Menghindari Kebosanan Karyawan - Motivasi Kerja

Motivasi Kerja Karyawan,..

Menghindarkan Karyawan dari Kebosanan


Di artikel sebelumnya sudah saya ulas tentang tips/cara membangkitkan semangat karyawan dan beberapa di antaranya yakni :
1. Mendukung Ide-ide Baru
2. Memberi Kewenangan Individu

Kali ini saya akan lanjutkan tahapan Tips/cara membangkitkan semangat kerja karyawan tersebut, yakni bagaimana "Menghindarkan Karyawan dari Kebosanan dalam pekerjaan". Anda pasti tahu bahwa segiat apapun karyawan dalam bekerja, pasti suatu saat karyawan tersebut akan timbul rasa jenuh dengan pekerjaan yang setiap hari dilakukannya. Oleh sebab itu dalam artikel kali ini saya akan mengulasnya agar kebosanan bagi karyawan dalam bekerja dapat diminimalisir bahkan bisa di katakan pekerjaan yang dilakukannya menjadi hobby dan menimbulkan gairah semangat baginya.




Bosan merupakan gejala alamiah yang sering dirasakan oleh manusia dalam hidup, tak terkecuali saat bekerja. Kebosanan kerja merupakan fenomena wajar dan umum terjadi pada karyawan di setiap perusahan. Kebosanan karyawan seringkali muncul akibat jenis pekerjaan cenderung monoton, berulang-ulang serta pelaksanaan atau kegiatan yang kurang menarik. Namun ada kalanya kebosanan juga dapat ditimbulkan oleh hal-hal yang semula dianggap mengasyikkan, tetapi lambat laun berubah menjadi tidak menarik.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan karyawan mengalami kebosanan. Selain alasan di atas penyebab kebosanan karyawan bisa muncul dari ketidak mampuannya berkonsentrasi dalam bekerja akibat faktor lingkungan, kurangnya penghargaan dari atasan, pengetahuan yang tidak berkembang, jenis tugas dan tanggung jawab yang statis, tugas pekerjaan kurang bervariasi, lingkungan kurang nyaman, minimnya fasilitas pendukung, serta kurangnya kegiatan sosial/kekeluargaan di lingkungan perusahan. Akumulasi dari keluhan-keluhan tersebut akan sampai pada tingkat kebosanan tertentu. Hal ini bergantung pada sedikit banyaknya faktor pemicu timbulnya kebosanan.

Kebosanan kerja bisa menimbulkan kondisi psikologis yang berbahaya bagi karyawan. Fakta menunjukan bahwa kebosanan bisa mengawali terjadinya agresi tinggi, ekspresi kemarahan, disfungsional dan kesulitan dalam mengendalikan emosi di tempat kerja. Hal ini mengingat kebosanan merupakan fenomena psikis. Kebosanan berhubungan dengan perasaan dan mental seseorang terhadap sesuatu yang dihadapinya di tempat kerja. Otak karyawan yang sedang mengalami kebosanan tidak bisa bekerja secara optimal. Hal yang terjadi justru kegelisahan emosional secara berkelanjutan yang mengakibatkan penurunan kreatifitas dan inisiatif. Dan pada akhirnya produktivitas kerja pun ikut menurun.

Bila kebosanan tidak cepat di atasi maka bukan mustahil karyawan akan melakukan protes kepada perusahan. Hal demikian pasti akan menurunkan kinerja perusahan. Oleh karena itu, perusahan harus memahami bahwa kejenuhan karyawan harus segera dicari pemecahannya. Manajer harus cekatan dalam mengenali dan mengatasi masalah tersebut.



Lalu, Bagaimana mengenali dan mengatasi masalah tersebut,..!?

Anda seorang Manajer, hal yang perlu dilakukan adalah menganalisis faktor-faktor penyebab karyawan merasa bosan terhadap pekerjaannya, kemudian merumuskan solusinya secara tepat.
Seorang Manajer harus memiliki perhatian khusus mengenal hal ini. Jika seorang pimpinan yang mengurus perusahan secara menyeluruh bisa merasa bosan, maka karyawan pun demikian. Manajer harus pekah bahwa jika dirinya bisa bosan berarti karyawan yang memiliki tekanan kerja tinggi juga turut merasakan hal serupa. Ketika karyawan banyak mengalami kebosanan kerja, Anda harus bisa menganalisa penyebabnya. Solusi yang tepat adalah melakukan penanganan sesuai sebab khusus pada diri karyawan. Akan tetapi Anda juga bisa mengantisipasi agar karyawan terhindar dari kebosanan dengan melakukan kegiatan atau semacam program pencegahan. Ada banyak program kerja yang dapat anda ciptakan di tempat kerja ataupun di waktu tertentu agar karyawan tidak jenuh dalam bekerja. Anda bisa membuat kegiatan outbond setiap beberapa bulan sekali, berwisata bersama secara berkala, merencanakan happy hour, membuat perlombaan di sela-sela jam kerja, mengadakan kontes atau hal-hal lainnya. Bila perlu Anda dapat mendengarkan keluhan atau ide karyawan mengenai hal-hal yang mereka lakukan untuk mengusir rasa bosan terhadap rutinitas kerja yang dihadapi setiap harinya.

Diantara beberapa obat kebosanan kerja bagi karyawan, salah satu yang umum dilakukan ialah mengadakan liburan atau rekreasi bersama. Acara semacam ini bisa membangkitkan motivasi dan produktivitas kerja. Dimana waktu liburan yang menyenangkan dapat mengembalikan kesehatan mental dan fisik yang terkuras selama bekerja. Dengan kata lain liburan dapat mengistirahatkan fisik dan psikis dari penatnya pekerjaan. Oleh sebab itu, penting bagi manajer untuk mengadakan program ini dengan mengadakan acara rekreasi bagi seluruh karyawan.
Bukan hanya itu, liburan yang menyenangkan juga bisa menjadi obat stres karyawan. Dimana liburan dapat menjadi sarana menyegarkan otak dari penatnya pekerjaan. Liburan yang efektif juga bisa menjadi pemantik munculnya inspirasi dan ide-ide baru bagi karyawan. Inspirasi memang bisa datang kapanpun dan dimana saja. Hanya saja tidak dapat di pungkiri bahwa inspirasi baru kerap muncul ketika seseorang tengah berada dalam waktu  luang, saat bersantai, ataupun suasana berlibur. Inspirasi baru tersebut tentu sangat bermanfaat untuk melejitkan motivasi karyawan saat bekerja.

Demikian Tips/cara membangkitkan semangat kerja karyawan yang bisa saya berbagi pada pembaca, semoga bermanfaat dan memotivasi diri kita semua dalam bekerja.



No comments:

Post a comment