Ide Baru : Kunci Kesuksesan Memotivasi Karyawan Untuk Kemajuan Perusahan

Inspirasi dan Motivasi Kerja Karyawan

Tips Jitu Membangkitkan Semangat Kerja Karyawan



Sebagai manajer atau pimpinan perusahan sudah sepatutnya anda merubah cara pandang anda terhadap karyawan, dalam hal ini karyawan bukan lagi dianggap sebagai pekerja yang membutuhkan penghidupan, pembantu yang bisa disuruh sesuka hati ataupun sebatas disebut sebagai SDM. Mereka pada hakekatnya adalah aset yang paling berharga bagi perusahan. Mereka adalah sosok yang memiliki motivasi dan ide-ide murni yang mungkin dapat berkontribusi terhadap kemajuan perusahan. Mereka setiap hari bergelut dengan beragam tugas tanpa kenal lelah sehingga menguasai dan memahami bidang kerjanya.

Sehubungan dengan itu, jadilah manajer yang mendukung ide-ide baru dari karyawan. Ketika seorang karyawan datang kepada anda dengan tawaran ide atau solusi untuk suatu masalah yang dipercaya bisa memajukan perusahan, hal ini menandakan bahwa ia sangat peduli terhadap perusahan. Selain bisa membantu perusahan mencapai kemajuan, dukungan anda terhadap ide-ide baru bisa menghadirkan motivasi tersendiri dalam bekerja. Ide sekecil apapun dari karyawan yang anda dengarkan akan memberinya motivasi dalam bekerja, meskipun pada akhirnya ide tersebut belum berhasil memecahkan masalah. Dengan menerima ide dari karyawan, mereka akan merasa dihargai, diperhatikan, diapresiasi dan diperdayakan kemampuannya. Hal ini adalah suatu kebijakan kecil yang dapat berpengaruh besar terhadap karyawan. Terlebih bila ide tersebut terbukti berhasil dalam menyelesaikan masalah dan membawa kemajuan perusahan maka dapat dipastikan karyawan tersebut akan semakin giat dan bersemangat dalam bekerja.




Karyawan menyampaikan ide secara langsung kepada atasan merupakan hal yang lumrah terjadi di setiap perusahan. Kebiasaan dan kebebasan menyampaikan pendapat akan berimbas pada tradisi di lingkungan kerja perusahan itu. Tradisi seperti ini sangat positif, baik bagi perusahan maupun karyawan. Kinerja karyawan melejit sedangkan perusahannya semakin maju dan berkembang. Namun persoalannya budaya masyarakat indonesia yang masih sungkan dan tunduk pada atasan membuat cara ini kurang efektif. Kecenderungan karyawan tidak berani menyampaikan pendapatnya secara terbuka serta kurang memiliki inisiatif. Padahal mereka memiliki berbagai informasi penting terkait pencapaian target perusahan. Atas dasar itulah perusahan harus menciptakan media komunikasi efektif antara karyawan dan pimpinan dalam rangka menggali dan mendeteksi berbagai informasi penting dari karyawan.

Banyak perusahan-perusahan besar yang memiliki metode khusus dalam memotivasi karyawannya, salah satu metode yang banyak dilakukan adalah adopsi Kaizen Manajemen, yaitu membuat sebuah forum di perusahan dimana orang-orang di dorong untuk memberikan pendapat atau ide untuk meningkatkan kualitas kerja. Ketika ide-ide mereka dipakai dan di adopsi oleh tim, maka karyawan tersebut akan merasa dihargai dan di dengarkan ide-idenya. Selain dapat memotivasi karyawan dengan  kinerja yang unggul, metode mendengarkan ide-ide baru karyawan juga dapat memajukan perusahan.  Hal ini terbukti dari perusahan Cargil. Agar karyawan terpacu untuk menyumbangkan ide unik mereka, perusahan berskala besar ini mengadakan program yang dapat memperbaiki operasional dan meningkatkan motivasi kerja bernama "Cargil Suggestion Plan" (CSP). Hal ini berawal dari kegelisahan dalam mencari sudut pandang baru untuk mengubah budaya kerja dan memperbaiki operasional pada dekade 1940-an. CSP merupakan program yang bertujuan mendorong karyawan untuk berpikir positif dan mengajukan ide-ide perubahan yang dapat menjadikan perusahan Cargil lebih efisien dan inovatif. Ternyata sambutan terhadap program tersebut sangat positif. Dimana setiap inspirasi datang, karyawan diminta menuliskan dan memasukan rencana kedalam kotak saran. Proposal yang lolos pemeriksaan komite penasehat kemudian diteruskan kepada tim investigasi yang akan mempertimbangkan prospek sekaligus mengkalkulasi biaya eksekusi. Hebatnya hampir sepertiganya telah diterapkan oleh perusahan untuk meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya. Karyawan bukan hanya merasakan kepuasan melihat kontribusi mereka menjadi nyata demi kepentingan perusahan, tetapi juga menerima imbalan finansial berdasarkan ekspektasi kesuksesan konsep.

Jadi disini bila ditarik kesimpulan, sebuah perusahan akan melejit berkembang di masa depan jika benar-benar serius dalam menciptakan budaya baru, yakni menghargai ide-ide cemerlang karyawan. Dengan program tersebut tentu akan memancing kreatifitas karyawan untuk menciptakan ide-ide mereka dalam mencapai tingkat kesuksesan lebih tinggi bagi perusahan serta mendukung tumbuhnya motivasi karyawan dalam bekerja. Inilah kunci sukses dalam memotivasi karyawan dan memajukan perusahan di masa depan.



No comments:

Post a comment