Mengenal Motivasi Kerja Bagi Karyawan Sebuah Perusahan

Inspirasi dan Motivasi Kerja

Mengenal Motivasi Kerja Untuk Karyawan Sebuah Perusahan

Sudah sering kita mendengar kata Motivasi. Namun rasanya tak banyak orang mengetahui apa itu Motivasi. Sempat saya iseng bertanya pada seorang pembicara di suatu pelatihan, yang dengan cakap menyampaikan materi tranning pengenalan motivasi kerja pada seluruh karyawan di perusahan itu. Dan ia mengatakan motivasi adalah sesuatu yang penting dimiliki oleh setiap orang,karena motivasi menjadi penggerak sekaligus pendorong seseorang melakukan sesuatu tindakan. Dalam hidup manusia mampu meraih pencapaian, kesuksesan, prestasi dan hasil-hasil yang membanggakan berkat adanya dorongan dari dirinya sendiri. Dorongan inilah yang mampu menggerakkan dan menghasilkan semangat untuk mencapai tujuan tertentu.
Dengan demikian, motivasi merupakan hal penting yang harus ada dalam diri setiap individu manakala ingin menghasilkan sesuatu apapun dalam mencapai tujuan tertentu di dalam  hidup.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tanpa motivasi, maka pencapaian akan suatu tujuan atau cita-cita akan sulit terwujud. Artinya jika semakin tinggi motivasi individu, kian besar pula pencapaian dan tujuan yang bisa diraih. Hal sebaliknya juga berlaku. Pada intinya tinggi atau rendahnya motivasi sangat berpengaruh terhadap hasil yang diraih.




Dalam dunia kerja , motivasi karyawan memegang peranan penting. Peningkatan ataupun penurunan kinerja di pengaruhi oleh tingkat motivasi karyawan yang bekerja. Kinerja yang menurun tentu akan berdampak negatif terhadap suatu hasil atau pencapaian tujuan sebuah perusahan. Oleh sebabitu, sangatlah penting bagi karyawan sebuah perusahan menjaga motivasi dalam bekerja. Motivasi karyawan sangat krusial bagi pencapaian tujuan sebuah perusahan.

Agar anda memahami tentang maksud motivasi kerja serta cara memotivasi karyawan, berikut akan saya jelaskan pengertian sebagai pengetahuan awal. Hal ini sangat penting karena pengetahuan yang baik terhadap suatu konsep akan membuat anda lebih memahami dan menguasai hal tersebut.
Banyak pendapat para ahli atau para tokoh motivator yang memberikan definisi mengenai motivasi kerja. Seperti Anwar Prabu Mangkunegara mendefinisikan motivasi sebagai kondisi atau energi yang menggerakkan diri karyawan sehingga dapat terarah atau tertuju pada pencapaian yujuan perusahan. Sementara Gibson memahami motivasi sebagai kekuatan yang mendorong seseorang karyawan untuk menimbulkan dan mengarahkan sesuatu. Adapun Hamalik mengartikan motivasi sebagai energi di dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Pengertian hampir sama juga dikemukakan Sarwoto yang menyebut motivasi sebagai proses pemberian motif (penggerak)kerja untuk mencapai tujuan tertentu. Dan masih banyak lagi para tokoh lain yang mendefinisikan tentang motivasi.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan pula  bahwa motivasi kerja adalah energi dalam diri seseorang yakni kekuatan yang mendorong dirinya ataupun daya penggerak sebagai pembangkit semangat karyawan untuk melakukan tindakan kerja demi tercapainya suatu tujuan individu terhadap perusahan. Tujuan individu itu ialah hasil yang ingin dicapai seseorang ketika bekerja di dalam sebuah perusahan. Adapun tujuan perusahan adalah apapun yang menjadi visi dan misi perusahan yang tertuang dalam bentuk tugas, tanggung jawab dan lingkungan kerja organisasi tersebut. Kolaborasi dari tujuan tersebut akan membentuk satu lingkungan kerja yang motivatif bagi karyawan sehingga akan mencapai satu tujuan secara bersama-sama.





Bentuk nyata dari motivasi kerja adalah kinerja. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "Kinerja" di artikan sebagai sesuatu yang dicapai, prestasi yang di perlihatkan serta kemampuan kerja. Jadi kinerja adalah bentuk implementasi dari motivasi kerja seseorang. Bila seseorang memiliki kinerja buruk maka sudah pasti motivasi kerjanya tergolong rendah. Namun bila kinerja seseorang karyawan bagus, maka ia pasti memiliki motivasi kerja yang tinggi. Jadi kinerja tidak mungkin maksimal apabila tanpa diiringi motivasi. Sebab motivasi merupakan suatu kebutuhan mutlak dalam usaha mencapai tujuan organisasi atau perusahan. Sehingga motivasi menghasilkan kinerja yang mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi/perusahan. Bila motivasi karyawan rendah, otomatis kinerjanya akan buruk, dan akibatnya tujuan dari organisasi/perusahan tidak tercapai sepenuhnya.

Oleh sebab itu, bila anda seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahan hendaklah berpikir tentang diri anda. Sudahkah anda menanamkan motivasi kerja dalam diri anda untuk perusahan.? Jika belum, Ayo mulai dari sekarang.




No comments:

Post a comment