Penting ! Jenjang Karier yang Jelas Bagi Karyawan

Jenjang Karier yang Jelas Bagi Karyawan


Salah satu pendorong seseorang untuk bekerja di perusahan adalah adanya jenjang karier yang jelas. Manakala karyawan menyadari tempatnya bekerja menyediakan kesempatan untuk maju dan berkembang, hal itu memberi dorongan semangat tersendiri. Mengetahui hal-hal yang akan dicapai dimasa depan merupakan motivasi utama bagi karyawan. Sebab pekerja yang telah meniti jalan untuk mencapai promosi akan bekerja untuk mencapai target tersebut. Hal ini akan meningkatkan komitmennya dalam bekerja semaksimal mungkin di perusahan.

Karier adalah kebutuhan setiap karyawan dalam bekerja. Sudah menjadi sifat dasar manusia menginginkan sesuatu yang lebih baik dan tinggi dari posisi sebelumnya. Karena itulah karyawan selalu menginginkan suatu kemajuan dalam hidupnya. Perkembangan karier tentu akan berpengaruh terhadap kesejahteraan, kehormatan dan kedudukan yang lebih tinggi di dalam perusahan. Setiap karyawan pasti menginginkan kariernya meningkat seiring bertambahnya usia, peran, dan kebutuhan hidup di masyarakat.




Sebagai contoh, dengan posisi atau jabatan yang lebih tinggi maka bertambah pula insentif yang diperoleh. Insentif merupakan salah satu sarana memperoleh kesejahteraan hidup. Peningkatan karier juga berpengaruh terhadap naiknya derajat atau kehormatan seseorang, baik di dalam maupun di luar perusahan. Karyawan akan memperoleh tambahan tugas sehingga memiliki kesempatan untuk menjalani peranan yang lebih luas dan tinggi pula. Karier berarti kesempatan dan peluang bagi karyawan untuk menunjukkan eksistensi diri. Padahal eksistensi termasuk salah satu kebutuhan hidup manusia yang terus dikejar dan dipenuhi.

Pengembangan karier merupakan suatu proses atau kegiatan untuk membentuk dan mengembangkan sosok karyawan sesuai yang diharapkan organisasi melalui peningkatan ketrampilan, kecakapan, sikap dan mental. Dengan demikian karyawan mengalami kemajuan, baik dari segi kehidupan, pekerjaan, maupun jabatannya. Jadi, pengembangan karier merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status seseorang oleh organisasi bersangkutan. Selain itu pengembangan karier karyawan juga menyangkut kepentingan perusahan dalam menjawab tantangan di masa depan.

Regenerasi merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan perusahan. Dengan demikian menyiapkan jenjang karier yang jelas berarti telah menyiapkan kader terbaik guna memperkuat posisi perusahan di masa depan. Setiap perusahan harus menerima kenyataan bahwa eksistensi ke depan sangat bergantung pada pengembangan karyawannya. Tanpa memiliki karyawan yang kompetitif, sebuah perusahan akan mengalami kemunduran hingga dapat tersisi akibat ketidakmampuan menghadapi para pesaing. Oleh sebab itu, adanya mekanisme pengembangan karier dapat menumbuhkan loyalitas karyawan terhadap perusahan. Terlebih, saat ini semakin sulit mencari tenaga kerja berbakat yang memiliki loyalitas tinggi terhadap tempat kerjanya.



Manfaat penting dari adanya pengembangan karier tersebut adalah memdorong pertumbuhan karyawan. Hal ini disebabkan pengembangan karier dapat mendorong semangat kerja karyawan untuk tumbuh dan berkembang. Dengan adanya alur karier yang jelas, motivasi kerja karyawan dapat terjaga seiring terbukanya kesempatan karyawan untuk mengembangkan diri. banyak karyawan yang bekerja disebuah perusahan hilang semangat kerjanya atau bahkan memutuskan berhenti karena ketiadaan jenjang karier yang jelas. Ini berarti, jenjang karier juga dibutuhkan untuk memberi dorongan peningkatan pencapaian hasil dari apa yang dikerjakan selama ini.

Pengembangan karier yang jelas juga berarti menyiapkan calon-calon karyawan potensial dan kompeten untuk memajukan perusahan. Karyawan potensial adalah aset berharga bagi perusahan. Sebab mereka memiliki kemampuan dan pengalaman berharga yang sangat dibutuhkan perusahan. Banyak karyawan ahli tiba-tiba keluar dari perusahan setelah bekerja selama bertahun-tahun karena kariernya tidak mengalami peningkatan. Mereka sangat mendambakan peningkatan karier karena hal itu pasti dibarengi dengan bertambahnya insentif. Keduanya merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Dengan merancang jenjang karier secara jelas, maka bukan hanya membuat karyawan bersemangat dalam bekerja, akan tetapi dapat membentuk loyalitas yang sangat dibutuhkan perusahan. Loyalitas karyawan yang memiliki kemampuan dan pengalaman kerja memadai sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahan di masa depan. 



No comments:

Post a comment