TIPS Menghindari Kemalasan Dalam Diri




Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mau disebut pemalas atau mengakui diri sebagai pemalas. Bahkan ketika orang melihat kita berdiam diri, bersantai berjam-jam hingga berhari-hari, sontak kita cenderung disebut pemalas. Padahal, bisa jadi mereka tidak mengetahui bahwa kita baru saja selesai melakukan tugas dan pekerjaan berat dalam durasi yang cukup lama. Namun, jika kita bersantai terlalu lama dan itu berlangsung dalam frekuensi tinggi, maka anggapan itu benar dan berhak menjuluki kita sebagai pemalas jika demikian adanya.

Ada beberapa Tips untuk menghindari kemalasan dalam diri, yakni :

1. Miliki motivasi

Pada sejumlah kasus, alasan menjadikan orang menjadi pemalas adalah kurangnya motivasi. Nah, Anda harus temukan cara agar merasa termotivasi. Mengingat hal itu sifatnya subyektif pada masing-masing individu. Misalnya nonton film yang dapat membangkitkan semangat Anda untuk melakukan suatu tindakan, atau mungkin membaca buku-buku motivasi.

2. Menganggap tugas sebagai bentuk latihan

Jika kita menganggap tugas sebagai beban, maka kita cenderung malas untuk menggarapnya. Atau, yang lebih buruk lagi, menggarap secara asal-asalan. Agar terhindar dari kemalasan yang berbuah pada tumpukan tugas yang lebih besar lagi, maka anggap saja tugas tersebut sebagai latihan yang bakal meningkatkan kecakapan dan keterampilan Anda. Coba saja. Pasti akan terasa lebih ringan.

3. Lakukan satu kegiatan dalam satu waktu

Jika Anda merasa banyak hal yang harus dilakukan, maka itu hanya akan membuat Anda merasa malas. Maka dari itu, ambil satu tugas atau satu pekerjaan saja dan tuntaskan, kemudian beralih ke pekerjaan berikutnya.

4. Belajar dari mereka yang sukses

Ingin berhenti malas? Perbanyak baca biografi orang sukses dan perhatikan mereka yang benar-benar sukses. Dengan mengerti bagaimana cara mereka mengatasi kemalasan, maka Anda akan terinspirasi untuk menghancurkan kemalasan dan rasa malas yang mendera dalam diri Anda.

5. Punya visi

Dengan sering membayangkan diri menjadi sosok yang Anda inginkan, maka Anda akan tersadar akan apa saja yang harus Anda raih dalam kehidupan ini. Itu semua tampak sederhana, tapi hal tersebut pasti memotivasi Anda untuk menghalau kemalasan.

6. Pikirkan manfaat

Mulai sekarang pikirkankanlah berbagai manfaat yang bakal Anda peroleh, ketimbang menghabiskan waktu memikirkan soal kesulitan dan hambatan yang tengah menghadang di depan mata. Perlu Anda sadari bahwa berkutat memikirkan betapa sulitnya sebuah pekerjaan hanya membuat Anda patah semangat, sehingga memilih tidak beraksi dan akhirnya, menjadi seorang pemalas. Sangat penting bagi Anda untuk membuat pikiran Anda fokus memikirkan manfaat dan bukan masalah.

7. Pikirkan konsekuensi

Pikirkan apa yang bakal terjadi jika Anda mengalah pada kemalasan. Pikirkan pula dampak dari tidak mengambil langkah untuk bertindak. Dengan begitu, Anda akan terdorong untuk melangkah.

8. Seringlah merenung

Merenung dimaksudkan Anda renungkan apa yang sudah Anda capai dalam seharian dan apa yang sudah Anda lakukan hari ini. Anda tentu mengetahui mana yang kurang dan yang lebih. Jika telah mengerti titik lemah Anda, dan apa yang membuat Anda tidak tertarik untuk menuntaskan pekerjaan, maka Anda bakal menemukan apa yang membuat Anda malas. Dengan begitu, Anda bisa mencoba mencari cara untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a comment