Lemahnya Komitmen Dapat Meruntuhkan Impian Anda



Pengunjung setia blog jallyjunkiez.com,! pada artikel sebelumnya, penulis telah mengulas banyak hal tentang fokus dan komitmen. Dimana keduanya jelas tidak terpisahkan. Keduanya harus jalan secara bersamaan dalam proses pencapaian target. Fokus tanpa komitmen tidak akan memberi keberlanjutan upaya. Demikian juga dengan komitmen yang tidak dibarengi dengan fokus, tentu hanya akan membuat kita terombang-ambing dalam upaya yang tidak jelas juntrungannya. Sekedar untuk mempertajam penjelasan diatas, jika Anda memilih fokus merintis karier sebagai musisi, tetapi Anda tidak memiliki komitmen untuk mengasah musikalitas Anda, Apakah bisa Anda berhasil? Begitupun sebaliknya, jika Anda berkomitmen menjadi musisi, namun Anda tidak fokus mewujudkannya melalui langkah-langkah kongkrit yang strategis, tentu sangat sulit membayangkan kesuksesan semacam apa yang layak Anda raih, bukan?




Singkat cerita, Anda pasti mengenal selebriti yang namanya Judika, bukan? Penyanyi bersuara khas rocker ini mula-mula merantau ke jakarta untuk merintis karier menjadi seorang penyanyi. Namun apa yang didapatinya ternyata harus jatuh bangun sampai berulang kali hingga ia menemukan jalan besar di tahun 2005 untuk menapaki karier sebagai penyanyi profesional, sampai akhirnya di tahun itu diraihnya sebagai runner up pada satu ajang bergengsi indonesia idol. Prestasi itu seolah menjadi lompatan besar bagi Judika untuk menorehkan segudang prestasi pencapaian target hingga saat ini. Anda bisa hitung sendiri berapa tahun Judika berikhtiar menunggu mewujudkan target pencapaian besarnya. Dengan rentang waktu yang terbilang lama namun tak sedikitpun mengikis komitmen yang telah dibuatnya.

Bukan cuma Judika saat itu berjuang mewujudkan impiannya menjadi penyanyi besar. Melihat betapa menggiurkan iming-iming kesuksesan panggung hiburan tanah air, banyak penyanyi bertalenta juga punya mimpi serupa. Tetapi akhirnya hanya sedikit figur seperti Judika yang berhasil merengkuh sukses. Sebagian lagi, mungkin tidak bersedia untuk terus berubah dan mengambil tindakan hingga cita-citanya tercapai. Ada juga sebagian yang ujungnya hanya kandas berjuang ditengah jalan. Atau bahkan, tidak sedikit yang menunda-nunda untuk segera dan terus berupaya konkrit mencapai tahapan targetnya. Meskipun banyak penyanyi yang ingin memiliki karier cemerlang waktu itu, tapi hanya sedikit yang bersungguh-sungguh. Sekali lagi, sungguh-sungguh berkomitmen pada target pencapaiannya.




Komitmen menjadi salah satu sikap yang harus dipegang dalam mencapai sebuah kesuksesan. Tanpa komitmen, sesempurna apapun niat, impian, ataupun tujuan yang sudah direncanakan dari awal, mustahil dapat diraih. Komitmenlah yang akan menjaga semangat Anda ketika sedang lemah, ketika hasrat Anda menurun dan ketika berbagai sandungan kerap mewarnai usaha Anda mencapai kesuksesan. Tanpa komitmen Anda hanya cenderung bersemangat mengemban tanggung jawab di awal-awal saja. Lepas dari itu semangat emban tanggung jawab itu menjadi sirna. Inilah mengapa dalam perjalanan meraih sukses dibutuhkan komitmen yang super kuat. Banyak orang gagal mewujudkan impiannya karena terbukti berkomitmen lemah. Apapun impian mereka koneksi yang kuat, modal besar, serta ketrampilan yang mumpuni malah akan terbuang percuma bila tidak ditopang komitmen, bukan?

Semakin sulit perjalanan yang Anda lewati, harus semakin kokoh pula komitmennya. Jika halangan atau godaan mulai datang, segeralah mengingat tujuan dan alasan mengapa Anda harus berkomitmen untuk tetap berusaha. Orang-orang yang memegang komitmennya akan memaknai kegagalan sebagai sebuah penundaan kesuksesan. Dan itu berarti, dibutuhkan waktu relatif lebih lama untuk mencapai kesuksesan. Bukankah tidak ada kesuksesan yang diperoleh secara instan? Anggap saja waktu yang lebih lama itu untuk mematangkan langkah dan upaya yang selama ini di ambil. Komitmen membuat Anda mampu mengubah kegagalan menjadi batu loncatan hingga Anda sampai ditempat sasaran.



No comments:

Post a comment