PERCAYA DIRI Adalah Modal Utama Meraih Sukses ~ MOTIVASI SUKSES


Sebelumnya penulis mengucapkan selamat tahun baru bagi semua pembaca pengunjung setia blog jallyjunkiez.com, semoga semuanya dalam kondisi sehat wal'afiat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan kali ini penulis mengangkat topik tentang "Percaya Diri". Yang mana topik ini sangat penting untuk kita semua dalam mengawali berjalan hidup di tahun yang baru.

Percaya diri sangat diperlukan dalam perjalanan menuju sukses. Percaya diri bahkan dapat menjadi modal awal dalam meraih sukses. Modal yang berlimpah, ide yang cemerlang, relasi yang mendukung, tidak akan ada artinya jika kita tidak punya kepercayaan diri akan bisa menjalankan bisnis yang akan kita jalankan. Seperti yang diungkapkan oleh Marcus Garvey, "Jika Anda tidak punya kepercayaan diri, sesungguhnya Anda telah kalah dua kali dalam persaingan hidup. Dengan kepercayaan diri, Anda telah berhasil meskipun Anda belum memulai".




Sayangnya hanya sedikit orang yang menyadari pentingnya sikap percaya diri. Orang-orang yang kehilangan kepercayaan diri jarang sekali dapat mengejar impiannya. Sebaliknya, orang yang percaya pada dirinya sendiri akan gesit melakukan banyak usaha dan membuktikan kesuksesannya, sekalipun pada saat yang sama banyak orang yang tengah meragukannya. Ujar Herb True, "Banyak orang menjadi sukses ketika orang lain meragukan mereka, namun jarang sekali ada orang yang menjadi sukses ketika ia meragukan dirinya sendiri".

Orang yang tidak percaya diri cenderung dikuasai kecemasan dan kekhawatiran-kekhawatiran, bahkan pada hal-hal remeh sekalipun. Orang yang tak percaya diri akan mengkhawatirkan penampilannya, pandangan orang lain, dan juga kegagalan yang selalu mengancam. Berbeda dengan orang yang penuh percaya diri, mereka akan melihat dirinya sendiri sebagai sosok berharga dan selalu merasa layak menjadi lebih baik. Orang yang percaya diri selalu yakin akan dapat meraih kesuksesan gemilang. "Tidak ada yang bisa membuatmu mereka merasa inferior kecuali dirimu sendiri", ujar Eleanor Roosevelt.

Orang yang percaya diri yakin pada kemampuannya dan keyakinan itulah yang mendorong stabilitas optimisme dalam diri mereka. Keyakinan bisa menjadi harta yang sangat bernilai dalam diri karena ketika kita kehilangan keyakinan, tinggalah keraguan yang cenderung membuat kita menjadi orang yang pesimistik.

Setiap hal bermula dan berakhir pada diri kita sendiri. Jika kita ragu mendapatkan hasil terbaik, maka hasil itulah yang akan kita dapatkan. Sebaliknya, jika kita yakin akan meraih hasil terbaik, kita juga akan mendapatkannya meskipun dalam situasi-situasi tersulit apapun. Sebagaimana dikatakan oleh Herb True, "Banyak orang menjadi sukses ketika orang lain meragukan mereka, namun jarang sekali ada orang yang menjadi sukses ketika ia meragukan dirinya sendiri".



Memiliki keyakinan diri sama halnya dengan memiliki harta tak ternilai harganya. "Jika seseorang melangkah maju dengan percaya diri menuju impiannya dan berusaha menjalani hidup yang ia bayangkan, tanpa di duga ia akan bertemu dengan kesuksesan di saat-saay yang biasa. Ia akan menembus batasan yang tak terlihat. Hukum yang lebih liberal, baru dan universal akan menampakan diri di sekeliling dan di dalam dirinya. Ia juga akan hidup dengan penghayatan yang lebih tinggi".

Mengapa kita kurang percaya diri,..?

Penyebab lain menyapa kita kurang percaya diri adalah kuatnya rasa takut yang membelenggu diri. Rasa takut yang berlebihan menyebabkan kita susah melangkah maju. Kita hanya di kuasai kekhawatiran akan bahaya yang mengancam. Padahal rasa takut yang kita pikirkan belum tentu terjadi demikian. Itulah mengapa kita harus mampu mengatasi rasa takut yang ada dalam diri, supaya terhindar dari sifat pesimis bahwa kita mampu dan layak sukses.

Farah Gray dan Fran Haris dalam bukunya Reallioner : Kiat-kiat penting yang menjadikan Saya kaya di usia 14 tahun (2009) menuliskan pesan yang baik perihal mengatasi rasa takut. Ujarnya, "Rasa takut adalah ilusi yang tampak nyata. Ia adalah ilusi yang tercipta di kepala kita,.! Jangan singkirkan rasa takut. Dekap rasa takut dan runtuhkan segala keraguan Anda. Pahamlah bahwa Anda punya kemampuan untuk mencapai impian Anda meski terantuk rasa takut. Rasa takut adalah bahan bakar bagi reallioner , "Takut sangatlah normal dan apa yang Anda lakukan dengan rasa takut, Anda yang menentukan nasib Anda ke depannya".

Kesimpulan akhir,.! Penulis mengajak pembaca sekalian, di lembaran tahun yang baru ini, "Mari sama-sama kita memulai langkah awal dengan penuh percaya diri, meruntuhkan rasa kekhawatiran, lebih bersemangat dalam hidup, terus berusaha tanpa putus asa agar segala apa yang telah kita cita-citakan yang belum terwujud di tahun kemarin dapat terealisasi nyata di tahun ini dari segala bentuk perubahan yang kita lakukan dalam diri kita sendiri menuju kesuksesan yang hakikih".




No comments:

Post a comment