Penting ! Manajer Mengenali Potensi Karyawan

Mengenali Potensi Karyawan


Seorang Manajer perusahan adalah Bos bagi bawahannya. Adapun karyawan adalah orang yang dipekerjakan untuk melaksanakan suatu tugas yang telah ditetapkan dan dibebankan untuk mencapai tujuan perusahan. Artinya manajer bisa memerintah, mewajibkan dan menuntut kinerja tertentu dari karyawannya dengan imbalan gaji. Namun demikian, manajer sejatinya bukan hanya bertindak sebagai bos, tetapi juga sebagai pemimpin. Seorang pemimpin yang baik pasti menginginkan perusahannya maju dan berkembang. Sehubungan dengan itu, ia harus bisa memimpin anak buahnya dalam hal ini, memimpin tidak hanya sebatas memaknaimemerintah, tetapi juga mengeksplorasi SDM sebagai kekuatan penting menuju kemajuan perusahan di masa depan.




Disinilah pentingnya seorang manajer mengenali dan mengembangkan potensi karyawan sebagai aset penting perusahan. Karyawan adalah komponen terpenting yang menentukan produktivitas suatu perusahan bergerak maju atau justru berjalan di tempat. Maju mundurnya perusahan bergantung pada kualitas kerja karyawan. Oleh karena itu, potensi-potensi yang ada di dalam diri setiap karyawan sangat penting untuk dioptimalkan.

Seorang manajer dituntut memiliki kemampuan menggali potensi karyawannya. Hal ini bertujuan agar potensi tersebut bisa dipublikasikan dalam menjalankan tugas-tugas perusahan. Potensi biasanya bisa dilihat dari prestasi atau pencapaian kinerja karyawan. Potensi diri adalah suatu kemampuan di dalam setiap manusia sekaligus merupakan anugerah dari Tuhan yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan dalam kehidupan.

Sementara itu, kinerja merupakan perwujudan kerja oleh karyawan. Kinerja biasanya digunakan sebagai dasar penilaian terhadap karyawan di dalam perusahan. Kinerja yang baik merupakan suatu langkah menuju tercapainya tujuan individu. Oleh karena itu kinerja merupakan sasaran penentu dalam mencapai tujuan individu. Karena dijadikan sebagai dasar penilaian di dalam organisasi atau perusahan, maka perlu diupayakan agar karyawan senantiasa meningkatkan kinerjanya.

Potensi bisa dilihat dari kinerja dan prestasi karyawan di perusahan. Seorang karyawan yang menunjukkan kinerja memuaskan pasti memiliki prestasi unggul. Dengan demikian, manajer bisa mengetahui potensi dan pengembangannya untuk diaplikasikan pada perusahan. Setelah mengetahui potensinya, perusahan bisa melakukan upaya pengembangan dengan mengadakan model pengembangan sebagimana telah penulis bahas dalam artikel sebelumnya. Model pengembangan tersebut dapat meningkatkan skill dan pengetahuan karyawan sehingga mendukung pengembangan dan kemajuan perusahan.

Mengetahui potensi karyawan juga dimaksudkan untuk menyiapkan kader pemimpin yang siapditempatkan untuk mengisi jabatan penting di perusahan. Setiapa jabatan di perusahan memiliki kedudukan strategis. Dengan menempatkan orang-orang terbaik yang dibina secara internal, maka perusahan mendapatkan aset berharga dari karyawannya. Mereka bisa meningkatkan kariernya diperusahan tersebut serta mengembangkan kemampuannya. Karyawan berprestasi memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan ilmunya sehingga kebutuhan akan kesejahteraan dirinya dapat terpenuhi.




Meningkatkan potensi karyawan merupakan sarana membangun dan meningkatkan kemajuan perusahan. Manajer yang mampu menggali dan memunculkan potensi karyawan akan mampu menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas. Hal tersebut tentu memberi manfaat tersendiri bagi perusahan. Sebagai manajer, Anda harus bisa meningkatkan potensi karyawan dengan menerapkan beberapa langkah yang telah penulis siapkan dibawah ini, yakni :

A.  Mengenali Seluk-beluk Karyawan

Setiap karyawan yang bekerja ditempat perusahan memiliki latar belakang pendidikan, minat, serta bakat berbeda. Oleh sebab itu anda harus mengenali potensi karyawan sebelum mengarahkan sesuai dengan keahliannya. Identifikasi potensi diri setiap karyawan ketika melakukan proses rekrutmen, baik secara tertulis maupun interview.

B.   Mengarahkan Karyawan Sesuai Kemampuan

Hal ini sangat penting  dalam proses penempatan posisi kerja. Kepiawaian Anda dalam mengarahkan karyawan sesuai kemampuannya akan meningkatkan semangat dan kinerjanya di perusahan. Jika mampu mengenali dan mengarahkan karyawan secara tepat, maka Anda telah membuat mereka merasa antusias terhadap pekerjaannya. Sebab, karyawan yang bekerja sesuai dengan minat dan kemampuannya akan bisa mengeluarkan potensi terbaiknya demi memperoleh hasil kerja optimal.

C.  Mengasah Kemampuan Karyawan

Kemampuan seseorang akan berkembang manakala ia diberi kebebasan dan ruang mengembangkan pengalaman. Oleh sebab itu, Anda harus memberi kebebasan dan fasilitas agar karyawan bisa mengembangkan dan meningkatkan potensinya, sehingga mereka dapat menuangkan dan merealisasikan ide-ide segar yang bisa memberi kontribusi positif bagi perusahan.

D.  Menghargai Proses Pembelajaran Karyawan

Bila mereka mengalami kegagalan atau tidak mencapai target yang ditetapkan, maka hargailah hal itu sebagai proses pembelajaran. Manajer yang baik tidak menutup mata terhadap kesalahan. Namun, ia menyadari bahwa dengan kesalahan tersebut karyawan dapat mengambil pelajaran untuk diperbaiki kemudian hari. Disinilah urgensi Anda melakukan evaluasi dari setiap proses yang dijalani karyawan.

E.  Memberikan Tantangan Baru

Cara menyikapi tantangan menjadi sarana yang tepat untuk menguji dan meningkatkan kemampuan karyawan. Berkaitan dengan hal itu, Anda sebaiknya memberikan tantangan baru kepada karyawan secara berkala. Melalui tantangan tersebut, karyawan secara tidak langsung dipaksa untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya. Dengan unjuk kemampuan, karyawan bisa menemukan, mengeluarkan dan mengasah bakat atau potensi yang selama ini terpendam.

Demikian ulasan tentang Mengenali Potensi Karyawan, yang dapat penulis berbagi pada pembaca sekalian dan semoga bermanfaat.



No comments:

Post a comment