Gambaran singkat penuh Inspirasi dan Motivasi tentang Lomba Panjat Pinang

"Lomba Panjat Pinang"

Hampir di seluruh bumi nusantara indonesia setiap menjelang  hari kemerdekaan RI sering kali menggelar acara yang menghibur bagi masyarakat dengan berbagai lomba yang disiapkan para panitianya. Salah satu contoh kongkrit di daerah/kampung saya.
Sudah rutin setiap tahunan acara ini digelar di daerah/kampung saya hingga berlarut malam,bahkan sampai besok harinya.
Para peserta lombapun disiapkan panitianya sangat variatif, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Tak heran jika acara ini banyak mengundang simpati warga kampung untuk menyaksikan lomba demi lomba di gelar hari itu. Apalagi hadiah yang disiapkan sangat menggiurkan serta tanpa dipungut biaya pendaftaran alias gratis bagi pesertanya.
Namun ditengah meriahnya acara ini,tak sadar kita bahwa setiap lomba yang kita lihat bahkan kita terlibat langsung didalam lomba tersebut ternyata banyak mengandung makna yang mendalam dengan kehidupan saat ini di bumi nusantara indonesia.

Salah satu lomba,yang banyak menyita perhatian warga adalah "Panjat Pinang".

Anda pasti tahu dengan lomba yang satu ini, bukan..!?
Ya,..!!! lomba ini dimana sebuah batang pohon pinang berdiri kokoh cukup tinggi,yang sudah di lumuri fat oil pada bagian batangnya serta bagian atas dari pohon pinang tersebut di hiasi banyak hadiah menarik yang disiapkan oleh panitia lomba. Bahkan aturan lomba pun sudah ditetapkan oleh panitia perlombaan.
Dimana para peserta lomba dibagi oleh panitia dalam beberapa team pemanjat & setiap team terdiri kurang lebih 3 sampai 4 orang, serta di berikan waktu 10 menit pada masing-masing team untuk berusaha memanjat. Dan bagi team yang kehabisan waktu memanjat, akan bergilir ke team pemanjat berikutnya dan seterusnya hingga berhasil memanjat.
Ini adalah aturan dalam lomba panjat pinang yang ditetapkan panitia lomba, yang saya ketahui.






Dari lomba ini terlihat masing-masing team menunjukan strategi untuk berusaha mendapatkan hadiah yang disiapkan panitianya. Mulai dari membentuk pandasi yang kokoh hingga susunan menjulang dan tak peduli meski saling injak rekan dibawahnya hanya untuk mendapatkan hadiah. 

Inspirasi dari Lomba Panjat Pinang :

Dalam hidup ini banyak hal yang ingin kita raih untuk mercapai kesuksesan. Sama seperti lomba panjat pinang tadi. Namun tak sedikit orang mengalami kegagalan akan hal tersebut. Sehingga banyak cara pun dilakukan orang berdasarkan pertimbangan pikirannya untuk terus mencapai
kesuksesan tersebut. Salah satunya melalui kerjasama yang dibangun secara team. Hal ini tentu akan memudahkan langkah mereka untuk berada pada tingkat kesuksesan meskipun banyak rintangan yang dihadapi. Tapi hal yang penting dari itu semangat dan introspeksi diri harus terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab melalui semangat dan melakukan perubahan diri untuk bangkit akan membawa hasil sesuai apa yang kita harapkan.

Anda Bertanya Bagaimana kalau Saya tidak ingin bekerjasama...?

Pertanyaan ini tentu ada dalam pikiran anda. Dengan alasan Saya tidak ingin orang lain membantu saya dalam meraih apa yang saya inginkan.
Jawabannya Tentu saja boleh Anda melakukan hal itu tanpa bantuan orang lain, dalam arti Anda ingin berusaha dengan cara anda sendiri. Karena realita banyak orang diluar sana bisa meraih apa yang diharapkannya. Misalnya pangkat, jabatan, kedudukan dan lain-lain.

Tapi perlu di ingat setiap usaha yang kita lakukan untuk mencapai apa yang kita harapkan tentu akan sangat mengurus energi, pikiran serta waktu. Oleh karena itu semua harus melalui proses. Terlebih dari itu mendapat ridho dari yang Maha Pencipta alam ini.
Bukan hanya itu saja, terkadang pula banyak orang diluar sana untuk mendapatkan apa yang dinginkannya malakukan tindakan dan cara-cara yang bertentangan dengan norma hukum yang ada bahkan sampai melanggar hukum Sang Pencipta Alam Semesta ini.

"Melalui usaha yang dilandasi semangat untuk bangkit serta Doa,. Niscaya apa yang ingin kita gapai akan sempurna di suatu saat".

Demikian ulasan tentang Inspirasi hidup dari gambaran perlombaan Panjat Pinang yang sering kali kita tonton di acara memeriahkan hari Kemerdekaan Republik indonesia. Dan masih banyak lomba lainnya yang kita tonton dalam acara tersebut yang sungguh sangat memberi inspirasi hidup
bagi kita tanpa kita sadari.


No comments:

Post a comment