Cara mengganti atau mengubah menu bar navigasi bawaan pada templete/tema hasil download

Cara mengganti atau mengubah menu bar navigasi bawaan pada templete/tema hasil download

Mungkin sebagian besar para blogger sudah tahu akan cara ini, apalagi para Master blogger.
namun bagi kita para blogger pemula seperti saya, tentu hal ini masih kurang mengetahuinya.

Hal ini saya dapati dari usaha keberanian dalam mencoba dan mempraktekannya langsung
pada templete/tema yang saya gunakan. meskipun sederhana tidak sebagus templete/tema anda sekalian.
Dan kali ini saya akan berbagi dengan anda, sebagai sesama blogger pemula untuk sama-sama
mengetahui Cara mengganti menu bar navigasi bawaan templete/Tema hasil download.




Templete/Tema Default Bawaan Blog saat pertama kali anda mendaftar menjadi Blogger

Anda mungkin sedikit kaget ketika melihat templete/Tema yang sebelumnya anda gunakan saat pertama kali menggunakan templete/tema bawaan blog, sangatlah jauh berbeda dengan tampilan Templete/Tema yang baru saja anda download. Jika anda perhatikan dengan saksama anda baru sadar bahwa ada beberapa pada bagian menu bar navigasi yang tidak sesuai dengan templete/tema yang anda gunakan sebelumnya, alias hilang atau tidak tampil pada menu bar navigasi templete/tema yang baru anda download. Benarkah begitu....?

Hal ini dikarenakan Templete/Tema yang baru anda download tidak otomatis mendukung templete yang lama secara keseluruhan. Terlihat ada beberapa widget yang berpindah posisi. Bahkan pada menu bar navigasi yang kita buat pada templete/tema yang lama telah hilang dari templete/tema kita yang baru. Namun meskipun tidak tampil pada menu bar navigasi Templete/Tema yang baru, bukan berarti anda kehilangan segalanya dari menu yang sudah anda buatkan. File tersebut justru masih ada pada menu blog anda yakni di file laman.

Mari sama-sama kita ikuti cara berikut ini :


Templete/Tema hasil download
Ini adalah Gambar Menu bar navigasi hasil Download yang baru saya gunakan saat ini.
Dimana pada tampilan Templete/Tema yang saya gunakan sebelumnya terdapat menu "CURHATANKU" yang saya buat di laman. Namun pada tampilan menu bar navigasi Templete/Tema hasil download tidak tampil atau hilang.

Disini saya akan menampilkan/memunculkan kembali Menu yang hilang tersebut dengan cara mengganti isi Menu bar navigasi dari Templete/Tema Hasil Download.


Cara dan Langkahnya :

Langkah pertama masuk pada Dashboard blog anda dan pilih Templete/Tema, kemudian pilih Edit HTML, kemudian tekan Ctrl + F untuk pencarian menu yang ingin diganti.


Disini saya contohkan ingin menghilangkan menu "DOCUMENTATION" dan menggantinya dengan "CURHATANKU". (Lihat gambar dibawah ini)

Setelah anda mengganti text nama pada scribt tadi, selanjutnya masukan link url dari laman artikel yang anda ganti berada dibaris bawahnya. lihat contoh gambar dibawah ini

Selesai mengganti text nama dan memasukan link url artikel, lalu simpan Templete/Tema anda.
Sampai langkah disini anda sudah selesai mengganti/merubah nama menu bar navigasi bawaan Templete/Tema hasil download anda. Silahkan cek untuk melihat hasilnya.

Catatan :
Jika anda ingin mengganti semua nama-nama menu bar navigasi bawaan pada templete anda, caranya masih sama seperti diatas.

Demikian yang dapat saya berbagi pada anda semua,semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya..

"Jangan pernah menyerah jika anda ingin mengetahui segala sesuatu.
Keberanian adalah sikap utama dalam membuat putusan,tapi perlu di ingat berpikirlah sebelum membuat putusan. Sebab salah mengambil putusan akan mempengaruhi langkah anda ke berikutnya".




No comments:

Post a comment