Belajarlah Dari Setiap Kejadian, Baik Suka Maupun Duka.



Coba perhatikan sebagai manusia kadang kita ini lucu, disaat sebuah kejadian yang tidak sesuai dengan seperti apa yang kita harapkan kita sering sekali berandai-andai seakan setiap kejadian yang telah berlalu itu bisa kita ubah sesuai dengan apa yang di inginkan...!
Terkadang juga kita sering berandai-andai dalam fikiran "Coba kalau saya begini tadi pasti kejadiannya begini atau kalau saya begitu pasti kejadiannya begitu pula", dan banyak lagi andai-andai yang lain dalam benak kepala kita. Ini sama saja dengan sesudah berkelahi baru kita teringat silat...Hahaha...percuma saja teringat silat kalau wajah kita sudah bonyok.......

Sebenarnya semua ini adalah sebuah bentuk penolakan kita atas kebijakan TUHAN. Mungkin kita beranggapan kalau kita bisa menentukan setiap kejadian yang akan kita alami, mungkin kita tak menyadari kalau setiap kejadian yang kita alami memang harus terjadi karena itu adalah sebuah ketentuan TUHAN terhadap kita baik suka maupun duka...!
Ya mungkin disaat sesuatu yang terjadi sesuai dengan apa yang kita rencanakan berarti itu kebetulan apa yang kita rencanakan selaras dengan apa yang direncanakan TUHAN terhadap kita dan disaat apa yang kita rencanakan tidak terjadi berati rencana kita tak selaras dengan apa yang direncanakan TUHAN terhadap kita, sebab apa yang terjadi terhadap kita tetap selalu yang direncanakan TUHAN baik buat kita. Sebab TUHAN lebih tau apa yang terbaik buat kita...!
Mungkin disaat kejadian berlangsung kita belum bisa melihat nilai baik dari setiap kejadian itu sendiri sebab mungkin kita disaat itu masih terbawa perasaan kita sendiri, tapi yakinlah disuatu saat nanti kita pasti bisa melihat nilai baik dari setiap kejadian yang pernah kita alami...!




Disinilah sebenarnya kita dituntut untuk berserah diri. Berserah diri disini dimaksudkan adalah harus total dengan pasrah dan ikhlas menerima setiap kejadian sebagai ketentuan TUHAN terhadap kita...
Hendaklah kita menerima setiap kejadian sebagai sesuatu yang memang harus terjadi, baik suka maupun duka segalanya harus diterima dengan lapang dada serta syukur tanpa disertai prasangka dan andai-andai tanpa keluh kesah setelah itu....!
Sebab andai-andai dan keluhan kita hanyalah sebuah bentuk penolakan dan keraguan kita atas kebijakan TUHAN terhadap kita....!
Disini kita juga harus menyadari tak ada satupun kejadian didunia ini yang kebetulan tanpa seizin TUHAN. Semua yang terjadi pada kita adalah demi kebaikan kita juga, sebab TUHAN lebih tau apa yang kita butuhkan akan hal yang terbaik buat kita, dan menjadikan kita pribadi yang tangguh, mandiri serta dewasa....
Mungkin dengan berserah diri secara total seperti ini, bisa membuat kita menerima setiap kejadian baik suka maupun duka dengan penuh syukur dan lapang dada....
Oleh karena itu, belajarlah dari setiap kejadian, baik suka maupun duka. Sebab dari setiap kejadian pasti ada pesan hikmah dari TUHAN buat kita renungi....!

Semoga bermanfaat.....!


No comments:

Post a comment