Nasihat Penting Tentang Mencari Ilmu




Allah SWT telah menciptakan manusia dengan sempurna. Apalagi telah diberikan akal pikiran agar manusia itu dapat berpikir dan bertindak akan hal yang baik dan yang buruk. Namun terkadang yang namanya makhluk (Manusia) sering salah menentukan pilihan jalan hidupnya. Oleh sebab itu, yang namanya manusia wajib menuntut olmu. Memang benar dengan berilmu adalah salah satu kunci orang dapat meraih keberhasilan yang di cita-citakan, dan dengan ilmu itu juga dapat menghancurkan masa depan kehidupan seseorang. Kesemuanya itu bergantung atas pribadi orang tersebut dalam mengeksplorasikan ilmu yang dimilikinya.

Jika seseorang ingin meraih hal yang berkaitan dengan duniawi, wajiblah memiliki ilmu. Bahkan jika seseorang itu ingin selamat dan bahagia di akhirat, ia juga harus wajib memiliki ilmu. Dan jika seseorang ingin meraih keduanya, maka wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula.

Mencari dan menambah ilmu tidak mengenal usia dan hendaknya menuntut ilmu sampai ajal menjemputnya. Dengan berilmu dapat menambah wawasan dan pengetahuan akan diri seseorang, sehingga seseorang yang berilmu dapat dipandang tinggi dan mulia oleh masyarakat dalam perjalanan kehidupannya. Tanpa ilmu juga, seseorang akan dipandang rendah, bahkan tanpa ilmu ibadah dari seseorang tersebut tidak akan diterima dan keimanannya pun bisa goyah. Maka dari itu urgensi ilmu itu sangat penting. Tinggal cara bagaimana seseorang melakukan fungsi ilmu tersebut.

Jadi, sobat...! Sebaik-baik manusia adalah manusia yang menuntut ilmu,. dan sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang bermanfaat dan bukan ilmu yang sesat dalam mengamalkannya, terlebih khusus ilmu agama. Jangan sampai menuntut ilmu justru membawa Anda ke dalam lubang kenistaan yang kelak nanti menjadi penghuni api neraka. Amalkanlah ilmu yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan, yakni ilmu yang membawa manfaat atas diri Anda dan orang banyak. Sebab setiap manusia yang berilmu akan diminta pertanggungjawabannya di hari akhir.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment