Kecanduan Berpikir Hal Negatif - Motivasi Hidup


Apakah anda mengenal orang yang selalu berpikir negatif? Apakah anda mengenal orang yang selalu melihat sisi negatif segala sesuatu? Apakah anda mengenal orang yang menjadikan rokok, minuman keras, atau narkoba sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi?

Berpikir negatif adalah penyakit yang sangat berbahaya. Ia candu seperti narkoba dan minuman keras. Pada dasarnya kecanduan itu sendiri adalah dampak dari jiwa yang label dan negatif hingga mendorong orang berusaha menghindar darinya. Maka ia pun menuju sesuatu yang di anggap sebagai solusi. Ia mulai dengan langkah pertama, kemudian mengulanginya hingga menjadi kebiasaan. Kebiasan itu digunakan untuk lari dari berbagai masalah. Dengan kebiasaan seperti ini ia merasa bahagia. Padahal tanpa disadari, ia telah terjerumus pada kondisi yang lebih berbahaya. Semua jenis kecanduan pada rokok, minuman keras, karkoba dan lain sebagainya berakar pada pikiran yang labil atau negatif.



Jadi pikiran negatif bisa menjadi penyebab kecanduan karena seseorang yang memiliki stabilitas spiritual tidak akan berpikir untuk mencari pelarian dari persoalan hidup dengan cara seperti ini. Justru persoalan itu ia dihadapi dengan sikap positif. Untuk itu ia menerima semua pemberian dari yang Maha kuasa dan hanya kepada-Nya ia berserah diri. Maka ia kan semakin rajin beribadah, berdoa dan sabar. Ia tahu betul bahwa Sang pencipta alam jagad raya ini menyukai orang-orang yang berserah diri dan sabar. Untuk orang-orang semacam ini Sang pencipta menjanjikan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Jika kita mati, orang yang kecanduan minuman keras pada awalnya adalah hanya berpikir (gagasan) meminum minuman keras. Langkah selanjutnya ia mencoba, lalu melakukannya dengan perasaan. Perbuatan itu lantas diulang-ulang hingga menjadi kebiasaan yang ia lakukan secara otomatis karena sudah menjadi bagian dari perilakunya. Berpikir negatif pun memiliki kecenderungan yang sama dengan kecanduan. Pada awalnya hanya berpikir, lalu dilakukan berulang-ulang hingga menjadi bagian dari perilaku.

Karena perilaku mendatangkan dampak dan dibentuk oleh pikiran dasar maka pikiran negatif yang berkelanjutan akan menghasilkan perilaku negatif yang berkelanjutan. Inilah yang disebut kecanduan. Pikiran positif tidak hanya menyebabkan candu, tapi ia sendiri adalah candu yang harus diatasi.

Manusia mungkin berbuat salah, tetapi yang tidak dibenarkan adalah mempertahankan sesuatu yang negatif dan mengulanginya hingga menjadi kebiasaan.


No comments:

Post a comment