Inspirasi dan Motivasi Filosofi Pohon Kelapa

Inspirasi dan Motivasi

Filosofi Pohon Kelapa


Pohon kelapa atau pohon nyiur seperti yang kita ketahui dimana pertumbuhannya sangat lama. Hal ini menunjukan bahwa pertumbuhan pohon kelapa akan berarti selama 5 tahunan meskipun kita rajin merawat dengan menyiram ataupun memberinya ia pupuk, namun tumbuhnya hanya beberapa centimeter saja dari permukaan tanah. Akan tetapi setelah lima tahunan berikutnya, pertumbuhan dari pohon kelapa akan sangat dasyat dan tingginya tidak lagi dalam hitungan centimeter tetapi mencapai meteran.




Lalu sebenarnya apa yang terjadi dengan pohon kelapa itu...!!?

Ya,.ternyata selama lima tahunan pertama, Selama itu pohon kelapa mengalami resesi pertumbuhan yang sangat dasyat pada bagian akarnya, dan bukan pada batang pohonnya. Dimana pohon kelapa sedang mempersiapkan bagian pondasi yang sangat kuat, agar ia dapat begitu kokohnya menopang ketinggiannya yang mencapai berpuluh-puluh meter dari permukaan tanah kelak di kemudian hari.

Makna dari pohon kelapa

Begitu pula dengan kehidupan yang kita jalani saat ini. Jika kita mengalami suatu rintangan atau hambatan yang berujung pada suatu kegagalan,.! Itu bukan berati kita tidak mengalami perkembangan atau kemajuan. Akan tetapi kita sedang mengalami resesi pertumbuhan yang luar biasa di dalam hidup dan diri kita.
Ketika kita letih dan hampir pasrah menyerah dalam menghadapi kerasnya kehidupan, jangan pernah terlintas dalam pikiran untuk mengakhiri dengan berputus asa.

Ada pameo yang mengatakan “The Hardest Part of a Rocket to Reach Orbit is to get Through the earth’s Gravity” (bagian terberat agar sebuah roket mencapai orbit adalah saat melalui gravitasi bumi).



Jika kita pahami, bahwa bagian peralatan pendukung terbesar yang dibawa oleh sebuah roket adalah jet pendorong untuk melewati atmosfir dan gravitasi bumi.
Setelah roket melewati lapisan atmosfir, jet pendorong akan dilepas dan roket akan terbang dengan bahan bakar minimum pada ruang angkasa tanpa bobot, melayang ringan, dan tanpa usaha keras.

Demikian pula dengan kehidupan seseorang, dimana rintangan dan hambatan selalu menjadi bagian Terberat dari sebuah usaha mencapai Kesuksesan, adalah di saat awal seseorang Memulai Usaha dari sebuah perjuangan, karena segala sesuatu terasa begitu Berat dan Penuh tekanan.

Namun bila ia dapat melewati rintangan dan hambatan tersebut, sesungguhnya ia akan merasakan segala kemudahan dan kebebasan dari tekanan serta beban tersebut pada dirinya.
Namun sayangnya, banyak orang yang menyerah disaat tekanan dan beban dirasakan terlalu berat, bagai sebuah roket yang gagal menembus lapisan atmosfir.

Buya Hamka pernah berkata “Kalau hidup sekedar hidup, Babi di hutan juga hidup dan  Kalau kerja sekedar kerja, Monyet juga bekerja”.

Ketika pohon kelapa ditiup angin kencang, dedaunannya akan kuncup, tetapi setelah angin berlalu, dia akan merekah kembali, laksana perjalanan hidup seorang manusia yang tak pernah lepas dari cobaan & rintangan hidup.

Maka dari itu jadilah seperti pohon kelapa !!!

Fleksibilitas pohon kelapa mengajarkan kita sikap hidup yang berpijak pada keteguhan hati dalam menjalani hidup, walaupun badai dan topan silih berganti menerpahnya, ia akan tegak berdiri menjulang di antara pohon-pohon lainnya.

Tidak ada kata menyerah atau berputus asa dalam hidup ini untuk terus tumbuh dan berkembang,. tidak ada alasan untuk tenggelam dalam keterbatasan, karena bagaimanapun pertumbuhan demi pertumbuhan harus diawali dari kemampuan untuk mempertahankan diri dalam kondisi tersulit apapun.

Lalui hidup ini dengan bijak, dan yakinlah bahwa hidup kita akan "Menjulang Tinggi dan Membawa banyak manfaat bagi orang lain", seperti halnya pohon Kelapa.




No comments:

Post a Comment