayar sentuh. Awalnya, produk buatannya dianggap susah bersaing karena mudah rusak. Pada akhirnya, kini kita bisa melihat bahwa hampir semua orang menggunakan ponsel berlayar sentuh daripada tombol pencet.




Peranan inovasi terhadap perkembangan perusahan sangat krusial. Semua korporasi berskala internasional telah menyadari bahwa keberlangsungan perusahan tergantung pada inovasi berkelanjutan dan melibatkan semua unit organisasi.
Maka dari itu, Anda seorang pemimpin di perusahan harus mampu bersikap terbuka terhadap inovasi dari karyawan. Inovasi tersebut dapat berwujud sebuah produk ataupun sistem/cara kerja baru yang menguntungkan perusahan di masa depan. Disinilah pentingnya Anda membangun budaya kreatif dari para karyawan. Sebab dengan kreatifitas, akan melahirkan inovasi.

Jika terbiasa hidup dengan visi jauh kedepan, mampu mengikuti perubahan, membayangkan dan menciptakan sesuatu yang baru, serta memiliki kemampuan berintegrasi dan berkolaborasi tinggi maka beruntunglah Anda karena telah menjadi bagian dari orang-orang kreatif.
Jadi, kunci untuk bersaing secara kompetitif terletak pada kualitas produk serta kemampuan perusahan mengantisipasi perubahan dengan cepat. Antisipasi bisa dilakukan dengan taktis bilamana Anda memiliki karyawan-karyawan kreatif yang mampu menghasilkan terobosan baru. Artinya kelangsungan perusahan bergantung pada kreatifitas, beragam terobosan serta kemampuan mumpuni dari setiap karyawan untuk menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu perusahan harus mampu mendulang terciptanya kingkungan kerja positif yang mendorong kreatifitas. Dengan demikian karyawan dapat melakukan inovasi dan memiliki respons cepat dalam menyikapi perubahan.



No comments:

Post a comment