KREATIF ADALAH MODAL MENCAPAI TUJUAN KESUKSESAN



Pembaca yang budiman, pada artikel sebelumnya kita sudah banyak membahas topik penting mencapai tujuan kesuksesan. Dan pada kesempatan ini penulis menambahkan satu lagi modal penting mencapai tujuan sukses yakni Kreativitas. Hal ini dikatakan sangat penting bagi penulis sendiri, karena dengan kreativitas yang dimiliki bagi seseorang bisa menjadi senjata ampuh menuju keberhasilan, asalkan konsisten dalam mengembangkannya dalam diri.

Kreativitas adalah daya ungkit menuju keberhasilan

Sebagaimana fungsi pengungkit, kreativitas bisa membuat sesuatu lebih mudah, lebih enteng, lebih cepat, lebih menarik, lebih baik dan lebih lebih lainnya. Hampir setiap hal dalam kehidupan kita, kreativitas menjadi kata kunci untuk kesuksesan. Bagi seorang karyawan kreativitas dapat membantu meningkatkan kemampuanmelakukan tugas-tugas yang diberikan. Karyawan yang kreatif akan selalu hadir dengan gagasan-gagasan baru hingga ia dapat melaksanakan aktivitasnya dengan efektif dan efisien. Bagi seorang guru, kreativitas dapat membantunya mencari metode yang tepat dalam mendidik anak muridnya sehingga materi-materi yang diajarkan terserap dengan baik. Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, kreativitas membantunya meraih prestasi yang cemerlang. Bahkan bagi sebuah bangsa kreativitas memiliki manfaat luar biasa demi kesejahteraan kita bersama.




Jalan Sukses itu Bukan Hanya Satu, Tapi Bercabang-cabang dan Semuanya akan Berujung pada Kesuksesan

Orang-orang yang kreatif akan bisa melihat cabang-cabang jalan kesuksesan tersebut dengan mudah dan tidak terpaku pada satu jalan saja. Dengan begitu potensi kesuksesan akan menjadi lebih besar. Pikiran yang kreatif akan membuat kita menemukan jawaban dari setiap masalah dengan cepat. Dengan kreatif, aktifitas yang banyak membutuhkan waktu satu tahun, mampu terselesaikan dalam waktu satu bulan.

Manfaat Kreativitas

Sebelum dijelaskan manfaat kreativitas itu sendiri, berikut ini penulis mengambil sebuah contoh cerita dari seorang penjual bakso yang dapat menjadi referensi akan manfaat kreativitas itu sendiri.
"Kala itu ada seorang penjual bakso keliling yang kesal karena dagangan baksonya tidak laku-laku. Suatu saat terpikir ide gila dalam pikirannya, yaitu keliling dengan mendorong gerobak yang tak ada baksonya. Tiap kali ada yang mau beli dagangan baksonya, ia selalu bilang baksonya sudah habis. Hari berikutnya juga begitu. Meski banyak yang penasaran dan ingin beli baksonya, ia selalu bilang sudah habis. Hal ini dilakukannya selama dua minggu. Selepas dua minggu, penjual bakso gerobak tersebut mulai berjualan bakso dengan benar-benar membawa gerobak berisi bakso. Hasilnya dagangan baksonya laris manis".

Cerita tukang bakso diatas merupakan gambaran dan bagaimana upaya kreatif mampu membuat sebuah terobosan dalam penyeesaian masalah. Kreatif dalam cara berpikir membantu kita menghasilkan lompatan jauh dalam mencapai sesuatu yang di inginkan. Kreatif itu punya pengertian yang sangat luas. Kreatif tidak hanya berupa menciptakan atau menemukan sesuatu yang baru yang sama sekali berbeda dengan yang sudah ada. Nyatanya akan sulit sekali menciptakan sesuatu yang benar-benar baru. Hampir semua hal merupakan inovasi dan pembaharuan dari yang sudah ada. Kreatif juga erat kaitannya dengan memunculkan alternatif-alternatif. Dengan berpikir kreatif kita tidak hanya terpaku pada satu alternatif saja. Dengan berpikir kreatif kita dapat membuka kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dimasa depan, sehingga kita juga memiliki alternatif-alternatif cara menghadapi dimasa depannya. Berpikir kreatif juga memudahkan kita untuk melihat dan bahkan menciptakan peluang yang menunjang keberhasilan kita. Seringkali alasan seseorang tidak bertindak adalah karena tidak ada peluang. Padahal sesungguhnya peluang selalu ada didepan kita. Tinggal apakah kita jeli melihatnya atau tidak. Bahkan kalupun peluang itu tidak ada, kita dapat menciptakan peluang asal kita mau berpikir kreatif.




Berpikir dari Sudut yang Berbeda

Salah satu cara untuk melatih kreatif adalah dengan mengubah sudut pandang. Mengubah sudut pandang berarti kita sedang memperluas kemungkinan untuk melihat sesuatu yang tak terlihat sebelumnya. Strategi mengubah sudut pandang lebih dikenal dengan sebutan out of the box yang artinya cara berpikir keluar dari aturan-aturan kaku, membesarkan daya imajinasi untuk menemukan alternatif.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita cenderung berpikir secara sempit. Kita seringnya memusatkan perhatian secara mendalam pada satu sasaran dan mempersempit pilihan kita untuk memperoleh solusi lain. Jarang sekali kita berhenti sejenak dan memikirkan sudut pandang yang berbeda terhadap sesuatu. Padahal dengan mengambil sudut pandang yang berbeda, kita akan mampu melahirkan berbagai macam gagasan baru. Kita memperluas garis batas pemikiran dan membiarkan imajinasi kita menghasilkan begitu banyak kemungkinan yang berbeda, termasuk gagasan-gagasan yang liar dan tidak masuk akal.

Berpikir out of the box adalah pemikiran yang tidak konvensional, tidak populer, kadang menggelikan dan aneh. Namun teknik berpikir semacam ini merupakan keahlian yang amat penting dan tidak banyak dikuasai oleh sebagian besar orang. Lawan dari berpikir out of the box adalah Inside the box diartikan sebagai cara berpikir secara umum, normal dan rutin.  Orang yang seperti ini adalah orang yang membatasi dirinya dalam berpikir. Mereka biasanya percaya bahwa setiap masalah hanya memerlukan satu solusi, merumuskan lebih dari satu kemungkinan alternatif solusi hanyalah buang-buang waktu.




No comments:

Post a Comment