Kehidupan masa lalu dapat merubah hidupmu

Kisah Inspiratif

Kehidupan masa lalu dapat merubah hidupmu


Pernahkah anda ketika dalam kesendirian merenungi atau memikirkan kehidupan anda di masa-masa yang lalu.?
Apakah anda merasakan itu suatu kebahagiaan atau mungkin penderitaan yang kelam.?
Anda tentu punya jawaban tersendiri, dan yakin setiap orang melewati masa kehidupannya berbeda-beda,Bukan..?

Saya pernah bertanya pada seorang guru saya, "Apa yang paling mempengaruhi hidup anda?" Jawabannya sangat mengesankan.
Ia bilang, "Aku adalah aku yang sekarang ini dengan segala apa adanya. Segala yang terjadi di masa lalu telah berakhir. Aku tidak menggunakan masa laluku untuk diterima oleh masyarakat."  Lalu saya katakan padanya, "Bukankah masa lalu bagian dari kehidupan kita?"
Ia menjawab, "Ya, tapi itu sudah berlalu dan saat ini sudah tidak ada lagi. Jika anda hidup di masa lalu, anda akan menderita."





Kemudian Ia mendekati saya dan berkata, "Sekarang aku ingin bertanya kepadamu : Apakah mobil bisa berjalan dengan bahan bakar yang kemarin?"
Saya jawab, "Tentu tidak. Karena mobil dapat berjalan dengan bahan bakar yang saya isikan hari ini. "Selanjutnya Ia bertanya lagi, "Apakah pesawat bisa terbang dengan bahan bakar yang kemarin?" Saya jawab tegas, "Tidak, karena sudah habis." Lalu ia berkata, "Semua itu sama dengan masa lalu
yang dilewati manusia. Masa lalu hanya meninggalkan pengalaman,keahlian,ilmu dan ketrampilan dan lain-lain sebagainya. Namun banyak orang hidup di masa lalu meski dengan pengalaman yang negatif. Sekarang ia tetap menanggung kesedihan, padahal peristiwa menyedihkan itu terjadi di masa lalu. Jika pengalaman masa lalu itu bersifat positif dan membahagiakan,lalu seseorang membanding-bandingkannya dengan kondisi dirinya di saat ini, ia akan merasa sedih."

Kemudian Ia menatap mata saya dan berkata, "Manusia tidak dapat hidup di masa lalu, tetapi pikiran dan perasaannya dapat membawa kesana. Jika itu dilakukan, ia akan merasakan apa yang dirasakan di masa lalu. Jika yang ia rasakan pengalaman negatif maka semakin menumpuk dan menguat menggerogotinya. Karena itu, jika anda benar-benar ingin bahagia, jadilah diri anda saat ini."




Ucapan guru saya sangat filosofis. Saat itu memang saya tidak paham betul, tapi saya tidak melupakannya. Kata-kata itu saya tulis dalam separuh kertas dan saya lipat rapih kemudian saya simpan dalam laci dompet. Kurang lebih tiga tahun, laci dompet itu saya buka dan membacanya kembali, saya takjub pada kekuatan informasi yang di kandungnya. Saya semakin berhat-hati dalam menyikapi masa lalu. Saya ingat dengan sebuah pepatah mengatakan, "Seorang guru akan datang ketika mutid-muridnya sudah siap."

Itulah sebabnya di awal saya bertanya pada anda pernahkah anda memikirkan masa lalu. Sebenarnya kita pernah melakukan itu. Sebagian besar masalah yang dihadapi manusia bersumber pada masa lalu dan masa depan. Keduanya tidak berwujud.
Masa lalu sudah berakhir, jika dapat menarik pelajaran dari masa lalu maka anda akan pandai menyikapi kehidupan. Jika tidak, maka anda akan terpenjara oleh perasaan negatif yang ada dalam ingatan. Jika anda putuskan untuk hidup di masa yang akan datang, andapun akan terpenjara oleh keraguan dan kebimbangan.

Saya contohkan pertanyaan lain : "Maukah anda menumpang taksi yang sopirnya melihat ke belakang,.?" Tentu saja tidak. Mengapa? sebab akan menabrak apapun yang di depannya. Begitulah gambaran orang yang hidup di bawa bayang-bayang masa lalu, Ia akan membentur perasaan-perasaan
negatif. Hari-hari hidupnya akan sia-sia ditelan fatamorgana pikiran.

Oleh sebab itu gunakan masa anda saat ini dengan pemikiran positif & jadikan diri anda saat ini adalah orang-orang yang selalu memandang kedepan yang dapat merubah kehidupan dengan penuh kebahagiaan. Karena sesuatu yang ada di masa depan hanya anda yang dapat menentukan pilihan.




No comments:

Post a comment