Perkaya Informasi Terkait Sukses yang Anda Inginkan



Sahabat pembaca,. Pernahkah Anda temui orang yang optimis menggapai cita-citanya, tapi disaat bersamaan ia sama sekali tidak tahu bagaimana gambaran besar langkah-langkah yang ia perlukan untuk mewujudkan cita-citanya itu? Jika pernah, menurut Anda apakah orang tersebut akan berhasil mencapai cita-citanya?

Penulis yakin, Anda akan menjawab tidak, bukan? Ya, memang betul. Sulit rasanya bagi seseorang mencapaitujuannya jika ia sendiri tidak memiliki wawasan luas tentang apa yang menjadi tujuannya itu. Analogi sederhananya begini. Kalau Anda ingin menuju ke suatu tempat, A misalnya. Apakah Anda bisa sampai kesana jika Anda tidak tahu letak pasti daerah tersebut? Jelas tidak akan sampai. Yang ada justru Anda akan tersesat di perjalanan.

Supaya Anda bisa sampai ke daerah A, yang Anda perlukan adalah informasi yang pasti dan jelas. Pertama-tama Anda perlu tahu dimana letak daerah A. Apakah daerah itu berada di perkotaan atau di pedesaan? atau justru berada di seberang lautan. Informasi inipun rasanya belum cukup. Selanjutnya Anda perlu tahu bagaimana cara bisa sampai kesana. Apakah menggunakan transportasi darat, laut atau transportasi udara. Lalu Anda pun perlu mencari tahu berapa besaran biaya dari masing-masing transportasi yang ada. Maksud informasi ini agar Anda bisa mempertimbangkan akan pemakaian transportasi yang mana, disesuaikan dengan modal uang yang Anda miliki tentunya.




Usaha mencapai tujuan sukses itu, prosesnya persis seperti analogi di atas. Anda memiliki informasi atau wawasan yang sedetail-detailnya, sejelas-jelasnya terkait kesuksesan yang Anda inginkan.

Perluas Wawasan Anda

Menggali wawasan terus-menerus, itulah yang dilakukan orang-orang sukses. Hari-hari yang mereka lalui senantiasa di isi usaha memperjelas tujuan yang mereka inginkan. Mereka terus mencari informasi seluas-luasnya mengenai cara-cara yang diperlukan serta apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan cita-cita.
Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses di suatu bidang, Anda harus terus menggali pengetahuan lebih dalam terkait bidang tersebut. Anda harus tahu tindakan apa saja yang perlu untuk dilakukan agar bisa mewujudkannya. Baik yang bersifat teknis maupun nonteknis.

Sebagi contoh, jika Anda ingin menjadi pengembang properti, banyak hal yang harus Anda pelajari. Terkait hal-hal teknis, Anda harus tahu mengenai perzonaan, hak udara, hukum pajak, dan lain sebagainya. Hal-hal nonteknis pun wajib Anda pelajari dan kuasai. Seperti teknik pemasaran, kemampuan memperluas jaringan arau relasi, kemampuan bernegosiasi dan lain sebagainya.
Contoh lain, jika Anda ingin mendirikan sebuah perusahan industi, Anda harus tahu dunia bisnis usaha apa yang lagi trend saat ini secara mendetail dari hulu hingga ke hilir. Anda wajib mengerti bagaimana mempersiapkan modal usaha, mulai dari membuat bangunan serta pengadaan peralatan produksi, merekrut karyawan hingga proses lainnya. Anda juga wajib memiliki wawasan bagaimana mendistribusikan dan memasarkan produk ke konsumen.

Begitulah. Pada akhirnya kesuksesan yang akan Anda raih adalah akumulasi dari apa yang Anda pelajari. Tidak ada kesuksesan bagi orang yang tidak mengerti bagaimana langkah-langkah kongkrit mewujudkan kesuksesan. Karena itu PR besar bagi orang-orang yang menginginkan keberhasilan dalam hidupnya adalah belajar terus-menerus guna menggali wawasan terkait tujuan yang ingin ia capai. Ada 2 (Dua) tips yang dapat penulis berbagi pada pembaca agar dapat memperoleh informasi dalam menambah wawasan Anda, yakni :




1.  Rajin-rajinlah Membaca

Salah satu cara yang paling efektif untuk menambah wawasan adalah membaca. Ya, seperti kata pepatah "Buku adalah jendela dunia". Dengan membaca buku maka Anda bisa memahami dunia dengan lebih baik. Anda bisa memilih buku yang paling tepat untuk menunjang kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menjadi petani, banyak-banyaklah membaca buku-buku tentang budi daya tanaman. Jika Anda ingin menjadi pengusaha, banyak-banyaklah membaca buku tentang dunia bisnis dan lain sebagainya. Dengan membaca Anda juga bisa mendapatkan tips-tips bermanfaat yang selanjutnya bisa Anda terapkan.

Selain buku-buku teknis seperti itu, Anda juga perlu membaca buku-buku pengembangan diri. Buku jenis itu bermanfaat guna menambah motivasi dan mengembangkan karakter-karakter positif yang diperlukan untuk sukses. Yang tak kalah penting, Anda juga disarankan membaca buku-buku biografi orang-orang sukses. Dari orang-orang sukses itu, Anda bisa memetik banyak sekali pelajaran berharga mulai dari cara mereka menghadapi masa sulit hingga langkah-langkah yang mereka lakukan dalam meraih sukses.  Dengan demikian Anda bisa membuatnya sebagai teladan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan pribadi.

2.  Banyaklah Bertanya

Selain membaca, Anda bisa menggali wawasan dengan cara banyak bertanya. Kepada siapa? Siapa saja yang bisa memberikan jawaban bagus untuk setiap pertanyaan Anda ajukan. Tapi yang terbaik adalah bertanya pada orang-orang sukses disekitar Anda. Oleh karena itu, carilah dan jangan segan-segan menjalin pertemanan dan hubungan baik dengan mereka. Semakin banyak orang sukses yang Anda kenal, akan semakin baik. Dengan begitu Anda akan banyak menyerap manfaat.

Banyak orang-orang yang merasa sungkan jika harus berteman dengan orang-orang yang sudah sukses. Mereka berpikir orang-orang sukses itu tak punya waktu untuk bersosialisasi. Sebagian orang juga bahkan menganggap diri mereka tak sepadan bergaul dengan orang-orang sukses tersebut. Anggapan ini jelas keliru, sebab kebanyakan orang sukses justru senang bergaul dan mereka sangat merasa senang saat ada yang bertanya mengenai kiat-kiat yang mereka miliki dalam mencapai kesuksesan.

Tingkatkan Kemampuan Anda

Wawasan yang telah Anda punya, bermanfaat besar untuk membuat peta kesuksesan. Dengan wawasan itu, kini Anda menjadi tahu harus kemana melangkah. Dan yang paling penting adalah Anda sekarang mengerti, kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Jangan berhenti pada teori belaka. Setelah tahu, langkah selanjutnya adalah Anda harus segera bertindak. Mulailah melatih kemampuan-kemampuan itu. Terus tingkatkan sampai tingkat mahir.

Jika Anda bekerja dibidang penjualan, misalnya. Kemampuan yang sangat diperlukan dibidang ini adalah berbicara di depan umum. Nah, kemampuan inilah yang harus Anda kembangkan . Galilah wawasan sebanyak-banyaknya mengenai cara meningkatkan keahlian tersebut. Kemudian melatihnya terus-menerus. Dengan latihan yang konsisten, kemampuan itu akan berkembang dan Anda bisa tampil menjadi pembicara yang ahli.




No comments:

Post a comment