Perjuangan Kerja Keras Demi Mencari Sesuap Nasi




Bicara tentang mencari sesuap nasi tentunya ini berkaitan dengan kehidupan,. Untuk bertahan hidup, banyak orang-orang kecil seperti kita merasa bahwa mencari sesuap nasi sungguh sangatlah sulit dari hari ke hari,  harus rela peras keringat, banting tulang siang malam. Tapi bagi orang-orang besar atau yang hidup serba berkecukupan, mencari sesuap nasi tidak ada apa-apanya. Karena harta mereka berlimpah ruah, bahkan tidur pun mereka bisa berbantal uang. Tapi, sebagai orang-orang kecil,..kita jangan pernah menyerah untuk menghadapi cobaan hidup, apalagi hanya berpangku tangan dan bermalas-malasan.

Kita telah diberikan suatu anugerah dari Sang Maha Pencipta dengan fisik jasmaniah yang sehat sempurna, mengapa harus berkecil hati, tatkala melihat orang lain bisa menikmati hidup yang serba berkecukupan. Justru inilah yang harus menjadi batu pijakan bagi kita untuk memotivasi diri agar pantang menyerah dalam hidup ini.

Kerja itu boleh apa saja yang penting halal, tidak mesti yang ringan-ringan yang berat pun hendaklah diterima asal bisa makan. Buanglah jauh-jauh segala rasa malu dalam diri dan pikiran terhadap hal-hal negatif yang terus mencoba merapuhkan langkah kita untuk bangkit dan bersemangat. Sekecil apapun usaha yang kita korbankan pastilah akan ada hasilnya, asalkan kita mau melakukannya. Pintar-pintarlah dalam mengasah kemampuan diri selama nyawa masih dikandung badan. Tak perlu berpendidikan tinggi untuk bisa mencari sesuap nasi atau untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, yang dibutuhkan hanyalah kemauan diri untuk  melakukan hal yang mendukung kelangsungan hidup. Hanya orang-orang malas saja lah yang tak akan dapat mengisi perutnya untuk hidup. Seharusnya kita malu pada mereka-mereka yang sejak lahir tidak memiliki tubuh yang sempurna alias cacat secara fisik, tapi mereka masih terus gigih berjuang bekerja dengan penuh semangat demi sesuap nasi. Pemandangan seperti ini sudah sering kita temui dimana-mana, bahkan diantara mereka bisa sukses menggapai impiannya menjadi orang besar.

Banyak orang diantara kita yang masih suka bermalas-malasan karena tidak dapat perkejaan yang ringan. Padahal kalau dipikir-pikir sekilas ini sangatlah lucu,. Mereka mau pekerjaan ringan, dapat gaji besar, tapi kemampuan dimiliki rendah. Sungguh ironis bukan,..? Hhhmmm.

Intinya, Jangan pernah mengeluh atas kekurangan Anda. Karena kekurangan akan mengingatkan Anda untuk mencari kelebihan didalam diri. Ingat,..!? Seberat apapun beban dan masalah yang dihadapi tidak akan melebihi kemampuan yang Anda miliki. Namun, jangan terlalu senang ketika menghadapi kemudahan, karena akan ada kesulitan yang menanti dibalik kesenangan itu.

Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a comment