Cara menghadapi dan meluluhkan sikap guru galak di sekolah

Cara menghadapi dan meluluhkan guru galak di sekolah


Sekolah merupakan suatu sarana pendidikan yang tersedia di tengah masyarakat baik itu milik pemerintah maupun swasta.Dan hampir bahkan di seluruh sekolah yang ada baik itu milik pemerintah maupun swasta pasti saja ada guru yang dikenal sangat galak.
Umumnya karakter guru yang dikenal galak oleh murid di tiap sekolah sangat berbeda-beda mulai dari bentuk fisik yang tinggi besar,pendek,kurus, gendut, ataupun memiliki raut wajah yang sangar tentu membuat rasa takut bagi para murid sekolah jika berhadapan dengannya.
Apalagi guru tersebut suka memukul,mencubit,atau menghukum secara fisik terhadap murid sekolah. Hal ini tentu sangat membuat mental para murid akan down ketika berhadapan dengan guru yang galak tersebut.






Bagi anda para murid sekolah tentu tak ingin berhadapan dengan suatu masalah disekolah ketika sang guru galak menangani kasus mu di sekolah,bukan..?
Jika hal itu terjadi pada diri anda,Saya yakin anda akan merasa ketakutan dan gugup tak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi tersebut.
Disini Saya akan berbagi Tips dan Trik pada anda para siswa/siswi ataupun sebagai Orangtua memiliki anak yang masih duduk di bangku sekolah, agar mengikuti langkah berikut ini.

1. Mengenal Otobiografi / Latar belakang guru galak

Latar belakang guru galak sangat penting diketahui terlebih dahulu. Karena biasanya guru dikenal galak di sekolah tak seperti kehidupannya sehari-hari di tengah keluarganya atau bermasyarakat. Untuk itu kenali terdahulu latar kehidupan guru galak tersebut seperti pada point nomor satu.
Latar belakang yang saya maksudkan disini adalah kepribadian yang terbentuk dalam diri guru galak tersebut, apakah memang bawaan sejak lahir atau hanya dalam kondisi tertentu bagi dia untuk melakukan sesuatu. Bisa saja hal itu bertentangan dengan apa yang menjadi anggapan anda.
Karena banyak sekarang ini para guru menjadi galak disekolah cuma dibuat-buat saja untuk menakuti para murid di sekolah tersebut.
Hal ini tentunya akan mempermudah anda membuka peluang bagi guru galak tersebut untuk tidak menghukummu secara fisik atau memberi sangsi berat.

2. Pendekatan emosional

Dalam hal ini hubungan keakraban sangat diperlukan antara anda sebagai murid ataupun sebagai Orangtua yang memiliki anak masih sekolah dalam menjalin keakraban dengan guru yang galak.

Bila anda sebagai murid,.! sering-seringlah melakukan konsultasi ekstra diluar jam pelajarannya untuk berdiskusi tentang mata pelajaran/bidang studi yang baru di ajarkannya. Hal ini dimaksud agar anda akan disegani olehnya diantara para murid lainnya.
Bila anda sebagai Orangtua dari murid,.! Lakukanlah silaturahmi langsung ke rumahnya dan memperkenalkan diri bahwa anda orangtua murid dari si "A". Bicarakan tentang kekurangan dan kelebihan dari anak anda serta kiat-kiat apa yang dapat membentuk anak anda menjadi baik disekolah. Mintalah saran dari guru galak tersebut.
Saya sarankan anda tidak berlebih-lebihan membicarakan tentang anak anda. Bicarakanlah hal yang umum diluar sekolah.
Dengan cara ini berarti anda sudah mengikat suatu tali keakraban dan kekeluargaan antara anda dengan guru galak tersebut.




3. Bersikap Stabil/Normal

Sikap ketegaran diri dalam kondisi apapun sangat dibutuhkan dalam hal ini bagi anda para murid. Jangan membuat rasa takut anda menguasai dirimu.
Kontrol diri dengan segala akal pikiran yang positif saat berhadapan dengan guru galak tersebut, serta jangan merundukan kepala dihadapannya atau berpaling menengok kiri kanan. Karena hal ini akan mengimbangi adrenalin rasa percaya diri anda terhadap kondisi sikap guru galak tersebut ketika ditanya dan menjawab pertanyaannya.
Cara ini menunjukan bahwa anda benar-benar menguasai suatu kondisi dalam diri anda.

4. Santun dalam bahasa/berkata-kata

Umumnya orang bila mendengar bahasa/kata yang santun terucap dari mulut seseorang akan terkesimah hingga menilai orang tersebut punya kepribadian yang baik. Hal ini juga perlu anda lakukan ketika memberi alasan saat ditanya oleh guru galak tersebut.
Bicaralah dengan bahasa/kata yang santun semaksimal mungkin yang kamu bisa. Kontrol nada suara yang datar agar jelas terdengar olehnya.
Satu hal penting jangan pernah membantah ataupun memotong tiap perkataan yang disampaikannya. Karena hal ini akan memicu tingkat kemarahannya dan menguasai kondisi saat itu.
Cara ini akan meluluhkan kepribadian guru galak yang anda hadapi. Sehingga hukuman/Sangsi pada anda akan lebih ringan atau mungkin terabaikan.

5. Introspeksi diri

Dalam hal ini bukan berarti anda selalu diposisi yang benar. Sesekali anda harus menyadari diri terhadap apa yang anda perbuat sehingga anda dihukum atau diberi sangsi khusus oleh guru galak atau pihak sekolah.
Pikirkan hal ini dan mintalah maaf sebagai wujud sikap profesional anda yang menggambarkan seorang murid yang baik di sekolahmu.
Hal ini juga akan memberi dampak pada guru galak tersebut sehingga mempertimbangkan hukuman/sangsi terhadap anda.

Lima hal inilah yang harus anda ketahui dan sikapi ketika menghadapi guru galak disekolah.
Semoga bermanfaat dan dapat memberi motivasi serta menginspirasi diri anda sebagai siswa/siswi sekolah. Lebihnya saya mohon maaf bila artikel ini kurang dipahami isinya atau kalimat-kalimat yang kurang  mendidik.

Baca Artikel lainnya di blog ini tentang Motivasi, Inspirasi dan Inovasi.


No comments:

Post a comment