Mengatasi Konflik dengan Pacar disebabkan Rasa Kecewa



Dalam artikel sebelumnya penulis telah membahas solusi mengatasi konflik yang terjadi dengan pacar yang disebabkan rasa bosan. Anda membaca yang baru menemukan artikel ini, dapat membacanya kembali disini.
Dikesempatan kali ini penulis akan mengangkat topik "Solusi mengatasi konflik dengan pacar yang disebabkan oleh rasa kecewa". Seperti diketahui bahwa rasa kecewa yang tiba-tiba muncul di dalam hati ternyata itu dapat memicu timbulnya konflik dengan pacar.  Dalam hal ini rasa kecewa didasari oleh ekspektasi yang berlebihan. Saat Anda memiliki harapan besar kepada pacar, tetapi kenyataan berkata lain, kecewa pun menjadi hasilnya. untuk mengatasi situasi konflik ini, solusinya adalah membunuh kekecewaan tersebut. Hilangkan segala kekecewaan yang menyebabkan Anda tidak puas terhadap pacar.  Adapaun cara membunuh rasa kecewa agar konflik yang terjadi antara Anda dengan pacar dapat terselesaikan hingga harmonis, mencakaup beberapa hal yang akan diuraikan berikut ini.




A. Menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing

Cara pertama untuk membunuh kekecewaan terhadap pacar ialah menyadari kekurangan dan kelebihan sang pacar. Ingat, bahwa di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, termasuk Anda dan pacar Anda. Saat berharap terlalu banyak padanya, Anda justru akan kecewa karena dia tidak mungkin bisa memenuhi semua harapan Anda. Ingatlah bahwa dia hanyalah manusia biasa, bukan malaikat. Bila Anda tak bisa menyadari tentang ketidaksempurnaan pada manusia, maka rasa kecewa akan terus melekat dihati Anda. Maka, solusi paling ampuh untuk membunuh rasa kecewa ialah fokus pada kelebihan pacar Anda dan bukan pada kekurangannya.

B. Membatasi ekspektasi terhadap pacar

Rasa kecewa muncul bukan hanya disebabkan oleh sang pacar yang memang sering membuat kita kecewa, tetapi juga ekspektasi berlebihan. Harapan atau ekspektasi terlalu tinggi terhadap pacar akan mendatangkan kekecewaan. Oleh karena itu, cara mengatasinya ialah berharap sewajarnya. Jangan terlalu tinggi menggantungkan harapan karena sang pacar hanyalah manusia biasa yang memiliki kekurangan dan keterbatasan.

C. Jujur terhadap diri sendiri dan memaafkan

Cara lain untuk menghilangkan rasa kecewa terhadap pacar adalah jujur terhadap diri sendiri dan memaafkan. Cara ini dapat dilakukan bila rasa kecewa disebabkan oleh ulah sang pacar. Misalnya, Anda sakiti hatinya atau perilaku dia, merasa kesal, atau menganggap telah dibohongi. Rasa kecewa yang disebabkan oleh sang pacar dapat diatasi dengan cara ini. Cobalah tarik napas dalam - dalam, kemudian belajarlah untuk ikhlas memaafkan.

D. Jangan terlalu bergantung pada sang pacar

Inilah penyebab kecewa yang paling sering atau umum terjadi dikalangan para kawula muda. Saat terlalu bergantung pada sang pacar, kekecewaan itu pasti datang. Contohnya, Anda setiap hari menunggu kedatangan sang pacar untuk diantar kesekolah, kampus, atau kantor. Tanpa kehadirannya, Anda tidak pergi beraktivitas sebagaimana Anda lakukan. Saat tiba-tiba ada halangan yang menyebabkan pacar tak bisa menjemput, maka Anda pasti kecewa. Oleh karena itu, jangan terlalu menggantung kepada pacar Anda agar tidak cepat merasa kecewa.

Demikian beberapa hal solusi dalam mengatasi konflik dengan pacar yang disebabkan oleh rasa kecewa. Sebetulnya ada banyak hal lain yang mempengaruhi hal tersebut. Namun, hanya intinya saja yang penulis uraikan diatas secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, terlebih bagi para kawula muda yang lagi dirundung konflik dengan pacar karena merasa kecewa.



No comments:

Post a comment