MENGHALAU PENYESALAN DIRI




Seringkali kita diperhadapkan dengan banyaknya persoalan atau permasalahan dalam kehidupan yang menimpah silih berganti. Bahkan banyak orang yang terjebak dalam permainan roda kehidupan hingga akhirnya berbuntut pada penyesalan diri. Hal ini disebabkan karena mereka kurang memahami arti kehidupan itu sendiri.

Secara prinsip sebetulnya, apapun jenisnya persoalan yang kita hadapi, itu adalah sudah menjadi kehendak Sang Pencipta. Sebagai manusia yang bertakwah tentu rasa syukur tak henti selalu dipanjatkan atas segala apa yang diberikan untuk dijalani dengan lapang tanpa harus berkeluh kesah. Hanya saja tidak semua orang yang pandai bersyukur akan semua itu. Inilah hal yang seringkali membuat banyak orang merasa kecewa dan tidak menerima kehendak yang menimpah atas diri mereka.

Kesalahan dalam mengambil putusan dijadikan kecewa besar berkepanjangan hingga menghukum diri adalah suatu tindakan tidak produktif yang bakal berujung runtuhnya masa depan hidup, apalagi jika sampai putus asa dan tak mau bangkit dari keterpurukan. Sementara orang lain masih terus berlari meninggalkan Anda yang hanya terkapar penuh luka dalam dan tak berdaya. Anda hanya bisa diam termangu berharap belas kasih tanpa semangat sedikitpun untuk berjuang dalam hidup. Oleh karena itu, jangan meratapi nasib dan menyesali setiap apapun kesalahan ataupun kegagalan yang pernah Anda alami. Biarkan yang lalu tetap berlalu hingga ditelan waktu. Jadikan itu pengalaman untuk membenahi diri hingga menemukan jati diri Anda yang sebenarnya. Jangan pernah cengeng dengan sesuatu yang menimpah pada diri Anda. Memang hal itu wajar untuk dialami. Rasa pahit dan penderitaan harus dijalani, karena besar kecilnya cobaan hidup yang menimpah sudah ada kadarnya yang diberikan Sang Maha Kuasa pada setiap hambanya tidak melebihi kemampuan masing-masing.

Jika Anda menganggap diri Anda orang yang lemah, itu artinya Anda tak akan pernah menggapai impian hidup dan cita-cita masa depan. Buanglah semua pikiran negatif yang ada dalam benak Anda saat ini dan mulailah dengan langkah baru yang penuh keyakinan bahwa Anda orang hebat yang penuh semangat hidup untuk bisa menggapai segala apa yang diharapkan tanpa berkeluh kesah, pasrah dan menyerah pada setiap keadaan maupun kegagalan.

Hanya orang-orang pesimis yang punya mimpi besar namun tak mampu mewujudkan. Dan Anda bukanlah tipe orang yang demikian. Saat ini Anda sedang berjuang mengalahkan rasa sesal diri dan sifat pesimis itu. Tak ada hal yang tak mungkin jika tidak di dasari dengan sebuah usaha yang lebih besar. Anda lupa bahwa banyak orang disekeliling sangat mencintai dan sedang menanti dengan senyuman ingin melihat Anda bangkit dan berlari kembali. Semua itu akan menjadi sia-sia jika Anda hanya terus terkubang dalam penyesalan yang tak berujung. Sudah saatnya sekarang Anda move on dari penyesalan. Jangan biarkan tergerus oleh rasa sesal tanpa kemauan untuk berubah. Pandangilah masa kini dengan penuh kesadaran dan bukan dengan ketakutan.

Ingat Sobat..!  bahwa setiap usaha dan upaya Anda menjadi pengorbanan dan harapan hidup atas orang-orang yang Anda cintai. Buatkan senyuman mereka itu menjadi nyata untuk Anda perjuangkan hingga mereka mendekap erat dan mengatakan pada diri Anda bahwa Anda orang hebat.

Semoga bermanfaat...!

No comments:

Post a Comment