Mau Tahu Ciri - Ciri Orang Yang Tidak Percaya Diri?



Apakah Anda termasuk orang yang memiliki rasa percaya diri rendah? Nah, untuk mengetahuinya penulis mengajak Anda untuk mengetahuinya terlebih dahulu ciri-ciri orang yang tidak percaya diri. Berikut ini akan di uraikan mengenai beberapa ciri orang yang memiliki masalah dengan kepercayaan diri.

Pertama, Sulit bersosialisasi.

Dalam hal ini, seseorang merasa malu dan tidak yakin pada dirinya sendiri sehingga mengabaikankehidupan sosial. Sebagai contoh, ketika teman-teman disekitar Anda sedang berkumpul, Anda akan merasa malu untuk bergabung bersama mereka. Bila hal tersebut benar-benar terjadi, Anda termasuk tipe orang yang tidak percaya diri.

Kedua, Terlihat murung dan depresi.

Ciri lain orang yang tidak percaya diri dapat dilihat dari raut wajahnya. Biasanya orang yang kepercayaan dirinya rendah memperlihatkan wajah murung dan depresi. Coba cermati apakah diri Anda juga demikian? Semoga Anda tidak termasuk golongan orang yang memiliki masalah dengan kepercayaan diri.

Ketiga, Mengalami gangguan pada pola makan.

Salah satu contoh gangguan pada pola makan dikenal dengan sebutan anorexia, yaitu penyakit atau gangguan yang disebabkan masalah psikologi. Gangguan ini menandakan bahwa si penderita secara mental menderita sakit. Dalam kaitannya dengan makan, ganggan anorexia ini muncul manakala seseorang membatasi makan atau sedang menjalani diet ketat. Seseorang baru akan menyadari menderita gangguan ini saat perut sudah menolak makanan sekalipun dalam porsi yang sangat sedikit.




Kelima, Berpikir hal negatif.

Orang yang tidak percaya diri selalu berprasangka negatif terhadap sesuatu apapun. Orang tersebut suka berpikiran buruk terhadap diri sendiri sehingga sulit mengenali potensi yang dimilikinya. Setiap kali hendak melakukan sesuatu, ia selalu berpikir tidak akan mampu melakukan hal tersebut. Contohnya, saat melakukan pekerjaan bersih-bersih rumah, Orang yang minder akan pesimis dapat melakukan pekerjaan itu. Padahal, kondisi fisiknya sehat dan kuat. Orang semacam ini layak disebut menyerah sebelum berperang atau kalah sebelum bertarung.

Keenam, Takut dikritik.

Orang yang kepercayaan dirinya rendah biasanya takut dikritik. Saat melakukan sesuatu hal, ia cenderung mengerjakan secara sembunyi-sembunyi. Hal itu disebabkan ia takut dilihat atau dikritik orang lain. Selain itu juga, ia selalu membalas atau merespons pujian dengan nada negatif. Misalnya, saat ada orang memuji keberhasilannya, ia justru menganggapnya sebagai bentuk ejekkan.

Ketujuh, Memikul tanggung jawab.

Takut mengambil tanggung jawab tergolong ciri paling sering dijumpai pada ang yang tidak percaya diri.  Saat diberi kepercayaan untuk memimpin teman-temannya dalam sebuah team work, ia justru melemparkannya kepada temannya. Alasannya, ia diliputi kekhawatiran tidak mampu membawa timnya meraih keberhasilan.

Kedelapan, Selalu pesimis.

Tidak ada sedikitpun rasa optimis didalam diri orang yang tidak percaya diri. Boleh dibilang didalam kamus hidup, orang semacam itu hanya dipenuhi kata-kata bermuatan negatif. Setiap kali melakukan sesuatu hal, ia langsung diliputi pesimisme. Ia juga selalu memandang kehidupan secara negatif. Akibatnya, orang yang tidak percaya diri pasti akan jauh dari keberhasilan dan kebahagiaan.

Itulah beberapa ciri orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Apakah Anda memiliki salah satu ciri yang di uraikan diatas? Jika Ya, maka Anda harus sadar bahwa sikap tidak percaya diri termasuk penyakit berbahaya. Perasaan tersebut hanya akan membawa Anda pada keterpurukan dan kesengsaraan. Anda tidak akan pernah menjadi orang yang penuh percaya diri.



No comments:

Post a Comment