Konflik yang Sering Muncul dalam Persahabatan dan Solusinya



Dalam dunia persahabatan sering kali kita mengalami konflik atau masalah. Entah itu konflik yang di timbulkan karena hal yang sepele ataupun hal yang rumit sekalipun. Hal ini tentu saja wajar bagi kita. Karena pada prinsipnya tak ada seorang pun yang tak pernah bertengkar, meskipun sebatas tidak mengajak bicara sahabatnya ataupun memendam rasa kecewa.
Nah, berikut ini penulis berbagi hal yang menjadi contoh sering terjadi dalam persahabatan serta solusi ataupun penyelesaiannya.

A. Sahabat Anda mulai sering meninggalkan Anda karena terlalu sibuk.

Kerenggangan hubungan dalam persahabatan ini tergolong permasalahan yang sering terjadi. Salah satu bentuk kerenggangan hubungan, misalnya sahabat Anda mulai sering melupakan janji-janji untuk bertemu karena kesibukan aktivitas yang dilakukannya. Tentu saja hal ini bukanlah masalah sederhana dalam sebuah persahabatan. Dua sahabat yang semula selalu bersama dalam suka maupun duka, kini mulai terpisah dan saling menjauh. Dari fenomena tersebut masalah yang tampak kecil ini dapat mengancam persahabtan kalian.

Apakah kalian pernah atau bahkan saat ini sedang mengalaminya? Bila ya, jangan khawatir. Masalah itu dapat diselesaikan dengan baik. Solusinya yang tepat dan terbaik untuk mengatasi hal semacam ini adalah dengan menunjukkan isi hati, yakni rasa kecewa terhadap tindakan sahabat Anda yang mulai tidak memiliki waktu luang bersama Anda atau sering melupakan janji. Kemudian, mintalah ia untuk lebih bisa dipercaya jika membuat janji. Dengan cara ini, persahabtan kalian tidak akan putus dan masalah yang kalian hadapi akan selesai.




Apakah semudah itu saja? Ya,.secara prinsip memang demikian. Jadi, untuk menyelesaikan masalah yang dianggap rumit tidak harus memikirkan secara berat atau muluk-muluk. Solusi sederhana terkadang sangat ampuh mengatasi masalah yang sangat rumit sekalipun. Akan tetapi bagaimana bila cara itu gagal? Anda harus tenang karena masih ada seribu cara yang biasa Anda terapkan. Anda tinggal pintar-pintar menemukan pilihan yang paling tepat dan manjur. Bila pilihan pertama gagal, maka coba opsi kedua. Begitupun seterusnya. Intinya, dalam penyelesaian masalah, Anda harus membuat banyak rencana, berusaha dan tak putus asa.

Cara lain yang dapat Anda lakukan ialah melibatkan pihak ketiga. Tentunya, sahabat Anda tidak hanya dengan Anda saja,bukan? Ia pasti memiliki sahabat selain diri Anda. Mungkin sahabat lain itu jauh lebih dekat dengannya dari pada Anda. Disini Anda dapat melibatkan sahabat lain untuk menjembatani penyelesaian persahabatan kalian. Namun perlu di ingat sebagai catatannya, Anda harus selektif dalam memilih pihak ketiga dalam membantu penyelesaian masalah persahabatn Anda. Jangan sampai ia justru melakukan hal-hal yang justru memperburuk masalah. Maka dari itu, carilah pihak ketiga yang benar-benar tulus dan ikhlas membantu Anda.

B. Anda mulai jarang berkomunikasi dengannya.

Intensitas komunikasi menjadi salah satu masalah hubungan persahabatan Anda mulai berkurang. Misalnya pada mulanya komunikasi kalian begitu akrab dengan panggilan yang khas, yaitu bukan menyebut nama. Namun, dalam beberapa waktu terakhir, komunikasi diantara kalian mulai jarang sekali dan panggilan akrab tersebut kini sudah berkurang. Selain jarang berkomunikasi, kalian juga mulai sulit menyempatkan waktu untuk bertemu. Jangan biarkan hal tersebut terus berlanjut karena bisa membuat persahabatan kalian benar-benar berakhir.

Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Setiap hubungan ada kalanya mengalami masa-masa konflik. Bila di ibaratkan, hubungan itu seperti roda yang berputar, kadang diatas terkadang dibawah. Untuk mencegah rusaknya hubungan yang lebih parah, Anda perlu menyadari dan memahami hal-hal yang sebenarnya membuat hubungan persahabatan kalian diwarnai konflik. Oleh karenanya Jangan bersikap acuh tak acuh apalagi mengabaikan sahabat Anda. Sikap acuh dan tak peduli justru akan semakin merusak persahabatan.
Demi persahabatan kalian tetap langgeng, jangan malu untuk mengungkapkan masalah kepada sahabat Anda. Setidaknya Anda memulai untuk berkomunikasi terlebih dahulu. Inilah cara terbaik dalam menyelesaikan masalah kerenggangan komunikasi antara kalian berdua.




C. Anda memperkenalkan teman Anda kepadanya, kemudian Ia malah melupakan Anda.

Nah, masalah ini sedikit parah lagi. Sebagai contoh, Anda memperkenalkan sahabat Anda kepadanya, kemudian pada waktu tertentu mereka membuat rencana pergi bersama tanpa melibatkan Anda. Tentu Anda sakit hati saat mengetahui hal itu, bukan? Anda merasa ditikam dari belakang dan berpikir sahabat Anda adalah musuh dalam selimut. Namun sebelum berburuk sangka dan hubungan persahabatn Anda semakin terpuruk, ada baiknya Anda mencari solusi atas masalah ini.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah tetap mempertahankan salah satu dari sahabat atau teman Anda. Apakah Anda akan tetap bersahabat dengan sahabat Anda ataukah melepaskannya? Semua pilihan ada di tangan Anda. Sebaiknya, Anda mempertahankan sahabat Anda melepaskan teman. Selain itu, Anda juga harus koreksi diri Anda sendiri. Sebab, keputusan sahabat Anda untuk tidak mengajak Anda dalam rencananya didasari alasan tertentu. Boleh jadi, sahabat Anda beralasan ada sifat dalam diri Anda yang tidak mereka sukai. Begitu pula sangat mungkin salah satu dari mereka merasa kurang nyaman bila Anda ikut di ajak dalam rencana itu. Jadi, selain memilih, Anda juga harus mengintrospeksi diri Anda sendiri.

D. Sahabat memanfaatkan diri Anda untuk kepentingan pribadi.

Wah, maslah ini lebih parah lagi jika Anda pernah mengalaminya. Patut dicermati bahwa seseorang yang suka memanfaatkan sahabatnya untuk kepentingan diri sendiri bukan termasuk sahabat sejati. Ia lebih tepat disebut sebagai teman biasa. Sebagai contohnya, saat Anda sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah, kuliah atau tugas kantor, tiba-tiba sahabat Anda menelpon dan meminta Anda untuk datang ke rumahnya. Anda pun tak bisa menolak karena seakan-akan ada hal penting yang mendesak. Akhirnya, Anda meninggalkan tugas-tugas tadi dan pergi ke rumahnya. Saat tiba di rumahnya ternyata tidak ada sesuatu yang penting sama sekali. Sebab, sahabat Anda hanya mengajak Anda main game. Bukankah hal ini menunjukkan bahwa sahabat Anda telah memanfaatkan diri Anda demi kepentingan pribadinya? Akibatnya, tugas-tugas Anda yang tadi seharusnya sudah selesai dikerjakan menjadi terbengkal.

Baca Artikel ini : Dampak Menunda-nunda Pekerjaan.

Lantas, apa yang harus dilakukan bila masalah semacam ini menerpah Anda? Sebelum mendatangi sahabat Anda, ada baiknya menanyakan kepentingannya lebih dahulu. Bila sahabat Anda tidak menjawab atau terkesan menutupi, kemungkinan besar Ia sedang berbohong. Sampaikan penolakan dan berikan pengertian bahwa Anda sedang sibuk dengan tugas-tugas Anda. Seorang sahabat seharusnya dapat memberi kebaikan kepada sahabatnya, dan bukan malah menjerumuskan pada keburukan.

Baca Artikel ini : Hal Buruk Terjadi Bila Bekerja Tanpa Fokus

Demikianlah beberapa contoh masalah yang sering terjadi dalam hubungan persahabatan dan solusinya. Selain beberapa contoh tadi diatas, masih ada banyak masalah lain yang sering terjadi di dalamnya.  Hal yang patut di waspadai adalah tidak jarang suatu masalah sanggup memutuskan hubungan persahabatan. Agar hal itu tidak terjadi pada Anda, percayalah bahwa pasti ada solusi untuk menyelesaikan setiap masalah hidup.



No comments:

Post a comment