SUKSES ITU MUTLAK DIPEROLEH SETIAP ORANG, ASALKAN...?



Pengunjung setia blog jallyjunkiez.com, dalam kesempatan kali ini penulis akan membahas topik sukses itu mutlak diperoleh bagi setiap orang. Topik ini sangat penting diketahui bersama,agar apa yang telah kita rencanakan dalam menggapai kesuksesan dapat terwujudkan di kemudian hari. Memang sebagian orang ada yang ingin sukses dengan cara yang cepat. Maunya sehari, dua hari bekerja dan selanjutnya tinggal ongkang-ongkang kaki menikmati kesuksesan. Namun sayangnya, kehidupan ini tidak berjalan seperti sulap atau dengan mantra simsalabim abrakadabra. Perlu diketahui bahwa kesuksesan tidak bisa terjadi dalam kurun waktu semalam. Kesuksesan tidak pernah diperoleh dengan cara mudah atau sesingkat mungkin.

Adakah orang yang hanya satu hari latihan sepakbola tiba-tiba keesokan harinya berubah menjadi super pemain hebat sekeren Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi? Jawabannya jelas tidak ada, dan hal seperti itu tidak mungkin terjadi. Menjadi ahli dalam suatu hal, tentu saja butuh waktu. Anda harus berlatih, berlatih dan terus berlatih. Anda harus mengasah ketrampilan dan kemampuan Anda melalui usaha terus-menerus. Dibutuhkan waktu berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun hingga akhirnya Anda berhasil memperoleh skill yang diharapkan.




Begitu pula usaha mencapai tujuan sukses Anda. Perjalanan Anda menuju kesana cukup panjang. Ada banyak tindakan produktif yang perlu Anda lakukan hingga kesuksesan yang Anda harapkan dapat terwujud. Masa depan yang gemilang dapat Anda raih hanya ketika Anda berhasil membuat tindakan-tindakan produktif setiap hari. 

Lakukan Tindakan Produktif Setiap Hari, Walau Sekecil Apapun Itu.

Tidak ada keberhasilan diraih secara instan. Tidak ada pula kejayaan yang disebut dalam semalam. Orang-orang sukses itu, kesuksesan mereka tidak dibangun dari satu tindakan raksasa, melainkan serangkaian tindakan kecil dan konsisten dari waktu ke waktu. Perjalanan panjang meniti kesuksesan, Anda harus rela menjalani proses dan menikmatinya. Anda tidak bisa lepas dari kerja keras yang dibutuhkan untuk mendapatkan keberhasilan. Setiap orang sukses yang kita kenal hari ini telah melalui segala proses itu. Prinsipnya adalah Anda harus membuat perubahan ke arah yang lebih baik setiap hari. Ciptakan perbaikan terus menerus dalam hidup. Tidak perlu yang muluk-muluk. Lakukan tindakan produktif meski kadarnya hanya sedikit saja dari keseluruhan usaha yang Anda butuhkan dalam mencapai tujuan.

Jangan terlalu berharap mencapai keberhasilan besar dalam waktu singkat. Lakukan saja tindakan kecil setiap harinya secara nyata sehingga mampu mendekatkan Anda pada impian. Bertindak kecil mungkin terdengar biasa saja dan efeknya mungkin tidak bisa dirasakan secara langsung. Namun percayalah karena tindakan kecil itu secara bertahap Anda akan melihat perbaikan signifikan dalam hidup. Hal besar pasti akan terjadi jika Anda konsisten melakukan sedikit demi sedikit tindakan produktif setiap hari. Ini cara sederhana yang berdayaguna besar dan mudah dilakukan, Mengapa? Karena saat Anda dituntut melakukan tindakan kecil, Anda merasa mudah saja melakukannya. Dan kenyataannya melakukan suatu tindakan kecil memang tidak berat atau susah, bukan? Rasanya tidak menakutkan dan Anda pasti mampu melakukannya.

Ketika Anda bermimpi menjadi seorang penulis hebat, misalnya. Ambilah tindakan kecil yang produktif setiap hari yang bisa mendukung Anda mewujudkan keinginan itu. Anda bisa sedikit demi sedikit mempelajari teknik menulis dari mereka yang sudah terkenal dengan cara membaca karya-karya mereka. Anda bisa berlatih menulis hal-hal kecil sehari-hari yang Anda alami. Atau juga Anda bisa bergabung dengan komunitas penulis untuk mendapatkan wawasan lebih luas lagi, atau Anda bisa mengikuti seminar-seminar kepenulisan yang banyak di gelar diluar sana.




Seiring waktu, tindakan-tindakan kecil yang Anda lakukan itu terakumulasi. Tindakan kecil akhirnya akan berbuah besar, dan tanpa Anda sadari kemampuan Anda berkembang pesat, keahlian Anda meningkat sehingga kesuksesan yang Anda inginkan pun terasa lebih dekat.
Intinya bertindaklah produktif setiap hari. Lakukan cara ini untuk apapun kesuksesan yang Anda inginkan. Berupayalah terus menerus dengan melakukan tindakan sekecil apapun itu selama mendukung terealisasinya impian Anda, lakukan saja.

Kiat Menjadi Lebih Produktif Setiap Hari

Tak bisa dipungkiri, bahwa kita sering lupa akan suatu hal. Tak terkecuali untuk melakukan tindakan kecil yang produktif setiap hari. Oleh karena itu, kita perlu strategi mengingatnya. Salah satu cara efektif yang bisa kita lakukan adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terhadap diri kita sendiri setiap hari, yakni :

1.  Tindakan kecil yang produktif apa saja yang bisa Saya lakukan hari ini yang dapat mendekatkan Saya pada tujuan?

Setiap Anda memulai hari, silahkan mengajukan pertanyaan diatas pada diri Anda sendiri. Pertanyaan tersebut cukup efektif membangkitkan kreatifitas Anda, dan pada gilirannya Anda akan terpancing untuk berpikir kritis. Pikiran Anda akan memilah  dari memilih tindakan apa saja yang kiranya berguna mendukung terwujudnya kesuksesan yang ingin dicapai.

2.  Tindakan produktif apa yang berhasil Saya lakukan di hari ini?

Di ujung hari buatlah evaluasi. Ajukan pertanyaan, tindakan produktif apa saja yang berhasil Saya lakukan di hari ini? Evaluasi ini penting untuk mengukur keberhasilan diri Anda sendiri. Kesuksesan besar terangkai dari sebuah kemenangan-kemenangan kecil. Anda berhasil bertindak produktif setiap hari adalah kemenangan kecil. Oleh karena itu, ketika Anda membuat hari-hari menjadi lebih baik secara konsisten dan terus menerus, cepat atau lambat kemenangan besar akan Anda rengkuh jua.

3.  Tindakan apa saja yang bisa Saya lakukan esok hari untuk menjadi lebih?

Setelah membuat langkah evaluasi, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan untuk hari esok. Ajukan pertanyaan tindakan apa saja yang bisa Saya lakukan esok hari? Hasil evaluasi yang Anda peroleh sebelumnya bisa menjadi masukan berharga. Kiranya hasilnya positif dalam artian Anda telah berhasil membuat kemajuan di hari ini dengan melakukan tindakan-tindakan produktif, maka pertahankan itu,.! Bila memungkinkan, tingkatkan kualitas tindakan tersebut. Namun jika hasilnya negatif, pikirkanlah solusi terbaik agar tindakan produktif yang Anda rencanakan bisa terlaksana esok hari.



No comments:

Post a Comment