Perjalanan Sukses ~ Tujuan Dan Target yang Jelas



Pembaca yang budiman, Dunia menyediakan jalan bagi orang-orang yang mengetahui tujuannya. Banyak orang mengalami kegagalan menjalani hidup karena tidak punya tujuan dan target yang jelas akan apa yang hendak dituju dan diraih. Karena tujuan dan target yang masih ngambang, banyak orang yang akhirnya gagap dan kelimpungan ketika menghadapi berbagai pilihan dalam hidupnya. Orang-orang semacam ini tidak tahu mana yang harus diprioritaskan untuk dicapai dan mana yang sifatnya kurang penting. Dampaknya mereka akan membuang waktu dan energi untuk mencoba berbagai hal, tanpa ada fokus pada bidang mana yang ingin serius digeluti. Inilah dampak dengan tidak adanya tujuan dan target yang pasti. Akhirnya, kegagalan demi kegagalan pun terus menyambanginya. Tak hanya sekali dua kali, tapi bisa berkali-kali.



Seberapa Pentingkah Tujuan Hidup?

Tujuan menjadi bagian penting yang mesti direncanakan dalam hidup. Sebab, tujuan hiduplah yang akan mengarahkan kemana kita harus melangkah. Tanpa tujuan kita akan terombang-ambing dalam menentukan arah yang harus kita pilih. Ketika tujuan hidup sudah ditentukan, maka kita tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran itu. Oleh karenanya menemukan tujuan hidup yang jelas dan realistis akan menjadi langkah pertama yang akan mengantarkan kita pada pintu gerbang menuju kesuksesan.

Tujuan hidup akan melahirkan sifat-sifat terbaik seorang pemenang dalam diri kita. Tujuan akan mendorong kita untuk selalu bersemangat, tidak malas-malasan, tekun, bertanggung jawab, konsisten dan pantang menyerah. Adanya tujuan akan membuat kita gigih bekerja, karena akan melahirkan motivasi dan energi untuk menjalani hidup sehari-hari. Semakin tinggi tujuan hidup kita, semakin besar pula motivasi yang kita punya.

Ada banyak bukti yang menunjukan bahwa Anda tidak bisa mulai mencapai yang terbaik dari diri Anda sebelum menetapkan beberapa tujuan hidup. Sayangnya, banyak orang belum menyadari pentingnya menentukan tujuan hidup. Orang-orang ini tak kunjung menentukan tujuan hidup hingga sebagian besar masa usia produktifnya terbuang percuma. Bahkan ada yang tidak memiliki tujuan hidup hingga ujung usianya. Mengapa banyak orang yang tidak mempunyai tujuan? Kemungkinan besar karena mereka tidak berani bermimpi. Akibatnya mereka tidak memiliki keinginan dan sasaran yang ingin diraih.




Pasanglah Target Pasca Menentukan Target

Semisal tujuan hidup sudah kita tentukan, Selanjutnya sebagai upaya mencapai tujuan itu, kita harus memasang target. Mengapa demikian? Sebab, target menyadarkan kita akan adanya tujuan yang telah dirancang. Mengenai seberapa penting target dalam meraih tujuan, berikut ini akan di uraikan sebagai berikut :

1. Target Menyadarkan Kita akan Tujuan
Target akan menyadarkan kita pada fokus yang realistis. Ini jelas berdampak positif pada tindakan-tindakan yang perlu kita lakukan. Dengan adanya target, kita akan tahu kemana harus melangkah sehingga tidak akan membuang terlalu banyak waktu untuk menentukan arah dan tujuan. Target membantu Anda berfokus pada tujuan dan menjadikannya cita-cita terbesar Anda. Dengan adanya target, Anda tahu kemana akan pergi.

2. Target Mendorong Kita untuk Pergi
Tidak ada yang bisa memotivasi kita, kecuali diri kita sendiri. Seseorang tidak akan bisa melangkah maju, kecuali ia ingin melakukannya. Target yang kita miliki akan membantu memberikan dorongan semacam itu. Hargailah target-target kecil. Karena setiap kali kita mencapai sebuah target kecil, sebenarnya kita telah meraih benih-benih kesuksesan. Walaupun hanya berhasil mencapai kesuksesan kecil, itu sudah sangat memotivasi. Oleh karenanya, janganlah meremehkan target-target kecil. Capailah target-target kecil yang sesuai, dan kita akan mengambil langkah besar untuk meraih tujuan dan mengembangkan potensi yang lebih besar.
Target akan memotivasi kita untuk terus melangkah, bahkan ketika muncul halangan-halangan dalam meraih kesuksesan. Menetapkan dan memenuhi target akan menciptakan energi positif dan memotivasi Anda untuk terus melangkah, bahkan ketika rintangan-rintangan itu muncul.

3. Target Menunjukan Apa yang harus Dilakukan
Dengan Target akan membantu kita dalam menentukan prioritas dan tetap berpegang pada hal-hal penting. Tidak ada seorangpun yang bisa memenuhi tujuannya, mengembangkan potensi, atau terus membantu orang lain tanpa adanya target. Target menentukan prioritas Anda dan prioritas menentukan keberhasilan Anda dalam mencapai target-target itu.

4. Target Mengarahkan Fokus pada Pengembangan Diri, Bukan pada Aktivitas.
Target-target yang kita pasang akan memotivasi kita menjadi pribadi yang berkembang dalam menekuni aktivitas utama sehari-hari. Jadi dalam keseharian, aktivitas yang kita lakukan bukan berorientasi menyibukan diri semata, melainkan untuk mengembangkan kekuatan dan potensi. Kunci menuju sukses dan meraih potensi sesungguhnya terletak pada kemampuan Anda untuk terus mengembangkan diri. Aktivitas saja tidak memberi dampak apapun bagi Anda. Jika Anda menggantikan pengembangan diri dengan aktivitas, Anda hanya akan dialihkan dari tujuan Anda. Namun, ketika Anda menetapkan target yang benar dan berusaha memenuhinya daripada sekedar menyibukan diri, Anda pasti berkembang.

5. Target Menunjukan Seberapa Jauh Kemajuan Kita
Target adalah sebuah penanda jarak atau tolak ukur kita atas kesuksesan. Ketika satu target terpenuhi, berarti kita telah satu langkah lebih dekat dengan kesuksesan. Selain mengetahui bahwa Anda membuat kemajuan, Anda pun bisa melihat seberapa jauh Anda melangkah setiap kali target itu terpenuhi. Target-target yang telah ditentukan adalah penanda jarak dalam perjalanan sukses Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa tujuan dan target begitu penting dalam perjalanan kesuksesan kita. Jika sampai sekarang kita belum menentukan tujuan hidup, segeralah menentukan sasaran itu. Jangan sampai kita mengalami kegagalan justru karena belum tahu arah dan sasaran kita. Itu sama halnya dengan kalah sebelum bertanding. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga bermanfaat.




No comments:

Post a comment