Cara meningkatkan kepercayaan diri dalam sekejab



Seringkali kita jumpai orang yang merasa minder dengan keadaan dirinya ketika lagi kumpul-kumpul bersama teman-temannya atau mungkin sedang berada di suatu tempat keramaian. Hal ini dikarenakan orang tersebut kurang percaya diri dengan keberadaannya. Terkadang mereka lebih memilih menyendiri dan bahkan menutup diri dari pergaulan. Jika Anda termasuk orang yang demikan, berarti Anda kurang percaya diri dengan keberadaan Anda.
Di kesempatan ini penulis akan membagi sedikit tips sesuai topik bahasan di atas tentang cara meningkatkan kepercayaan diri dalam sekejab. Lalu bagaimana caranya dalam meningkatkan kepercayaan diri itu? atau bagaimana mengubah sifat minder menjadi penuh percaya diri? Ingatlah bahwa menutup diri dari pergaulan dan memilih menyendiri bukanlah solusi. Saat Anda tidak percaya diri, jangan sekali-kali menganggapnya sebagai karakter yang tak bisa di ubah. Ingatlah bahwa setiap sikap, karakter, watak ataupun sifat seseorang dapat di ubah oleh orang itu sendiri.




Berikut ini ada beberapa pilihan solusi yang dapat Anda pilih dan terapkan bila ingin meningkatkan rasa percaya diri. Sekali lagi hanya Anda sendirilah yang bisa mengubah rasa minder menjadi penuh percaya diri dan bukan orang lain. Anda dapat melakukannya kapan saja asalkan memiliki kemauan. Jadi intinya ada pada diri Anda sendiri.

A. Melakukan sesuatu yang positif

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda adalah dengan melakukan sesuatu yang positif. Biasanya, orang yang rendah diri akan sangat sulit melakukan sesuatu kebaikan. Maka, Anda harus belajar dan berusaha melakukannya. Isilah hari-hari Anda dengan berbagai kegiatan positif. Jadi, jangan hanya berdiam diri di rumah atau menyendiri. Dengan melakukan hal-hal positif, niscaya perilaku akan berkembang sehingga Anda akan menjadi lebih berani. Anda tidak lagi ragu untuk berinteraksi dengan orang banyak. Jika sudah demikian, tanpa sadar Anda telah berhasil meningkatkan kepercayaan diri.

B. Mengenali Diri Anda sendiri

Cara lain untuk meningkatkan percaya diri ialah mengenali diri Anda sendiri. Siapa diri Anda yang sebenanya? Apakah Anda orang bodoh yang tak punya teman? Apakah Anda orang yang penakut apabila diberi tanggung jawab dan lari menghindar? Apakah Anda orang pendiam yang malu untuk berinteraksi dengan teman-teman Anda? Ataukah ada secercah optimisme di dalam diri Anda, tetapi Anda tidak menyadarinya?
Dengan mengetahui jati diri Anda, Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jadi, bertemanlah dengan diri Anda sendiri sebelum berteman dengan orang lain.

C. Fokus pada kelebihan diri Anda sendiri

Anda pasti tahu bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pikirkan apa saja yang menjadi kelebihan Anda. Kemudian fokuslah pada kelebihan diri Anda sendiri tanpa harus melihat apa yang ada pada orang lain.Dengan mengetahui hal-hal yang menjadi kekuatan Anda, maka rasa percaya diri Anda akan kian bertambah.

D. Berani mengambil keputusan

Orang tidak percaya diri biasanya takut mengambil keputusan. Maka, cara untuk meningkatkan percaya diri Anda adalah melakukan hal sebaliknya, yaitu belajar mengambil keputusan. Ingatlah bahwa mengambil keputusan apapun membutuhkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, Anda harus melatih diri Anda untuk berani mengambil keputusan, entah itu dalam persoalan sepele ataupun bersifat penting.

E. Berani mencoba

Selain belajar mengambil keputusan, Anda juga harus berani mencoba. Orang yang tidak percaya diri sangat takut untuk mencoba. Mereka pesimis dan skeptis akan dirinya bisa melakukan sesuatu. Maka, agar terhindar dari pola pikir tersebut Anda harus memberanikan diri untuk mencoba.

F. Memperbanyak wawasan

Wawasan sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Orang yang tidak percaya diri berarti wawasannya sangat sempit. Dengan memiliki ilmu dan wawasan luas, kepercayaan diri akan tumbuh dengan sendirinya. Mengapa demikian? Sebab, wawasan yang luas akan membuat seseorang mampu berpikir dan bertindak efektif. Hanya saja, Anda harus membatasi rasa percaya diri itu agar tidak berlebihan. Jika kelewatan, Anda justru akan menjadi orang sombong dan merasa sok pintar.

Itulah beberapa cara atau solusi yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan rasa percaya diri. Ingatlah bahwa dibalik setiap masalah pasti akan ada solusinya. Jadi, jangan minder dihadapan masalah yang menimpah Anda. Yakinlah bahwa hal itu masih dapat diatasi. Anda pasti bisa menjadi orang yang percaya diri ketika menghadapi masalah.


No comments:

Post a comment