KETEKUNAN Kunci Sukses Yang Tak Tergantikan



Ketekunan mungkin sudah bukan lagi sepenggal kata istimewa bagi kebanyakan orang. Namun dibalik kata ini tersirat satu kekuatan yang sangat luar biasa, dan bukan sekedar kata dengan makna kosong saja. Sungguh, ketekunan merupakan suatu hal yang sangat dahsyat terutama berhubungan dengan upaya dan usaha meraih kesuksesan. Berkat ketekunan, kita bisa menggapai apa yang ingin dicapai. Berkat ketekunan badai pun tak terasa menghalangi perjalanan hidup meraih impian.

Ada sebuah ungkapan dari seorang tokoh dunia dengan kalimatnya berkata "Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang dapat mengganti ketekunan. Bakat tidak akan menggantikannya, tidak ada yang lebih biasa daripada orang berbakat yang tidak sukses. Kepintaran juga tidak bisa. Orang-orang pintar yang tidak bisa mendapat penghargaan adalah sebuah pepatah. Pendidikan juga tidak bisa. Dunia ini penuh dengan kegagalan bagi mereka yang berpendidikan. Ketekunan dan kebulatan tekad itulah kekuatan besar".




Kata-kata bijak Calvin Coolidge diatas secara tegas mengisyaratkan arti penting dari sebuah ketekunan. Bahwa ketekunanlah yang sangat berperan dalam kesuksesan. Ini bukan berarti kepandaian tidak penting, juga bukan berarti bakat dan pendidikan tidak berguna. Semua yang disebut diatas adalah baik. Akan tetapi, tanpa ketekunan, kesuksesan tak akan dapat diraih oleh mereka yang hanya mengandalkan bakat atau pendidikan semata.

Kepandaian, bakat dan pendidikan terbukti seringkali tidak bisa menjamin kesuksesan. Ketekunanlah yang lebih menentukan kesuksesan. Seseorang yang memiliki kepandaian biasa namun ia tekun, bisa mengalahkan orang yang lebih pandai namun tidak memiliki ketekunan. Begitu juga dengan seseorang yang tekun meski tidak memiliki gelar apapun, bisa mengalahkan mereka yang berpendidikan tinggi dengan sederet gelarnya.

Sebelum lebih jauh membicarakan kekuatan dahsyat dibalik ketekunan, ada baiknya kita mengetahui secara lebih mendalam apa sebenarnya ketekunan itu? Banyak tokoh motivator ulung menyebut ketekunan adalah tidak putus asa, tidak patah semangat, tidak berhenti dalam perjalanan, dan tidak berhenti sebelum mencapai apa yang di inginkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketekunan adalah kebulatan tekad dengan semangat membara yang pantang menyerah. Orang yang tekun sulit terkalahkan bahkan untuk dibuat gentar sekalipun mereka memiliki ketahanan hati dan daya juang yang tinggi. Mereka tidak mudah patah arang menghadapi tekanan. Mereka tidak mudah mundur dalam menghadapi serangan serta tidak mudah lari dari medan pertempuran. Mereka yang benar-benar tekun tidak akan menyerah sebelum memenangkan di medan perang.

Jalan menuju sukses itu tentu bukanlah jalan yang mulus tanpa aral sedikitpun. Justru sebaliknya jalan sukses penuh dengan ranjau, duri dan jebakan lainya. Menapaki jalan itu dibutuh ketahanan yang benar-benar kuat, karena tanpa ketahanan, seseorang akan sulit mengayunkan langkah maju kedepan. Oleh karenanya ketekunan menjadi bekal ampuh untuk melewati jalan sulit itu. Dengan demikian kita memiliki tameng untuk menghadapi segala rintangan. Rintangan pada dasarnya bukan untuk dihindari, tetapi dihadapi. Setapak demi setapak rintangan inilah yang akan mengantarkan kita menuju kesuksesan yang kita impikan. Semakin jauh kita melangkah, semakin berat rintangan yang harus dihadapi. Akan tetapi kita tidak perlu khawatir. Semua rintangan itu tidak akan terasa berat jika kita memiliki ketekunan. Dengan ketekunan membuat kita kuat dan mampu menghadapi semuanya dengan tegar. Pada gilirannya, imbalan besar dari ketekunan akan kita telan manisnya kesuksesan.





Dahsyatnya Sebuah Ketekunan

Berkaca dari pengalaman orang-orang sukses, tidaklah berlebihan jika ketekunan dianggap sebagai kunci sukses yang tak tergantikan. Banyak kisah-kisah pengusaha sukses yang berhasil merintis bisnis dan usahanya dari nol karena ketekunan mereka dalam menghadapi pasang surutnya usaha. Mereka tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, tiadanya modal usaha, penolakan orang lain, cercaan, sinisme ataupun pesimisme yang diungkapkan orang lain yang meragukan kemampuan mereka.

Kata orang bijak, tidak ada ketekunan yang berbuah masam. Setiap upaya kita, apabila disertai ketekunan pasti membuahkan hasil yang memuaskan. Pengalaman banyak orang telah membuktikan bahwa kurangnya ketekunan merupakan kelemahan utama dalam mencapai kesuksesan.
Lalu dari sini muncul pertanyaan, mengapa ketekunan memiliki kedudukan yang istimewa bagi keberhasilan? Bagaimana ketekunan mampu membantu kita meraih kesuksesan?

Ketekunan menjadi kunci sukses karena ketekunan membantu kita memenuhi syarat sebuah kesuksesan. Syarat kesuksesan itu seperti yang tertuang dalam sebuah peribahasa "Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit". Maksud peribahasa tersebut adalah segala sesuatu yang besar terbentuk dari sesuatu hal yang kecil dan terakumulasi. Gedung tinggi yang menjulang berdiri dari lantai demi lantai. Tembok yang kokoh tersusun dari bata demi bata. Bata itu sendiri terbuat dari kumpulan butiran tanah. Sama halnya dengan gambaran tadi, kesuksesan yang besar dibangun dari sesuatu yang kecil secara rutin dan tidak ada yang instan. Kesuksesan harus dibangun dari hal kecil yang dilakukan secara terus-menerus.


Nah, untuk bisa konsisten melakukan hal-hal kecil itu, kita memerlukan ketekunan. Ketekunan membuat kita bisa membuang rasa bosan, stres, kemalasan, dan berbagai hal lainnya yang menghalangi. Hanya dengan melakukan sesuatu penuh ketekunanlah segala sesuatu bisa memberikan hasil terbaik. Sebetulnya kesuksesan itu membutuhkan proses. Namun sayangnya banyak orang yang ingin menggapai kesuksesan tidak mau menjalani proses yang ada. Kehidupan modern yang serba instan terkadang membuat kita lupa bahwa segala sesuatu membutuhkan proses. Manamungkin kita dapat menikmati buah durian yang lezat sehari setelah kita menanam bijinya. Bukankah kita harus memupuk, menyiram serta merawatnya dengan baik sehingga biji tersebut dapat tumbuh menjadi pohon dan berbuah lebat?



No comments:

Post a comment