CARA ATASI / HAPUS URL ERROR TAMPIL DI WEBMASTER TOOL

Tips Dan Trik

CARA ATASI / HAPUS URL ERROR (NOT FOUND 404) TAMPIL DI WEBMASTER TOOL



Dalam bahasan kali ini, penulis mengambil topik "Cara Atasi / Hapus URL Error (Not Found 404) tampil di webmaster tool. Mungkin cara ini sebagian besar para publisher sudah memahami dan dapat mengatasinya sendiri. Namun tidak salahnya bila hal ini penulis berbagi kembali pengetahuan pada sobat sekalian terlebih pada publisher pemula yang mungkin masih bingung dengan masalah yang di alaminya saat ini.

Masalah tentang topik diatas biasanya terjadi dan diketahui oleh sobat saat sobat sudah mengintegrasikan blog/situs milik sobat ke google webmaster tools, sehingga sobat mengetahui akan masalah URL Error tersebut. Hal ini bagi seorang blogger pasti bingung & panik ketika melihat report yang tampil di webmaster tool ada beberapa url mengalami error.
Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat URL situs sobat mengalami error. Namun hal ini nanti dibahas pada Tips dan Trik lain kesempatan. Dan kali ini kita fokus dulu pada brand topik diatas, biar sobat merasa lebih nyaman.




Nah,. tidak usah panjang lebar lagi, Sobat langsung penulis ajak mengikuti panduan tentang cara atasi hapus URL Error tampil di webmaster tool dibawah ini dengan panduan gambar secara lengkap,biar sobat lebih memahami lebih detail dan memudahkan tiap langkah demi langkah.

1. Silahkan sobat sekalian Login ke https://www.google.com/webmasters/tools lalu klik url blog sobat yang sebelumnya sudah terintegrasi ke webmaster tool



2. Kemudian Sobat klik tombol "Crawl Errors"



3. Lalu sobat klik tombol "Not Found" untuk melihat URL yang error atau tidak bisa dibuka



4. Tarik Scroll kebawah, lalu klik salah satu link error yang sobat ingin hapus



5. Sobat akan dialihkan ke tampilan seperti gambar dibawah ini, kemudian klik kanan URL tersebut dan pilih "Salin Alamat Tautan" (Jika Browser sobat bahasa inggris pilih (Copy Link Location), Kemudian Sobat lanjut Klik Cancel.




6. Sobat Lihat menu di sebelah kiri, pada Google Index, Lalu sobat klik "Remove URLs"




7. Lanjut klik tombol "Temporary hide" dan masukkan atau paste URL (yang tadi di copy) ke dalam kotak sesuai gambar dibawah ini, jika sudah Sobat klik tombol "Continue"




8. Setelah itu sobat akan dialihkan pada tampilan seperti gambar dibawah ini, kemudian pada Request type pilih "Temporarily hide page from search result and remove from cache" lalu sobat klik "Submit Request"




9. Sesudah sobat mengklik Submit Request ,Maka URL error tadi akan berstatus pending. Sobat tidak usah kwatir karena hal ini membutuhkan waktu untuk dihapus oleh webmaster tool.
Selanjutnya sobat masuk lagi ke menu "Crawl Errors"




10. Lalu klik URL yang barusan tadi di submit request untuk dihapus



11. Selanjutnya klik tombol "Mark as fixed" sebagai penanda URL Error tersebut telah diperbaiki



12. Maka akan tampil Mark this error as fixed? Dan sobat langsung klik "Ok"




13. Sampai disini sobat sudah selesai mengeksekusi URL Error tersebut sehingga URL Error tadi sudah di hapus dari webmaster tool.

Bila masih ada URL lainnya milik sobat terdeteksi mengalami Error, Silahkan lakukan seperti langkah-langkah tadi di atas.
Itulah cara mengatasi/hapus url error tampil di webmaster tool, dan semoga bermanfaat untuk dipraktekan oleh sobat sekalian.




No comments:

Post a comment