KAPAK, GERGAJI, PALU DAN API ~ CERITA DAN KISAH MOTIVASI

 

Alkisah suatu ketika kapak, gergaji, palu dan api sedang melakukan perjalanan bersama. Dalam perjalanan yang jauh dan sangat melelahkan itu, tiba-tiba mereka terhenti ketika melihat sepotong besi baja tergeletak menghalangi jalan yang akan mereka lalui. Mereka terlihat seperti memamerkan kekuatannya masing-masing dengan berusaha menyingkirkan baja tersebut yang menghalangi perjalanan panjang mereka.


Kemudian Kapak berkata, "Itu bisa aku singkirkan dengan kekuatan ku yang sangat dahsyat ini". Dengan pukulan-pukulannya yang sangat dahsyat keras sekali menghantam baja yang kuat & keras. Tapi tiap pukulannya hanya membuat kapak itu semakin tumpul hingga ia pun berhenti.

Melihat kapak yang kehabisan tenaga dan tak mampu menghantam baja itu, gergaji dan palu tertawa terbahak meremehkan kekuatan kapak.


"Sini biar aku yang urus" kata Gergaji. Dengan sombong gergaji memamerkan gigi-giginya yang tajam mencoba mendekat baja yang tergeletak itu. Lalu, tanpa perasaan, ia pun mulai menggergaji dengan sekuat tenaganya. Namun, apa yang terjadi...! alangkah kaget & kecewanya ia, semua giginya jadi tumpul dan rontok. Gergaji pun mundur tak mampu menyingkirkan baja yang tergeletak menghalangi jalan yang harus mereka lewati itu. Kejadian itupun di tertawakan Palu menggelitik.


"Apa kubilang" kata Palu. Kalian tak akan bisa menyingkirkan baja itu, meskipun sekuat tenaga yang kalian miliki. Sini, sini kutunjukan caranya". Dengan sombong Palu mendekat ke baja dan langsung sekuat tenaga ia memukul baja itu. Tapi apa yang terjadi, baru sekali ia memukul, kepalanya terpental sendiri, dan baja tetap tak berubah posisinya.

Melihat ketiga teman-temannya terluka parah, Api pun memohon izin dan berkata,.

"Bolehkah aku mencoba?" tanya Api. Kapak, Gergaji dan Palu justru meremehkan kekuatan Api sambil berkata, "Sudahlah...kekuatanmu tak bisa menyingkirkan baja itu". Kemudian Api mendekat baja yang tergeletak itu dan ia pun melingkarkan diri, dengan lembut menggeluti, memeluk dan mendekap erat baja itu tanpa mau melepaskannya. Baja yang keras itupun tiba-tiba meleleh dan cair.

Kapak,Gergaji,Palu ternganga keheranan melihat barusan yang dilakukan Api tadi.


Nah,.Sahabat..!? Ada banyak hati cukup keras untuk melawan kemurkaan dan amukan kemarahan demi harga diri. Tapi jarang ada hati yang tahan melawan api cinta kasih yang hangat.


Betapa arif dan bijak bila kita ada dalam sebuah kelembutan dan kehangatan, seperti api mencairkan hati yang dingin. Tak ada yang tahan menampik cinta dan kasih sayang...


Semoga Bermanfaat,...

No comments:

Post a Comment