Kehidupan Mengenal Diri Anda Terhadap Dunia Kerja sebuah Perusahan

Kiat Motivasi Diri

Kehidupan Mengenal Diri Anda Terhadap Dunia Kerja sebuah Perusahan


Di zaman sekarang ini banyak yang mengatakan sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi jika tidak di landasi dengan latar pendidikan yang tinggi. Banyak perusahan yang saat ini mengembangkan bisnisnya merubah prosedur standar perekrutan karyawan berbasis pada latar pendidikan kesarjanaan. Nah,.bagaimana jika anda yang saat ini hanya mengecapi pendidikan akhir sampai tingkat menengah atau setaranya..?

Baca artikel ini "

Fenomena Dilematis Latar Pendidikan Vs Pengalaman Kerja Terkait Dunia Usaha





Topik diatas saya angkat tentang mengenali diri anda terhadap dunia kerja sebuah perusahan, karena sangat penting untuk kita ketahui bersama bahwa sebuah perusahan akan tetap ada dan berkembang maju bukan karena modal usaha,melainkan pada kinerja para pekerja/karyawan yang ada di perusahan tersebut. Hal ini perlu di garis bawahi. Meskipun banyak yang berpendapat berbeda tentang mendefinisikan kemajuan suatu perusahan tapi ujungnya dari akar tersebut adalah kembali pada kinerja para pekerja yang ada di perusahan itu. Coba anda pikirkan dengan pendapat ini..!!!

Kita lanjutkan topik ini dimana seorang yang telah memutuskan pikiran dengan bulat hati saat memilih perusahan untuk dilamar menjadikannya seorang pekerja/karyawan di perusahan tersebut tentu ada melalui beberapa proses penerimaan antara lain memasukan berkas lamaran pekerjaan yang sudah dilengkapi persyaratan, kemudian mengikuti test tertulis hingga interview dan dinyatakan anda diterima sebagai karyawan/pegawai perusahan tersebut. Namun sebelum anda diterima bekerja tentu ada beberapa persyaratan lagi yang nantinya akan di sodori pada anda tentang perjanjian kerja. Jika anda teliti dan cermati biasanya disitu mencantumkan status kerja anda. Ini yang harus anda pikirkan kembali jika anda menyetujui sebuah perjanjian tersebut maka anda dinyatakan siap menjalanai segala ketentuan kebijakan perusahan yang ada.

Banyak karyawan yang menjadi sukses dalam meniti karir di sebuah perusahan yang ia lamar, bahkan juga ada sebagian karyawan yang resign atau berhenti bekerja dengan kehendak hati karena alasan pribadi. Bahkan ada yang lebih aneh karyawan yang masih aktif bekerja namun status kerjanya yang tak jelas. Yang saya maksudkan disini adalah karyawan yang menandatangani kontrak kerja dengan perusahan tersebut.
Ketika karyawan tersebut diterima sesuai perjanjian kerja tertulis misalnya sebagai pekerja/karyawan kontrak, anda harus mengetahui masa jatuh tempo berakhir perjanjian tersebut. Jika sudah jatuh tempo berakhir masa kontrak kerja anda, sebaiknya anda mempertanyakan ke bagian Human Resource Departemen (HRD). Apakah anda akan di perpanjang kontrak atau akan di tendang. Tentu semua itu sesuai penilaian kinerja yang anda tunjukan selama bekerja di perusahan itu.

Bagaimana dengan Karyawan tetap....

Menjadi firal bagi seluruh karyawan perusahan ketika menjadi karyawan tetap sering membuat ia lupa daratan. Artinya prestasi kerja karyawan mulai menurun bahkan tak menunjukan kinerja yang menghasilkan bagi perusahan. kelemahan ini yang tentu sangat merugikan perusahan itu sendiri. Bila anda terkait dengan hal ini agar dapat di pikirkan. Bukti kinerja status karyawan tetap yang mulai menurun menunjukan dirinya berada pada posisi zona nyaman dalam komposisi management perusahan. Hal ini tidak sedikit dilakukan para pekerja/karyawan agar terhindar dari mutasi atau pensiun dini.
Namun bagi perusahan yang super ketat hal ini sering dilakukan review dan evaluasi terhadap komposisi karyawan yang ada di lingkup suatu bagian agar menghasilkan pekerja/karyawan yang handal dan kompeten di segala sub bagian.




Dalam struktur organisasi perusahan yang sangat ketat hal ini sangat memungkinkan bagi para pekerja/karyawannya ketika menunjukan etos kerja yang tinggi tentu akan membuat pekerja/karyawan tersebut akan cepat melejit karirnya. Begitu juga sebaliknya menunjukan pekerja/karyawannya sudah tidak produktif dalam segala bidang akan langsung di tendang. Oleh karena itu jika anda mulai merasakan apa yang anda perbuat bagi perusahan menunjukan kinerja yang menghasilkan, maka nasib anda akan tetap berada di perusahan itu. Namun bila anda menunjukan kinerja yang kurang di pandangan perusahan maka nasib anda tidak akan lama lagi bertahan dan akan di tendang.

Sungguh miris kehidupan dunia kerja sebuah perusahan saat ini, karena belum tentu nasib status seorang pekerja/karyawan tetap menjadi titik aman baginya akan tetap berada di perusahan itu. Sudah banyak kejadian nyata di luar sana yang tak mempedulikan status pekerja/karyawannya langsung di tendang begitu saja. Oleh karena itu etos kerja yang tinggi dari seorang pekerja/karyawan sangat di nanti oleh perusahan agar tetap bertahan dan berkembang maju di masa depan.

Baca artikel lainnya :



No comments:

Post a comment