Sikap Tindak dan berucap mencerminkan jati diri anda

Mengenal sikap tindak dan berucap jati diri anda


Sejak dilahirkan ke dunia manusia diberikan akal pikiran,. Dengan akal pikiran sehingga manusia dapat membedakan hal baik dan buruk. Lewat akal pikiran inilah yang membedakan manusia memiliki derajat paling tinggi dari segala makhluk hidup yang ada dimuka bumi. Oleh karena itu manusia dihadapkan dengan pilihan untuk menentukan arah jalan hidupnya kedepan.
Berbagai penelitian para ahli phisikolog menyebutkan " Akal pikiran adalah dasar utama yang membentuk manusia dalam kehidupannya",. Dapat di jumpai dalam kehidupan sehari-hari ditengah kesibukan apapun orang tentunya tak lepas dari segala tindakan berbuatan yang dilakukan berdasarkan akal pikiran yang ada dalam dirinya.

Sikap tindak dan berucap pada diri setiap orang mencerminkan kepribadian.





Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah sikap tindak dan berucap dalam diri adalah hal terpenting yang perlu dikendalikan. Akal pikiran yang terkontrol dalam diri menjadikan segala apa yang dilakukan akan terarah ke hal positif. Sebaliknya juga demikian dengan apa yang diperbuat atau yang diucapkan. Oleh sebab itu setiap apa yang dilakukan atau di ucapkan seringkali menimbulkan persepsi berbeda dari segala aspek yang ada, sehingga akal pikiran tak lepas dari pengendalian diri.

Dari sikap tindak dan berucap mencerminkan kepribadian seseorang sangat ditentukan dari cara berpikir. Hal ini dapat dijumpai dari kehidupan sehari-hari di tengah lingkungan sekitar misalnya lingkungan kerja atau keluarga.
Anda dapat menilai seseorang dari sikap perilaku dan berucap saat membuat putusan, misalnya seseorang yang sangat anda idolakan. Apa yang anda lihat dari diri orang tersebut dalam membuat putusan itulah cerminan diri kepribadiannya.
Hal baik buruknya seseorang bukan dilihat dari cara penampilan berpakaian yang bagus, tapi menjadikan orang berkualitas adalah cara berpikir positif ke arah kedepannya.

Sikap tindak dan berucap penghancurkan masa depan

Akibat sikap tindak dan berucap dari seseorang yang seringkali menimbulkan persepsi berbeda pendapat bagi orang lain dalam penilaiannya membuat tak sedikit orang terdepah dari lingkungan atau komunitasnya. Hal perbedaan persepsi inilah yang dapat menghancurkan reputasi hidup masa depan orang tersebut dikemudian hari.
Banyak kejadian dimuka bumi ini yang menjadikan orang jatuh bangun karena sikap tindak dan berucap bahkan sampai harus menanggung malu yang mendalam pada diri dan keluarganya hingga ada memutuskan mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri karena malu.
Hal ini terjadi dikarenakan apa yang dilakukan dan diucapkan tidak berdasarkan akal pikiran yang terkendali seperti hal diatas.
Umumnya dari sikap tindak dan berucap yang dilandasi dari akal pikiran positif dan tidak memberi efek negatif akan memberi dampak yang baik secara keseluruhan . Hanya saja tergantung atas sikap tindakan yang dilakukan orang yang menilainya.
Oleh karena itu perlu anda perhatikan hal penting dalam bersikap dan berucap ketika anda berada di suatu lingkungan atau komunitas.
Hal yang berlu diperhatikan ketika bersikap tindak dan berucap adalah :




1. Santun dalam berucap

Hal ini sangat perlu dilakukan ketika menyampaikan sesuatu dengan santun dihadapan lawan bicara atau audien anda,agar menimbulkan kesan yang baik bagi lawan bicara atau uadien anda dalam menilainya. Jika kalimat atau kata yang anda ucapkan kurang santun dihadapan lawan bicara atau uadiens anda,tentu hal ini akan memberi kesan yang tidak baik terhadap penilaian diri anda.
Oleh karena itu gunakan kata dengan santun pada tiap apa yang diucap.

2. Pengendalian diri

Hal ini menjadi kunci utama dari apa yang dilakukan atau diucapkan agar apa yang dilahirkan dari akal pikiran dapat menutupi segala kekurangan yang ada dalam diri anda. Dengan mengontrol segala sikap tindak dan berucap akan melahirkan hal positif.
Jangan membuat diri anda terbuai dengan segala ego diri hingga membangkitkan emosional kepercayaan diri yang berlebihan. 

3. Rendah hati

Hal ini seringkali menjadikan orang angkuh ketika berhadapan dengan lawan bicara saat mendapat pujian atau sanjungan sehingga dengan leluasa yang tak terkendali pada dirinya hanyut dengan segala kesombongan yang menghancurkan reputasi diri.
Dengan menunjukan sikap rendah hati berarti anda menempatkan diri tak sempurna di atas segalanya. Hal ini akan menjadikan diri anda tersimpati di hadapan orang.

4. Membuka diri

Menyadari posisi keberadaan diri yang tidak sempurna atas segalanya sehingga akan memberi kesan yang baik bagi orang lain dalam menilai diri anda serta memposisikan diri anda menjadi sempurna dihadapan mereka.
Bersikap menerima dan memperbaiki akan membentuk diri anda lebih baik di masa depan.

5. Permohonan maaf

Hal ini seringkali terabaikan ketika anda berbicara dengan siapa saja yang anda hadapi baik secara empat mata ataupun didepan publik.
Mintalah maaf dalam setiap apa yang diperbuat atau terucap dengan rasa ikhlas pada orang yang berhadapan dengan anda dari setiap sikap dan ucapan yang dilakukan. Hal ini sangat penting dilakukan agar setiap orang menyadari segala kekurangan sifat manusia.

Jika hal diatas dimiliki dalam kepribadian diri anda dalam bersikap dan berucap, maka segala sikap tindak dan berucap yang anda lakukan dilingkungan sekitar akan membawa dampak positif di kehidupan masa depan anda.
Banyak contoh yang menggambarkan kehidupan sikap tindak dan berucap yang menentang dari hal diatas, sehingga membuat banyak orang jatuh atas ulahnya sendiri dan harkat martabat dirinya dilingkungan masyarakat sekitar bahkan bangsa dan bernegara.




1 comment:

  1. Makasih inspirasi yang sangat membantu perubahan sikap.

    ReplyDelete