Menciptakan Suasana Kerja yang Menarik - Motivasi Kerja

Menciptakan Suasana Kerja yang Menarik


Faktor penting dalam memicu semangat kerja karyawan sudah penulis uraikan dalam artikel sebelumnya,.Dan sehubungan dengan itu penulis akan berbagi sedikit pada pembaca tentang topik Menciptakan suasana kerja yang menarik dalam lingkungan kerja. Oleh karena jika suasana nyaman, maka setidaknya kestabilan semangat kerja akan tetap terjaga, meskipun berhadapan dengan jadwal padat dan rutinitas monoton setiap hari. Sebagai seorang manajer harus memikirkan kondisi dan suasana yang membuat karyawannya kuat menghadapi dengan rutinitas di tempat kerja.

Pada dasarnya, baik manajer maupun karyawan sama-sama bekerja. Oleh karena itu, Anda sebagai manajer harus merasakan bahwa karyawan adalah manusia yang setiap hari melakukan pekerjaan yang sama. Manajer memiliki kelebihan karena bisa mengatur waktunya sendiri untuk bekerja dan mengelolah karyawannya. Dengan kata lain waktu kerjanya lebih lentur dan fleksibel. Dalam kondisi seperti itu pun, Anda masih bisa dilanda kebosanan. Maka, bagaimana dengan karyawan yang waktu kerjanya diatur secara ketat setiap harinya,.? Mereka harus tiba di perusahan Anda tepat waktu, mematuhi jam kerja, serta dibebani pekerjaan yang banyak dan monoton sehingga begitu menyita tenaga sekaligus pikiran. Mereka tentu lebih mudah terserang kebosanan, kejenuhan, hingga stres yang pasti menurunkan etos kerja.




Sehubungan dengan itu, penulis akan berbagi pada anda sebagai upaya menghilangkan kendala psikologis karyawan yang dapat menghambat motivasi kerja mereka.  Diantara konsep penting yang perlu diterapkan ialah menciptakan suasana senyaman dan semenarik mungkin di tempat kerja. Adapun yang penulis sudah siapkan diantara beberapa cara yang bisa anda lakukan, akan dijelaskan dalam uraian berikut ini.

A. Membangun Hubungan Harmonis di Tempat Kerja

Membangun hubungan harmonis di tempat kerja, baik antara sesama kolega maupun karyawan dapat membuat suasana kerja terasa menyenangkan. Dimana faktor-faktor seperti keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan serta hubungan baik antara karyawan dan atasan serta koleganya akan sangat berperan menciptakan suasana kerja menyenangkan. Selain itu juga faktor lingkungan, kesempatan mengembangkan diri, kultur perusahan, dan tugas harian menjadi faktor krusial dalam menumbuhkan rasa senang di tempat kerja. Misalnya pimpinan perusahan harus mendukung upaya setiap karyawan mencapai tujuan. Salah satunya dengan membiarkan mereka melakukan kesalahan, kemudian memperbaiki kesalahan tersebut sebagai pengalaman. Hal ini dapat menciptakan iklim kerja yang menyenangkan bagi karyawan.

B. Memberi Apresiasi kepada Karyawan

Apresiasi adalah bentuk lain dari pengakuan. Karyawan yang mendapat apresiasi dari perusahan berarti ia dihargai. Penghargaan inilah yang mendorong munculnya rasa senang dalam bekerja. Karyawan akan merasa lebih puas  dengan pemberian pengakuan akan pekerjaannya, bahkan tempat kerja akan terasa lebih menyenangkan ketika kebijakan perusahan dibuat untuk memastikan setiap orang mendapatkan apresiasi saat berhasil melaksanakan pekerjaan dengan baik.



C. Peduli terhadap Visi Bersama

Kepedulian perusahan terhadap karyawan akan turut menyumbang kebahagiaan mereka ditempat kerja. Manajer yang menghargai dan peduli terhadap sisi-sisi kemanusiaan karyawan akan membuat suasana kerja terasa nyaman dan menyenangkan. Ketika seseorang lebih dihargai sebagai manusia oleh perusahan, maka ia sudah menemukan tempat kerja yang menyenangkan. Selain itu karyawan akan melahirkan karakter pekerja saling menghargai dan peduli satu sama lain. Mereka akan selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan kolega dan saling menginspirasi sebuah visi yang mungkin dicapai bersama-sama. Oleh karena itu perusahan harus membangun suasana menyenangkan dengan menyelaraskan para karyawannya.

D. Mendesain Tempat Kerja secara Menyenangkan

Banyak perusahan yang telah mendesain kantornya secara unik agar karyawannya merasa senang di dalam bekerja. Semisal anda dapat merubah layout/tata letak ruangan kerja dengan sedikit perubahan ataupun mengganti cat ruangan yang berwarna lebih cerah untuk estetika. Ataupun bisa merubah besar-besaran bentuk kantornya sehingga tampak lebih menarik dan menyenangkan. Kantor perusahan di lengkapi area olahraga, relaksasi dengan warna-warni di berbagai sudut serta penataan ruang kerja secara unik. Hal ini dilakukan untuk menghadirkan perasaan senang bagi karyawan sehingga mendorong tumbuhnya semangat kerja.

Demikian ulasan tentang Menciptakan Suasana Kerja yang Menarik, yang dapat penulis berbagi pada pembaca dan semoga bermanfaat.




No comments:

Post a comment