Pilihan Yang Mengiris Hati Bagai Sembiluh

Kisah Inspirasi

Pilihan Yang Mengiris Hati Bagai Sembiluh

Seorang pemuda yang berencana menikah dengan kekasih pilihannya, mendatangi rumah Sang guru yang pernah di ajarkannya tentang hidup bahagia berumah tangga. kurang lebih 2 jam perjalanan berkendaraan akhirnya sampailah pemuda ini di rumah Sang guru besarnya.
Kedatangan pemuda tersebut bermaksud ingin mendapatkan pencerahan yang lebih dari gurunya tentang hidup berumah tangga yang bahagia bagi dirinya kelak.

Dengan di suguhi secangkir teh manis oleh sang guru, Sang pemuda tersebut mulai menceritakan rencana pernikahannya pada sang guru. Ditengah perbincangan keduanya, Sang guru memaparkan gambaran kehidupan tentang suka & duka dalam berumah tangga pada pemuda tersebut, sehingga beberapa kali terlihat diwajahnya tersenyum & terkadang muram.




Beberapa pertanyaan di lontarkan sang guru pada dirinya tak meluluhkan niatnya untuk tetap ingin menikah,sehingga sang guru mulai meyakini niat dari pemuda tersebut sudah bulat tekad untuk tetap ingin menikah. Namun tak sampai disitu Sang guru terus mencoba menguji pemuda tersebut dengan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

"Kamu tuliskan 100 nama-nama orang yang sangat dekat & sangat kamu cintai,,? tanya sang guru pada pemuda tersebut.

Dengan cepat pemuda ini menuliskan 100 nama orang yang sangat dicintainya disehelai kertas dan menyerahkannya pada sang guru. Dengan senyum sang guru membaca 100 orang yang dituliskan pemuda tersebut, dan melontarkan kembali pertanyaan yang sama pada pemuda ini.

"Dari 100 orang yang kamu tuliskan tadi, kamu pilih 10 orang yang sangat dekat & sangat kamu cintai". tanya sang guru pada pemuda tersebut.

Dengan berat hati berpikir & mempertimbangkan 10 nama yang harus dipilihnya, membuat pemuda tersebut sampai meneteskan airmata saat mencoret satu persatu nama orang yang sangat dekat & dicintainya. Akhirnya 10 nama orang yang dipilihnya,tersaring setelah melalui pertimbangan berat hati dan menyerahkan pada sang guru.
Sang guru yang membaca 10 nama orang yang dipilih tadi di sehelai kertas, kemudian memberi pertanyaan yang sama pada pemuda tersebut.

"Dari 10 orang yang kamu sisahkan ini,.. kamu pilih 3 orang yang paling kamu cintai",.... tambah sang guru.

Mendengar pertanyaan sang guru pada dirinya untuk memilih 3 nama orang yang sangat dicintainya,membuat hati pemuda tersebut bagai teriris sembiluh... betapa berat hatinya harus mencoret 7 nama orang dan menyisahkan 3 nama untuk menjadi pilihan bagi dirinya. Apalagi untuk mencoret nama anggota keluarganya sendiri termasuk kakak, adik dan lainnya.

Sampai akhirnya sang pemuda ini meneteskan airmata,& memilih 3 nama orang tersebut, yakni Sang Ibunya, Sang Bapaknya dan Sang Kekasihnya.

Tak sampai disitu, Sang guru justru melanjutkan pertanyaan pada pemuda ini dengan pertanyaan yang sama....dan terakhir kalinya.

"Dari 3 nama orang yang kamu pilih tadi,... Silahkan kamu pilih satu nama yang paling sangat kamu cintai" lanjut sang guru.

Jika seandainya hal ini terjadi pada diri kita,..! Siapa yang akan menjadi pilihan kita terakhir...Apakah Ibu, Bapak, atau Kekasih....!!!?

Pembelajaran :

Terkadang kita diperhadapkan dengan banyak pilihan,...
karena pilihan menentukan nasib kita di akan datang,...
Salah menentukan pilihan, akan merubah hidup kita.
Oleh karena itu, berpikirlah sebelum menentukan pilihan,...
Sebab Hidup adalah pilihan....



No comments:

Post a comment