Ciri-ciri Orang yang berSemangat Lemah

Ciri-ciri Orang yang berSemangat Lemah


Kondisi ini banyak di temui dalam hidup keseharian,entah di lingkungan masyarakat,keluarga, atau di lingkungan tempat kerja kita.
Akan banyak yang anda lihat seseorang kehilangan semangat atau semangatnya melemah. Atau mungkin saja anda sendiri pernah mengalami hal itu.

Pernahkah anda merasa tidak ingin melakukan sesuatu atau tidak ingin bicara dengan seseorang? Pernahkah anda mendengar seseorang berkata "Hari ini aku tidak punya semangat sama sekali".
Sejatinya kondisi semangat yang lemah menimbulkan masalah bagi seseorang, baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain.
Ketika seseorang merasa semangatnya melemah, Ia mencari pelarian dari keadaan itu. Bisa dengan menonton televisi selama berjam-jam, makan meski tak lapar, merokok, meminum minuman keras, atau mungkin mengkonsumsi narkoba. Kondisi ini bisa menjadi penyebab utama hilangnya berbagai kesempatan dan dapat memicu konflik rumah tangga yang berujung perceraian.







Ini adalah Ciri-ciri orang yang bersemangat lemah:


  • Raut wajahnya kusut
  • Konsentrasinya negatif
  • Prilakunya negatif
  • Emosional
  • Banyak diam
  • Bersikap tertutup
  • Suka menyendiri


Dari ciri-ciri diatas mungkin salah satunya pernah anda alami,bukan..? Atau saja anda pernah melihat seseorang atau teman dekat anda yang mengalami ciri-ciri yang saya sebutkan.

Seorang kawan saya mengeluh istrinya yang tak suka di ajak jalan keluar, menolak setiap undangan, dan emosional terhadap dirinya dan anak-anaknya.
Kondisi ini membuat mereka hidup diliputi penderitaan.
Saya meminta kawan saya untuk menceritakan pada saya bagaimana istrinya menghabiskan waktunya. Ia berkata,"Dahulu Ia terbilang sangat aktif. Ia suka keluar, membaca dan punya banyak perhatian. Tiba-tiba Ia menjadi sosok yang sama sekali tak ku kenal. Ia menjadi tidak punya minat pada apapun. Ia tidak lagi mau menghadiri undangan teman-temannya, tidak mau makan malam diluar, bahkan membacapun Ia tinggalkan. Satu-satunya ia lakukan adalah pergi ke tempat kerja,pulang lalu menonton televisi sampai berjam-jam. Ia tampak kelelahan  hingga ketika berbicara cenderung emosional. Selain itu Ia gampang marah meski hanya sebab-sebab yang remeh.




Saya  pun mencoba meminta bertemu dengan Istri teman saya setelah mendengar cerita dari teman saya saat itu. Ketika hal itu ditawarkan kepada istrinya,Eh..Istrinya menolak. Seminggu kemudian istrinya sendiri yang datang menemui saya. Ketika berdiri di depan saya, kesan yang muncul adalah Ia orang yang tidak memperhatikan penampilannya karena merasa berada di dunia lain. Setelah berbasa-basi panjang, Saya bertanya "Apa yang anda lakukan sepanjang hari"
Ia menjawab "Tidak ada. Aku kehilangan semangat seperti orang sakit. Aku juga tak selera makan. Aku sendiri tidak tahu mengapa ini terjadi".
Lebih lanjut Ia berkata "Padahal hidupku terbilang mapan. Aku bekerja sebagai manajer di bidang hubungan masyarakat di sebuah perusahan industri berskala internasional. Gajiku lumayan besar. Di antara tugasku adalah memperhatikan para buruh, dan berhubungan dengan top manajemen menyangkut negosiasi dengan vendor.

Setelah itu Saya mengajukan pertanyaan lagi "Kapan terakhir kali anda mengambil cuti untuk istirahat dari kerja". Ia menjawab "Sudah lama aku tidak mengambil cuti, karena aku sibuk di tempat kerja, di rumah,kehidupan sosial dan menghadiri undangan baik formal maupun informal".

Dari perbincangan itu saya menangkap isyarat bahwa kegiatan dan tanggung jawab yang tak berkesudahan telah membuat seseorang merasa remuk redam.
Selanjutnya menyebabkan kondisi semangatnya melemah. Pada gilirannya,menyebabkan penolakan internal terhadap tugas-tugas tak berkesudahan itu.
Itulah yang oleh para pakar disebut "Refleksi Psikologis".
Dengan demikian, pikiran negatif singgah dalam otak seseorang dan menghantarkannya pada kondisi kehilangan semangat dalam hidup.
Oleh karena itu jadikan dirimu orang yang selalu berpikir positif,dalam hal ini anda dapat mengatur waktu anda dengan efektif dan efisien terhadap kegiatan dan tanggung jawab. Sebab hal yang saya sampaikan ini sangat memberi efek atau dampak terhadap diri anda bahkan orang lain agar anda terlepas dari rasa kurang bersemangat melakukan sesuatu.

Baca artikel tentang Pikiran Menumbuhkan Semangat Gairah Melakukan Sesuatu

Demikian yang dapat saya share postingan ini pada anda semua, semoga bermanfaat dan dapat memberi suatu Motivasi dalam hidup dan bersemangat.
Terima kasih atas kunjungan anda.



No comments:

Post a comment